2 Atlet Afrika Selatan Positif COVID-19 di Kampung Atlet Olimpiade 

Semakin banyak yang terpapar virus Corona

Jakarta, IDN Times - Sebaran virus corona di kampung atlet Olimpiade Tokyo 2020 semakin meluas. Setelah sebelumnya tiga orang dinyakatan positif COVID-19, kini dua pemain sepak bola dan satu staf dari Afrika Selatan dipastikan terpapar COVID-19.

Kedua pemain yang dipastikan positif adalah Kamohelo Mahlatsi dan Thabiso Monyane. Sedangkan, satu staf yang tertular lagi adalah analis video tim.

"Kami menemukan ada tiga kasus positif di kamp ini, dua pemain dan satu staf,” kata Manajer Afsel, Mxolisi Sibam, dikutip Standard, Senin (19/7/2021). 

1. Ketahuan positif usai menjalani tes harian

2 Atlet Afrika Selatan Positif COVID-19 di Kampung Atlet Olimpiade Monumen Cincin Olimpiade terlihat di depan kantor pusat Komite Olimpiade Jepang (JOC) dekat Stadion Nasional, stadion utama untuk perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda ke 2021 akibat pandemi virus corona (COVID-19), di Tokyo, Jepang, Rabu (23/6/2021), di hari yang menandai satu bulan menjelang pembukaan Olimpiade. ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato.

Mxolisi menjelaskan kronologi hingga para pemainnya harus terpapar COVID-19. Walau tak tahu tertular pertama kali dari siapa, sang manajer menyebut jika pemainnya ketahuan positif setelah melakukan serangkaian tes harian yang wajib diikuti kontingen yang ada di kampung atlet.

“Melalui pemeriksaan harian, akhirnya Masha dan Monyane punya suhu tubuh yang tinggi dan air liurnya dinyatakan positif. Usai itu mereka pun menjalani tes PCR Swab, hasilnya mereka tetap positif,” ujar Mxolisi.

Hal ini terang saja membuat skuat Afsel geger, jelang kick off yang berlangsung tiga hari lagi, seluruh tim justru digemparkan dengan kasus ini. Walhasil, skuat Afsel saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan dan karantina.

Baca Juga: Kasus Perkosaan Nodai Venue Pembukaan Olimpiade Tokyo

2. Grafik COVID-19 di Jepang meningkat sejak awal Juli 2021

2 Atlet Afrika Selatan Positif COVID-19 di Kampung Atlet Olimpiade Warga dengan msaker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020). ANTARA FOTO/Kyodo via REUTERS

Laporan penyelenggara hingga 18 Juli 2021, tercatat sudah ada 10 kasus positif yang terjadi jelang pembukaan ajang ini. Sehari sebelumnya, beberapa orang juga dipastikan terpapar virus corona. 

Sejak Sabtu (17/7/2021), kasus positif di Tokyo mencatatkan rekor baru. Sebanyak 1.410 kasus positif ditemukan kemarin.

Catatan tersebut menjadi yang tertinggi sejak 21 Januari 2021 silam. Sementara, total kasus positif Jepang per Sabtu (17/7/2021) mencapai 3.347.

3. Atlet Indonesia sudah ada yang tiba di Jepang

2 Atlet Afrika Selatan Positif COVID-19 di Kampung Atlet Olimpiade Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (dok. IDN Times/Humas Kemenpora)

Kontingen Olimpiade Indonesia sebagian besar sudah tiba di Jepang. Sebanyak 13 atlet dan 11 pelatih dari lima cabang olahraga berbeda sudah menginjakkan kaki di Tokyo pada Minggu (18/7/2021).

Mereka yang sudah tiba masing-masing, empat atlet angkat besi, empat panahan, dua renang, satu dari menembak, dua atlet cadangan, dan empat staf lainnya. Kedatangan para atlet ini disambut langsung Duta Besar Indonesia di Jepang, Heri Akhmedi. 

Baca Juga: 7 Tanda Oli Motor Harus Segera Diganti, Jangan Tunggu Turun Mesin

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya