Comscore Tracker

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnya

Pernahkah kamu memperhatikan ukuran lapangan bola basket?

Citayam, IDN Times - Berapa, sih, ukuran lapangan bola basket pada umumnya? Mungkin hampir semua orang pasti pernah bermain basket, tapi pernahkah kamu memperhatikan dengan detail luas lapangan bola basket saat sedang bermain? Berapa ukuran lapangan bola basket? Berapa tinggi ring bola basket?

Mungkin ketika pelajaran olahraga di sekolah pernah dijelaskan mengenai ukuran lapangan bola basket. Tapi, jika kamu masih juga belum paham, kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat mengetahuinya pada ulasan di bawah ini.

1. Ukuran lapangan basket standar internasional dari FIBA

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyahttps://www.firmanwinardi.com/

FIBA merupakan induk olahraga basket internasional yang sudah memberlakukan banyak aturan baku mengenai olahraga bola basket.

Standar ukuran lapangan yang dikeluarkan oleh federasi bola basket internasional FIBA dan NBA memang sedikit berbeda. Menurut FIBA lapangan bola basket mempunyai ukuran sebagai berikut:

  • Panjang 28 meter dan lebar 15 meter
  • Panjang diameter tengah 3,6 meter
  • Jarak three point line 6,6 meter dari sisi corner dan 6,75 meter dari area tengah lapangan

2. Ukuran lapangan basket NBA

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyafirmanwinardi.com

Sementara itu, menurut NBA ukuran yang digunakan untuk lapangan bola basket sebagai berikut:

  • Panjang lapangan 28,65 meter
  • Lebar lapangan 15,24 meter
  • Jarak three point line 6,7 dari corner spot dan 7,24 meter dari sisi tengah

Sementara standar lapangan basket perempuan untuk di kompetisi WNBA mempunyai ukuran yang sama dengan standar NBA.

Baca Juga: Inilah 6 Pemain Basket Terpendek di NBA yang Jarang Kamu Ketahui

3. Lingkar tengah lapangan basket

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyabolabasket.web.id

Lingkar tengah atau yang biasa disebut Center Circle merupakan garis yang ada tepat di tengah lapangan dan berbentuk lingkaran dengan diameter 3,6 meter untuk standar FIBA dan 3,66 meter untuk standar NBA.

Lingkar tengah tersebut menjadi tempat untuk melakukan tip off memulai pertandingan dan juga sangat bermanfaat kalau terjadi jump ball di tengah lapangan. Jarak lingkar tengah ke basket sekitar 14 meter.

4. Garis three point

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyabolabasket.web.id/

3-point line sangat bermanfaat untuk menentukan poin bagi para penembak jarak jauh yang mau memperoleh poin lebih ketimbang hanya 2 poin dari aktivitas shooting di perimeter dan paint area.

Garis besar yang melingkar dekat ring basket tersebut menjadi pembatas antara tembakan 2 poin dan 3 poin. Untuk ukuran jaraknya pun sangat beragam:

  • Untuk kompetisi level sekolah atas (SMA) jarak 3-point line yaitu 6,02 meter
  • Untuk level kampus 6,32 meter
  • Untuk level internasional FIBA yaitu dari 6,6 hingga 6,75 meter
  • Untuk kompetisi NBA yaitu 6,71 hingga 7,24 meter

Baca Juga: NBA Manfaatkan HomeCourt untuk Cari Bakat Pemain Basket Terbaik

5. Area perimeter lapangan basket

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyatopteknikdasarpermainanbolabasket.blogspot.com/

Perimeter area yaitu jarak antara garis free throw dan garis 3-poin. Biasanya jika pemain melakukan shooting di jarak ini maka disebut sebagai mid-range shoot. Sedangkan pemain yang persis menembak di garis perimeter 3-point atau keluar sedikit dari garis tersebut juga tetap disebut sebagai tembakan perimeter.

Area tersebut seringkali dimanfaatkan untuk mendapatkan angka untuk beberapa posisi pemain basket seperti shooting guard dengan kemampuan menembak jarak menengah yang baik.

6. Low post

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyamsfsports.com

Merupakan jarak terdekat dari basket di luar paint area atau free throw line. Biasanya garis ini yang menjadi favorit bagi para pemain untuk mencetak angka karena relatif dekat dengan ring basket.

Baca Juga: 18 Pemain Basket Tertinggi di Dunia, Tingginya Bikin Tercengang!

7. Key (lingkar free throw)

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyahttps://anakbasketnews.blogspot.com/

Merupakan garis yang melingkar tepat di tengah diameter free throw line. Jika pemain dihadiahi lemparan free throw maka mereka dapat menembak tepat di garis ini.

8. Ukuran bola basket

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyabukalapak.com

Sama halnya dengan futsal, sepak bola, dan bola voli, basket juga menggunakan sebuah bola untuk memainkannya. Untuk itu, bola menjadi salah satu elemen yang penting dalam pertandingan. Bola yang digunakan pada pertandingan bola basket juga mempunyai standar tertentu.

Ukuran bola basket yang digunakan mempunyai keliling 75-78 cm dengan massa bola antara 600-650 gram. Apabila bola tersebut dijatuhkan pada lantai dengan ketinggian 1,8 meter, bola harus memantul kembali dengan ketinggian 1,20 hingga 1,40 meter.

9. Sejarah basket di dunia

Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Gambar dan Sejarahnyaperpustakaan.id

Sejarah bola basket mulai di akhir abad 19. Basket diciptakan tahun 1891 oleh James Naismith. Untuk kamu yang sudah pernah membaca sejarah bola basket di dunia mungkin tak asing lagi dengan nama itu.

Di tahun 1891, James Naismith sejatinya adalah guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (tempat pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts. Kala itu, ia merasa wajib membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa di masa liburan musim dingin di New England.

Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan ketika kecil di Ontario, Naismith membuat permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Sesuai dengan sejarah perkembangan bola basket, setelah menolak beberapa usulan dan ide karena dianggap terlalu keras dan kurang cocok untuk dimainkan di gelanggang-gelanggang tertutup, dia lalu menulis beberapa peraturan dasar, menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggang olahraga, dan meminta para siswa untuk mulai memainkan permainan ciptaannya itu.

Pertandingan resmi yang mewarnai sejarah permainan bola basket, dan ini merupakan pertandingan yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja James Naismith. Basket merupakan sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun segera terkenal di seantero Amerika Serikat.

Baca Juga: 8 Film Bertema Basket Ini Wajib Buat Kalian Pecinta Olahraga

erick ranes akbar Photo Writer erick ranes akbar

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya