4 Tim NBA yang Pernah Dilatih Doc Rivers, Ada yang Jadi Juara!

Sekarang melatih Milwaukee Bucks 

Milwaukee Bucks resmi mendatangkan Doc Rivers sebagai pelatih baru. Ia menggantikan Adrian Griffin yang sebelumnya memegang Giannis Antetokounmpo, Damian Lillard, dan pemain-pemain hebat lainnya. Dengan rekor 32-14 per 28 Januari 2024, banyak mata akan berfokus kepada mereka untuk menjadi juara pada 2023/2024.

Sebelum bergabung bersama Bucks, Rivers telah melatih berbagai tim dengan talenta-talenta ternama selama lebih dari 20 tahun. Ada yang berhasil menjadi juara, ada juga yang mengalami nasib buruk.

Berikut adalah tim-tim NBA yang pernah dilatih Doc Rivers.

1. Orlando Magic menjadi fondasi Doc Rivers sebagai pelatih

4 Tim NBA yang Pernah Dilatih Doc Rivers, Ada yang Jadi Juara!Doc Rivers dan Darrell Armstrong (nba.com)

Setelah sukses menjalani karier sebagai bintang NBA, Doc Rivers memulai perjalanan barunya sebagai pelatih. Orlando Magic merupakan tim pertama yang dilatih olehnya. Rivers pun langsung memberikan hasil di luar ekspektasi.

Rivers ditunjuk oleh Magic sebagai pelatih pada 1999/2000. Pada saat itu, Magic merupakan tim yang biasa saja. Mereka tidak memiliki pemain bintang. Awalnya diprediksi akan menduduki peringkat terakhir, Rivers mampu membawa mereka hingga mencapai rekor 41-41. Ia akhirnya dinobatkan sebagai Coach of the Year pada musim tersebut.

Musim berikutnya, skuad Doc Rivers makin diperkuat dengan legenda NBA, Tracy McGrady dan Grant Hill. Magic berhasil masuk playoff hingga 3 musim berturut-turut. Namun, mereka tidak pernah menembus putaran kedua dalam kurun waktu tersebut. Bahkan, Magic gagal untuk mengalahkan Detroit Pistons di playoff 2003 meski telah unggul 3-1.

2. Doc Rivers berhasil membawa Boston Celtics kembali menjadi juara

4 Tim NBA yang Pernah Dilatih Doc Rivers, Ada yang Jadi Juara!Paul Pierce dan Doc Rivers (twitter.com/NBATV)

Setelah dipecat Orlando Magic karena kegagalannya di playoff yang terus berulang, Doc Rivers berpindah tim ke Boston Celtics. Meski telah memiliki Paul Pierce, Rivers masih tidak mampu membawa Celtics hingga meraih 35 kemenangan pada musim kedua dan ketiganya. Topik-topik negatif mulai bermunculan atas namanya, lalu Celtics membuat pergerakan besar.

Pada awal 2007/2008, Celtics mendatangkan superstar sekelas Kevin Garnett dan Ray Allen. Ditambah dengan Paul Pierce dan Rajon Rondo, skuad Rivers ini terlihat makin ganas. Celtics pun berhasil menjadi juara pada 2008 setelah mengalahkan rival mereka, Los Angeles Lakers, dengan agregat 4-2. Selain itu, mereka juga mencatat rekor 66-16 pada musim reguler, tertinggi sejak 1987.

Celtics bertemu kembali dengan Lakers pada babak final 2010. Namun, kali itu mereka yang harus mengakui kekalahan setelah berjuang hingga tujuh pertandingan. Keganasan Celtics makin meredam beberapa tahun berikutnya. Mereka sering kalah dari LeBron James dan Miami Heat di playoff, baik pada putaran kedua maupun final Wilayah Timur.

Baca Juga: 4 Pemain NBA 2023/2024 yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam 1 Game

3. Los Angeles Clippers mempercayakan skuad bertalentanya kepada Doc Rivers

4 Tim NBA yang Pernah Dilatih Doc Rivers, Ada yang Jadi Juara!Doc Rivers dan Blake Griffin (nba.com)

Boston Celtics berpisah dengan Doc Rivers yang pergi ke Los Angeles Clippers pada 2013. Saat itu, mereka memiliki pemain-pemain yang sangat bertalenta, seperti Chris Paul, Blake Griffin, dan DeAndre Jordan. Skuad ini sering disebut sebagai Lob City. Pada musim pertamanya, Rivers langsung membawa Clippers meraih 57 kemenangan, terbanyak sepanjang sejarah tim.

Meski begitu, Rivers bisa dibilang gagal dalam memaksimalkana potensi timnya. Mereka tidak pernah menembus final Wilayah Barat di playoff. Rivers juga dinilai sering kewalahan pada kuarter empat, yang membuat mereka mengalami kekalahan di pertandingan-pertandingan penting, meski sempat unggul jauh di atas lawannya. Kegagalan terparah terjadi pada 2015 ketika Doc Rivers sempat unggul 3-1 lagi, tetapi tidak bisa lolos dari Houston Rockets pada putaran kedua playoff.

Setelah bintang-bintangnya keluar dari Clippers, Rivers sempat berhasil membawa skuad menjadi kuda hitam hingga masuk ke playoff. Bahkan, Clippers dapat memenangi pertandingan melawan Golden State Warriors pada putaran pertama meski sempat tertinggal 31 poin. Sayang, skuad Warriors yang jauh lebih kuat memulangkan Clippers setelah enam pertandingan.

Pada 2019/2020, Clippers memulai era baru dengan hadirnya Paul George dan Kawhi Leonard. Namun, sejarah pun terulang lagi bagi Doc Rivers. Clippers tetap kalah pada putaran kedua meskipun sempat unggul 3-1. Kali itu melawan skuad muda Denver Nuggets. Mereka akhirnya memutuskan untuk memecat Rivers.

4. Rekor Doc Rivers sebagai pelatih makin kacau bersama Philadelphia 76ers

4 Tim NBA yang Pernah Dilatih Doc Rivers, Ada yang Jadi Juara!Doc Rivers (nba.com)

Philadelphia 76ers merupakan tim terakhir yang dipegang Doc Rivers sebelum bergabung bersama Milwaukee Bucks. Ia mendapat kesempatan untuk melatih Joel Embiid dan James Harden. Namun, capaiannya tidak berubah jauh dengan tim-tim sebelumnya.

Rivers memang dapat membawa timnya meroket pada musim reguler. Selain Celtics dan Clippers, ia juga berhasil membawa Sixers menduduki posisi pertama di Wilayah Timur pada musim pertamanya. Meski begitu, Rivers tetap gagal mencapai Final Wilayah Timur. Mereka dikalahkan Atlanta Hawks dalam tujuh pertandingan.

Momen yang sama kembali terjadi pada 2022/2023 lalu. Sixers kalah melawan Celtics pada putaran kedua playoff setelah tujuh pertandingan. Padahal Sixers sempat unggul 3-2. Hal ini makin diperparah dengan skor akhir pertandingan ketujuh yang berjarak hingga 24 poin. Sekitar 2 hari setelah pertandingan tersebut, Rivers dipecat Sixers.

Doc Rivers mengalami banyak momen naik turun selama berkarier sebagai pelatih NBA. Sekarang, ia mendapatkan kesempatan emas untuk memperbaiki rekor tersebut. Dengan skuad Bucks yang sangat potensial ini, ia hanya perlu menyamakan arah pemain-pemainnya untuk menjadi juara.

Baca Juga: 5 Pemain Penting Oklahoma City Thunder di NBA 2023/2024

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

NBA enthusiast!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya