Daniel Ricciardo Kembali ke Formula 1, Gabung AlphaTauri

Masuk menggantikan Nyck de Vries yang tampil jeblok

Jakarta, IDN Times - Pembalap Australia Daniel Ricciardo dipastikan kembali mentas di ajang Formula 1 (F1). Dia bergabung dengan AlphaTauri menggantikan Nyck de Vries yang tampil melempem dalam seri awal ajang balap mobil bergengsi ini. 

Dikutip Formula1, Ricciardo bakal mulai turun balapan bersama AlphaTauri saat Grand Prix Hungaria digelar pada 23 Juli 2023. Tak hanya sekali bersaing di lintasan, dia dipastikan bakal terus membela tim tersebut hingga musim Formula 1 edisi tahun ini rampung. 

"Daniel Ricardo secara mengejutkan dipastikan kembali menjalani balapan di ajang Formula 1, dimulai saat GP Hungaria 2023. Dia masuk mengganti posisi Nyck de Vries di AlphaTauri dalam balapan sisa musim ini," tulis keterangan Formula 1 di laman resminya pada Rabu, 12 Juli 2023.

1. Antusiasme Ricciardo menantikan kembalinya mentas di Formula 1

Daniel Ricciardo Kembali ke Formula 1, Gabung AlphaTauriDaniel Ricciardo meraih pole position pada GP Monako 2018. (skysports.com)

Sebelumnya, Ricciardo sudah menjalani tes di Sirkuit Silverstone pada Selasa, 11 Juli 2023. Menunggangi Red Bull 19 dalam ujian tersebut, dia tampil mengesankan dengan catatan waktu yang cukup baik.

Kini, pembalap berusia 34 tahun itu sangat antusias menantikan balapannya menggunakan mobil Red Bull di ajang Formula 1.

“Saya sangat bersemangat untuk kembali ke jalur bersama keluarga Red Bull!” kata Ricciardo tentang postingan barunya, setelah tampil mengesankan dalam tes Silverstone-nya.

Baca Juga: Guenther Steiner Ragu Daniel Ricciardo Bisa Kembali Balapan di F1

2. Bos AlphaTauri puji kemampuan balapan Ricciardo

Daniel Ricciardo Kembali ke Formula 1, Gabung AlphaTauriDaniel Ricciardo pada GP Spanyol 2022 (twitter.com/OsOfficialF1)

Bos AlphaTauri, Franz Tost, senang dan menyambut kembalinya Ricciardo ke Formula 1. Terlebih, dia sudah tahu kemampuan sang pembalap dalam mengemudikan jet darat di sirkuit. 

"Keterampilan mengemudinya tidak diragukan lagi, dan dia sudah mengenal banyak dari kita. Jadi integrasinya akan mudah dan langsung. Tim juga akan mendapat banyak keuntungan dari pengalamannya, karena dia merupakan pemenang Grand Prix Formula 1 delapan kali,” beber Franz Tost.

3. Jadi pembalap ketiga Red Bull usai kontraknya dengan McLaren berakhir

Daniel Ricciardo Kembali ke Formula 1, Gabung AlphaTauripembalap McLaren Daniel Ricciardo (twitter.com/RicciardoBrazil)

Ricciardo sebetulnya harus menepi dari ketatnya persaingan Formula 1 2023 usai kontraknya bersama McLaren berakhir lebih cepat. Posisinya di McLaren kini digantikan junior senegaranya, Oscar Piastri.

Red Bull kemudian menampung Ricciardo. Tim tersebut pernah diperkuat olehnya pada 2014 hingga 2018. Posisinya bukanlah pembalap utama, melainkan pembalap ketiga. Tak berselang lama, dia pun dipinjam AlphaTauri.

Kini, Daniel Ricciardo punya tugas berat mengangkat performa AlphaTauri yang masih jadi pesakitan di klasemen kontruksi. Dia harus bisa menggantikan tugas Nyck de Vries yang sangat kesulitan bersaing hingga harus terdampar di posisi paling buncit klasemen sementara pembalap Formula 1 2023.

Baca Juga: Sergio Perez Tak Merasa Resah Daniel Ricciardo Balik ke Red Bull

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya