6 Wakil Indonesia Ini Menjadi Unggulan di Malaysia Open 2019

Marcus/Kevin tempati unggulan teratas!

Turnamen Celcom Axiata Malaysia Open 2019 akan mulai digelar pada tanggal 2 April 2019. Turnamen yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia ini merupakan rangkaian BWF World Tour Super 750 yang memberikan total hadiah 700.000 USD.

Indonesia turun dengan kekuatan penuh di Malaysia Open 2019 ini. Bahkan di antaranya ada yang menjadi pemain unggulan. Pemain Indonesia yang menjadi unggulan ada di empat sektor. Hanya di sektor tunggal putri, tidak ada pemain Indonesia yang menjadi unggulan. Siapa sajakah pemain Indonesia yang menjadi unggulan?

1. Anthony Sinisuka Ginting tempati unggulan tujuh

6 Wakil Indonesia Ini Menjadi Unggulan di Malaysia Open 2019bwfbadminton.com

Pada turnamen Malaysia Open 2019 ini, tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting menempati unggulan tujuh. Peringkat delapan dunia tersebut akan menghadapi Kenta Nishimoto (Jepang) di babak pertama Malaysia Open 2019. Rekor pertemuan antara kedua pemain adalah satu sama. Ginting pernah mengalahkan Kenta di turnamen Korea Open 2017, namun Kenta berhasil membalas kekalahannya di Prancis Open 2017.

Pertandingan kedua pemain ini diprediksi akan berjalan ketat. Peringkat di antara mereka pun tidak berselisih jauh. Ginting kini menempati peringkat 8 dunia, sementara Kenta Nishimoto berada di peringkat 11 dunia.

Sementara unggulan pertama tunggal putra ditempati oleh Kento Momota (Jepang). Disusul Shi Yuqi (China) dan Chou Tien Chen (China Taipe) di posisi kedua dan ketiga.

2. Marcus/Kevin tempati unggulan teratas, selain itu ada dua ganda putra Indonesia lainnya yang menjadi unggulan

6 Wakil Indonesia Ini Menjadi Unggulan di Malaysia Open 2019badmintonindonesia.org

Sebanyak tiga wakil ganda putra Indonesia menjadi menjadi unggulan di Malaysia Open 2019. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tempati unggulan teratas. Peringkat satu dunia tersebut akan melawan Lee Yang/Wang Chi-Lin (China Taipe). Belum lama berpasangan, namun ganda China Taipe tersebut menunjukkan hasil yang bagus. Dilansir dari bwfbadminton.com, Lee Yang/Wang Chi-Lin setidaknya mereka sudah mengantongi dua gelar di Barcelona Spain Masters 2019 dan Orleans Masters 2019.

Selain Marcus/Kevin, juga ada Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang menjadi unggulan. The Daddies (sebutan bagi Hendra/Ahsan) tersebut menempati unggulan enam. Ganda putra senior yang baru saja menjuarai turnamen bergengsi All England 2019 akan melawan Bodin Isara/Maneepong Jongjit (Thailand).

Satu lagi ganda putra Indonesia yang menjadi unggulan adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka menjadi unggulan kedelapan. Fajar/Rian yang kini menempati peringkat tujuh dunia tersebut akan melakoni pertandingan melawan rekan senegaranya sendiri di babak pertama Malaysia Open 2019. Mereka akan melawan Angga Pratama/Ricky Karandasuwardi.

Rekor pertemuan diantara mereka pun 1-0 untuk keunggulan Fajar/Rian. Kemenangan itu terjadi di turnamen Indoensia Open 2017. Kendati unggul secara head to head namun permainan Angga/Ricky sedang bagus-bagusnya, mereka bahkan bisa sampai babak final India Open 2019 meskipun baru berpasangan kembali. Jadi, pertandingan antara kedua wakil ganda putra Indonesia ini diperkirakan akan berjalan menarik.

Baca Juga: Ini Tiga Wakil Indonesia di Final India Open 2019

3. Greysia Polii/Apriyani Rahayu tempati unggulan empat

6 Wakil Indonesia Ini Menjadi Unggulan di Malaysia Open 2019bwfbadminton.com

Kekuatan pada sektor ganda putri saat ini memang dimiliki oleh negara Jepang. Hal itu setidaknya terlihat dari daftar seeded (unggulan) di Malaysia Open 2019. Tiga unggulan teratas semuanya ditempati oleh ganda putri Jepang. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota menjadi unggulan pertama, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi tempati unggulan kedua, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara menjadi unggulan ketiga, sementara ditempat keempat barulah ditempati oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Pada babak pertama Malaysia Open 2019, Greysia/Apriyani akan melawan pemain dari Amerika Serikat, Ariel Lee/Sydney Lee. Baik Greysia/Apriyani maupun Ariel/Sydney sama-sama belum pernah bertemu sebelumnya, dan ajang Malaysia Open 2019 akan menjadi pertemuan pertama bagi mereka.

4. Di ganda campuran, ada Hafiz/Gloria yang menjadi uggulan

6 Wakil Indonesia Ini Menjadi Unggulan di Malaysia Open 2019bwfbadminton.com

Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi unggulan delapan di Malaysia Open 2019. Pemain berperingkat 11 dunia tersebut akan menghadapi lawan dari China Taipe, Lee Yang/Yang Ching Tun. Keduanya belum pernah bertemu sebelumnya. Pada edisi Malaysia Open tahun lalu, Hafiz/Gloria terhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

Sektor ganda campuran masih dikuasai oleh negara China. Di posisi unggulan pertama dan kedua ditempati oleh wakil China. Zheng Siwei/Huang Yaqiong menjadi unggulan pertama, sementara ditempat kedua ada Wang Yilyu/Huang Dongping.

5. Tak ada tunggal putri Indonesia yang menjadi unggulan

6 Wakil Indonesia Ini Menjadi Unggulan di Malaysia Open 2019bwfbadminton.com

Sementara itu disektor tunggal putri, tak ada nama pemain Indonesia yang menjadi unggulan. Di unggulan pertama ditempati oleh Tai Tzu Ying (China Taipe). Nozomi Okuhara berada di tempat kedua, sementara di tempat ketiga ditempati oleh Chen Yufei (China).

Peringkat pebulu tangkis tunggal putri Indonesia pun masih jauh. Peringkat terbaik tunggal putri Indonesia saat ini dipegang oleh Gregoria Mariska Tunjung yang menempati peringkat 15 dunia, sementara Fitriani berada diperingkat 29 dunia.

Baca Juga: Inilah Tiga Lawan Pemain Indonesia di Final India Open 2019

Dwi Yuliati Photo Verified Writer Dwi Yuliati

Reading | Writing | Badminton Lovers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya