Taekwondo Dunia Kukkiwon Sambangi Bekasi! 

Pelatih Kukkiwon ungkap senang saat berkunjung ke Bekasi

Bekasi, IDN Times - Badan yang menerbitkan peringkat dan (gelar sabuk hitam) promosi hingga sertifikasi olahraga taekwondo, Kukkiwon, menyambangi Kota Bekasi. Wilayah itu dipilih sebagai penyebaran olahraga seni bela diri tersebut di tanah air. 

Organisasi dari Distrik Gangnam-gu Seoul, Korea Selatan, yang juga dikenal sebagai Markas Taekwondo Dunia, itu mengirimkan beberapa wakil untuk hadir dalam acara yang berlangsung di Hall Basket kawasan Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi pada Sabtu (12/8/2023). 

Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan kunjungannya tersebut merupakan rangkaian peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan. 

"Ini salah satu event memperingati hubungan Indonesia dan Korea Selatan. Kebetulan Kota Bekasi ditunjuk menjadi salah satu tempat untuk penyebaran taekwondo yang dilakukan pemerintah Korea Selatan dan Indonesia, Bekasi menjadi pusatnya," katanya kepada wartawan, Sabtu (12/8/2023). 

1. Membentuk karakter atlet taekwondo

Taekwondo Dunia Kukkiwon Sambangi Bekasi! Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. (IDN Times/Imam Faishal)

Tri menyebut, Kota Bekasi yang memiliki 56 klub taekwondo, mengirimkan perwakilannya untuk mendapatkan pelatihan karakter, disiplin dan kerja keras dari Kukkiwon. 

"Jadi hari ini mereka hadir, mereka mempertunjukkan bahwa taekwondo menjadi sesuatu yang menyenangkan dalam rangka membentuk karakter, disiplin, kerja keras dan mudah-mudahan akan muncul atlet taekwondo Bekasi yang  bisa ke tingkat dunia," ujar Tri. 

Dia juga berharap, dengan kunjungan Kukkiwon, dapat memajukan perkembangan olahraga beladiri taekwondo di Kota Bekasi. 

Baca Juga: Mengenal Taekwondo, Olahraga Bela Diri asal Korea Selatan

2. Alasan memilih Kota Bekasi

Taekwondo Dunia Kukkiwon Sambangi Bekasi! Atlet taekwondo Kukkiwon saat menunjukkan kemampuannya.

Sementara, Ketua Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kota Bekasi, Arwani, mengungkapkan alasan lain kenapa Kukkiwon, yang membawa 21 atlet dan empat ofisial, memilih Bekasi. 

Mereka cukup senang karena kemampuan atlet dan pelatih asal Kota Bekasi yang pernah dikirim ke Korea Selatan, menunjukkan potensinya.

"Nah Kukkiwon welcome dengan kita, dengan beberapa kali projek bareng, mereka puas. Contohnya kita kirim (atlet) taekwondo ke Korea, mereka puas dan [menilai] bagus, kita kirim juga coach (taekwondo) ke sana, mereka juga puas," beber Arwani. 

"Iya, melihat kiprah taekwondo Kota Bekasi sangat baik. Di Bekasi, Taekwondo bisa membawa kedamaian dan perdamaian," tambahnya. 

3. Senang dengan antusias warga Bekasi

Taekwondo Dunia Kukkiwon Sambangi Bekasi! Kepala pelatih taekwondo Kukkiwon, Si Hoon Sung. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Kepala pelatih taekwondo Kukkiwon, Si Hoon Sung, mengungkapkan rasa senangnya saat disambut warga Kota Bekasi dengan meriah. 

"Dengan kedatangan saya ke sini, saya sangat berterima kasih. Apalagi antusias penontonnya sangat hebat dan saya senang datang ke sini," kata Si Hoo Sung. 

Baca Juga: Badan Taekwondo Dunia Cabut Sabuk Hitam dan Gelar Kehormatan Putin

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya