Perjalanan Denver Nuggets di Final Wilayah NBA 2023

Nuggets sapu bersih Lakers

Final Wilayah Barat NBA 2023 telah berakhir di Crypto.com Arena, Los Angeles, California, Amerika Serikat pada Selasa (23/5/2023). Denver Nuggets berhasil menyapu bersih Los Angeles Lakers dengan kedudukan 4-0. Nuggets pun berhak melaju ke NBA Finals untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Nuggets sendiri telah mempersiapkan semua ini sejak awal 2022/2023. Kedalaman tim mereka juga terbuktikan sepanjang playoff, khususnya di Final Wilayah Barat. Perjalanan Denver Nuggets di Final Wilayah NBA 2023 termasuk mulus.

1. Tampil dominan sejak pertandingan pertama

Perjalanan Denver Nuggets di Final Wilayah NBA 2023Jeff Green dan Jamal Murray (nba.com/nuggets)

Denver Nuggets telah menunjukkan ketangguhannya sejak seri dimulai. Mereka berhasil meraih kemenangan pada pertandingan pertama dengan skor akhir 132-126. Nuggets berada dalam posisi aman dengan memiliki kedudukan 1-0 sebagai tuan rumah.

Nuggets mampu mengendalikan jalannya pertandingan dalam tiga kuarter pertama. Bahkan, mereka sempat unggul 21 poin atas Lakers. Pada kuarter empat, Lakers sempat bangkit dan memotong keunggulan Nuggets hingga berjarak tiga poin. Namun, Nuggets berhasil bertahan dan mengantongi kemenangan.

Kemenangan ini tidak lepas dari performa legendaris Nikola Jokic. Ia mencetak 34 poin, 21 rebound, 14 assist, dan 2 blok dengan akurasi tembakan 70,6 persen. Jamal Murray dan Kentavious Caldwell-Pope juga tampil impresif dengan masing-masing mencetak 31 dan 21 poin.

2. Masih tak terkalahkan di kandang

Perjalanan Denver Nuggets di Final Wilayah NBA 2023Nikola Jokic (nba.com/nuggets)

Pertandingan kedua antara Denver Nuggets dan Los Angeles Lakers tak kalah sengit. Lakers sempat unggul 2 digit dalam beberapa saat pada kuarter 2 dan 3. Namun, Nuggets berhasil memutarbalikkan keadaan dan meraih kemenangan dengan skor akhir 108-103.

Jamal Murray merupakan faktor penentu pada pertandingan kedua ini. Ia sangat kesulitan untuk mencetak skor pada tiga kuarter pertama. Tembakannya 12 kali meleset. Namun, performanya meledak pada kuarter 4 dengan mencetak 23 poin dan 4 tripoin yang hanya 1 kali meleset.

Murray mengakhiri pertandingan dengan mengoleksi 37 poin, 10 rebound, 5 assist, 4 steal dan tripoin. Nikola Jokic tetap tambil dominan dengan triple-double 23 poin, 17 rebound, 12 assist, dan 3 steal. Nuggets unggul 2-0 memasuki pertandingan ketiga.

Baca Juga: Saat Nikola Jokic Menghancurkan Lakers di Final Wilayah NBA

3. Mencuri kemenangan di Los Angeles

Perjalanan Denver Nuggets di Final Wilayah NBA 2023Bruce Brown (nba.com/nuggets)

Pertandingan ketiga dilaksanakan di kandang Los Angeles Lakers di Crypto.com Arena. Denver Nuggets berhasil mencuri kemenangan dengan skor akhir 119-108. Mereka memegang kedudukan kuat 3-0 dan hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk meraih tiket NBA Finals.

Jamal Murray kembali tampil gemilang. Ia mencetak 30 poin pada 2 kuarter pertama dengan akurasi 65 persen. Pada kuarter tiga, pertandingan berjalan makin intens. Kali ini, Kentavious Caldwell-Pope dan Bruce Brown mengambil alih kendali permainan untuk Nuggets. Mereka masing-masing mencetak 17 dan 15 poin pada pertandingan ini.

Nikola Jokic mengalami foul trouble saat pertandingan mulai memanas. Namun, ia tetap memberikan yang terbaik dengan mencetak 24 poin, 6 rebound, dan 8 assist. Jokic juga turut serta dalam menjauhkan jarak skor pada kuarter empat.

4. Berhasil menyapu bersih untuk pertama kalinya

Perjalanan Denver Nuggets di Final Wilayah NBA 2023Nikola Jokic (nba.com/nuggets)

Denver Nuggets berhasil mengejutkan banyak orang. Diprediksi akan menjadi seri yang ketat, mereka ternyata mampu mengalahkan Los Angeles Lakers dengan sempurna. Nuggets menyudahi Final Wilayah Barat dengan menyapu bersih Lakers 4-0. 

Pertandingan keempat berakhir dengan skor 113-111. Lakers sempat unggul 15 poin saat halftime, tetapi Nuggets mampu bangkit dan bersaing hingga pertandingan berakhir. Aaron Gordon bersinar pada saat yang tepat dengan mencetak 22 poin, 6 rebound, dan 5 assist dengan akurasi tembakan 64,3 persen.

Seluruh starting five bermain impresif pada pertandingan ini. Nikola Jokic memimpin mereka dengan mencetak 30 poin, 14 rebound, dan 13 assist. Ia berhasil mencetak tembakan-tembakan krusial dan dinobatkan sebagai Magic Johnson Western Conference Finals MVP 2023.

5. Perjuangan menuju NBA Finals dilakukan bersama-sama

Perjalanan Denver Nuggets di Final Wilayah NBA 2023Denver Nuggets (twitter.com/ESPNStatsInfo)

Sejarah baru telah diukir Denver Nuggets. Mereka berhasil melaju ke NBA Finals untuk pertama kalinya dalam sejarah tim. Selain itu, ini juga merupakan kali pertama Nuggets menyapu bersih lawannya di playoff.

Nuggets telah melalui banyak hal untuk dapat berdiri di atas panggung ini. Pada 2022/2023, banyak dari mereka yang ingin berkembang menjadi pemain yang diandalkan, khususnya Michael Porter Jr dan Aaron Gordon. Kedua pemain ini mampu mengambil keputusan yang tepat di lapangan. Hal tersebut juga merupakan kunci dari suksesnya Nuggets pada 2022/2023.

Denver Nuggets hanya membutuhkan empat kemenangan lagi untuk menjadi juara. Mereka siap untuk bertarung demi membawa pulang gelar juara NBA pertama. NBA Finals 2023 akan diselenggarakan mulai 2 Juni 2023.

Baca Juga: 5 Pemain yang Cetak 100 Triple-double sebelum Nikola Jokic

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya