IBL 2023: Prawira Bandung Tantang Pelita Jaya di Final

Pelita menang atas Satria Muda di semifinal IBL

Jakarta, IDN Times - Prawira Bandung dipastikan melaju ke final Indonesia Basketball League (IBL) 2023. Mereka meraih tiket untuk memperebutkan gelar juara usai mendapatkan kemenangan kedua dari Dewa United di semifinal.

Tampil di GOR Ctra Arena, Bandung pada Sabtu (15/7/2023), Prawira Bandung mampu unggul 88-80. Hasil itu sudah cukup mengantarkan mereka melaju ke final lantaran unggul dua kemenangan dalam duel best of three tersebut. 

Sebelumnya, Prawira telah mengalahkan Dewa United dalam laga babak semifinal pertama di di Sritex Arena Solo pada Kamis, 13 Juli 2023. Francis dan Yudha Saputera yang tampil menawan sepanjang laga, mampu membawa klub asal Kota Kembang ini menang  83-74. 

1. Prawira dominan di laga semifinal kedua

IBL 2023: Prawira Bandung Tantang Pelita Jaya di FinalAksi pemain Prawira Bandung saat bentrok dengan Dewa United di semifinal IBL 2023. (Twitter/@PrawiraBandung)

Prawira tampil percaya diri di hadapan para pendukungnya. Brandon Francis sudah menunjukkan aksi gemilanya di kuarter pertama dengan mencetak enam poin. Namun demikian, tim tamu mampu meladeni permainan tuan rumah hingga kedudukan berakhir 21-21.

Memasuki kuarter kedua, Prawira Bandung mulai mendapatkan angin segar. Mereka dengan mudah meraih poin demi poin Lewat Francis, Jarred Shaw, hingga Reza Guntara.

Dewa United pun mulai terlihat kelabakan lantaran sulit menahan tekanan tuan rumah. Alhasil, mereka harus puas tertinggal 50-42 di kuarter kedua.

Usai turun minum, Prawira terus menekan Dewa United. Yuda Saputra dan kolega mampu membuat lawannya ini kesulitan meraih poin. Sebaliknya, mereka terus mempertebal jarak untuk unggul jauh. Hasilnya, kuarter ketiga berhasil ditutup dengan keunggulan 69-54.

Di kuarter penutup, Prawira Bandung tampil semakin percaya diri. Mereka bisa tampil lepas hingga bisa menyelesaikan duel ini dengan kemenangan 88-80.

Baca Juga: Dominan di Musim Reguler, Kaleb Ramot Raih MVP IBL 2023

2. Pelita Jaya sebelumnya sukses singkirkan Satria Muda

Sebelumnya, Pelita Jaya berhasil melaju lebih dulu ke laga final IBL 2023. Dalam duel kedua babak semifinal, mereka kembali mengalahkan juara bertahan Satria Muda. Tampil di Britama Arena, Sabtu (15/7/2023) sore WIB, mereka menang dramtis dengan skor 87-84.

Duel kedua tim begitu ketat sejak laga dimulai. Satria Muda berhasil menutup kuarter pertama dengan keunggulan tipis 20-19. Posisi tersebut berhasil mereka pertahankan, karena Satria Muda mampu menyelesaikan kuarter kedua dengan keunggulan 44-41.

Pelita Jaya tampil lebih agresif memasuki kuarter ketiga. Namun, hal itu belum membuahkan hasil lantaran mereka masih tertinggal 64-61. Dewi fortuna akhirnya berpihak kepada mereka lantaran di kuarter terakir mampu mencetak 26 poin sedangkan Satria Muda hanya 20 poin. Sehingga, duel ini ditutup dengan kemenangan dramatis 84-87.

 

3. Prawira Bandung bersua Pelita Jaya di perebutan gelar juara IBL 2023

Prawira Bandung dan Pelita Jaya yang sama-sama tampil sempuran di laga semifinal, bakal bentrok untuk memperebutkan gelar juara IBL 2023. 

Final nanti jadi laga spesial bagi Prawira Bandung lantaran terakhir kali tim asal Kota Kembang lolos ke final. Kala itu, wakil Bandung yang mentas di laga puncak adalah Garuda Bandung. 

Kini, Prawira juga di ambang sejarah membasuh dahaga gelar karena terakhir kali tim Bandung jadi jawara di kompetisi basket Indonesia terjadi pada 1998. Namun, mereka harus bisa melewati rintangan lebih dulu untuk membuat sejarah, yakni melawan Pelita Jaya di final IBL 2023 pada 20, 22, 23 Juli 2023. 

Baca Juga: Manajemen Satria Muda Hadirkan Inovasi di Semifinal IBL 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya