Rebut Medali Emas Asian Games 2018, Ini Rahasia Eko Yuli

Keren banget deh!

Jakarta, IDN Times – Lifter Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali emas di cabang olahraga angkat besi putra kelas 62Kg. Eko mengalahkan pesaing terdekatnya Vinh Van Trinh dari Vietnam yang membukukan 299 kilogram dan Adkhamjon Ergashev dari Uzbekistan dengan catatan 298 kilogram.

Saat konferensi pers, Eko mengungkapkan strategi yang membuatnya berhasil menyumbangkan emas kelima untuk Indonesia.

1. Cari aman demi raih emas

Rebut Medali Emas Asian Games 2018, Ini Rahasia Eko YuliIDN Times/Helmi Shemi

Pelatih Eko Dirja Wihardja mengungkapkan pihaknya ‘cari aman’ demi memastikan medali emas pada Asian Games 2018 ini.

“Strategi kemenangan cari aman dan cari emas di tangan dulu,” ungkap Dirja di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/8).

“Kita bisa medali emas dulu, masalah angkatan enggak terlalu tinggi enggak masalah, yang penting kita dapat,” imbuh Eko.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Eko Yuli, Lifter Penyumbang Emas Asian Games 2018

2. Perhitungkan beban lawan

Rebut Medali Emas Asian Games 2018, Ini Rahasia Eko YuliIDN Times/Helmi Shemi

Cari aman yang dimaksud Dirja adalah dengan selalu menghitung berapa beban yang berhasil diangkat lawan. Perhitungan itu dilakukan agar bisa memastikan Eko berhasil mengangkat beban sehingga mendapat poin yang cukup untuk meraih emas.

“Kita di belakang selalu hitung, kalau Vietnam berapa kita berapa, kita selalu hitung. Misal Eko kalau 170Kg, Korea Utara harus 180 (clean and) jack-nya. Jadi kita bisa cari safety yang 170Kg. Kita sudah perkirakan baik secara, udah mateng lah,” jelas Dirja.

3. Buat lawan tertinggal jauh

Rebut Medali Emas Asian Games 2018, Ini Rahasia Eko YuliIDN Times/Helmi Shemi

Strategi lainnya adalah membuat poin lawan tertinggal jauh. Salah satunya pada sesi snatch yang berhasil dilalui Eko dengan 141Kg. Selisih 5Kg dari Adkhamjon Ergashev dari Uzbekistan yang mencatat 136Kg.

“Gimana caranya mereka tertinggal lebih jauh. Makanya kita di snatch harus tinggalin jauh-jauh. Jadi di (sesi) clean (and jerk) bisa kita mainin, cari aman biar mereka kejar lebih tinggi lagi,” kata Eko.

Baca Juga: [Breaking] Eko Yuli Sumbang Medali Emas dari Angkat Besi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya