12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seru

12 merk shuttlecock ini bisa bikin pertandingan makin seru 

Olahraga bulu tangkis telah lama mendarah daging dalam kehidupan bangsa Indonesia. Olahraga ini dapat dinikmati oleh berbagai kelas sosial, bahkan bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang di identik dengan bangsa Indonesia itu sendiri. Baik anak-anak, remaja, orang dewasa menyukai olahraga ini.

Apalagi beberapa waktu yang lalu tim bulu tangkis Indonesia menjadi pemenang dalam ajang Thomas Cup 2020 yang membuat masyarakat kini kembali antusias dalam olahraga bulutangkis. Keseruan permainan bulutangkis ini selain terletak pada kenyamanan lapangan juga terletak pada shuttlecock yang digunakan.

Shuttlecock atau bola yang digunakan untuk permainan ini memiliki perbedaan satu sama lain. perbedaan yang membedakan setiap shuttlecock adalah dari segi performa. Setiap material yang digunakan pada shuttlecock tentu berbeda dan berdampak pada performa dan kenyaman kamu saat bermain.

Sebelum memilih shuttlecock, kamu harus mengetahui tujuan penggunaannya. Jika untuk permainan santai, maka kamu tidak perlu menggunakan shuttlecock berstandardisasi asosiasi bulu tangkis profesional.

Jika kamu mencari shuttlecock untuk mempersiapkan diri dalam perlombaan bulutangkis, kamu bisa memilih shuttlecock yang memiliki standar nasional (PBSI) atau internasional (BWF). Setelah menentukan tujuan, maka kamu siap memilih shuttlecock yang tepat.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih shuttlecock, berikut IDN Times rekomendasikan 12 merk shuttlecock yang bisa jadi pertimbanganmu.

1. Shuttlecock Li-Ning

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seruilustrasi Shuttlecock Li Ning (bukalapak.com)

Shuttlecock ini, cocok digunakan bagi kamu yang sedang rutin berlatih. Shuttlecock Li-Ning di desain lebih responsif dan lebih akurat saat di udara dibandingkan produk kok lainnya.

Shuttlecock ini sangat awet karena memiliki material bulu yang baik. Produk asal China ini bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp140.000 hingga Rp723.000 dengan 7 kok di dalamnya.

2. Yonex Mavis 350

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seruilustrasi Shuttlecock Yonex (shopee.co.id)

Untuk kamu yang ingin bermain bulu tangkis bersama anak-anak, maka merk shuttlecock Yonex Mavis 350 bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahan nilon yang digunakan tidak mudah rusak sehingga kamu tidak perlu mengganti lok sesering mungkin.

Warna kuning yang menjadi ciri khas shuttlecock ini juga dapat mengasah penglihatan dan kecepatan respons dari anak-anak. Mulai dari harga Rp102.000 kamu sudah memiliki 3-6 shuttlecock merk Yonex ini.

3. Victor Gold

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seruilustrasi Shuttlecock Victor (id.aliexpress.com)

Merk shuttlecock Victor Gold ini memiliki speed number tingkat menengah dan cocok dimainkan di lingkungan perkotaan. Bermaterial bulu bebek membuat kok ini tidak berat ketika dimainkan. Shuttlecock ini cocok untuk kamu yang sedang mengikuti turnamen antar sekolah dengan harga mulai dari Rp250.000.

Baca Juga: 16 Rekomendasi Merek Raket Badminton Terbaik, Wajib Punya!

4. JP-Gold

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin SeruIlustrasi Shuttlecock (pexels.com/SHVETS production)

Jp-Gold diproduksi sebagai salah satu shuttlecock yang biasa digunakan untuk berlatih. Terutama untuk kamu yang sedang berlatih pukulan keras atau smash maka merk shuttlecock ini cocok untukmu.

Shuttlecock ini terbuat dari bulu angsa yang berkualitas sehingga tidak mudah rusak walaupun dengan pukulan keras. Harga shuttlecock ini dibanderol mulai dari Rp60.000 hingga Rp219.000 saja.

5. Samurai Hijau Shuttlecocks

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seruilustrasi Shuttlecock Samurai (blibli.com)

Merk shuttlecock dalam negeri ini memberikan pengalaman bermain yang nyaman tetapi dengan performa terbaik. Shuttlecock ini terbuat dari bulu yang bermaterial nilon.

Shuttlecock ini ideal digunakan baik dalam ruangan tertutup ataupun ruangan terbuka selama tidak berangin. Rentang harga shuttlecock ini mulai dari Rp150.000.

6. Adidas Flieger TS3 Medium Speed Nylon

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin SeruIlustrasi Shuttlecock Adidas (shopee.co.id)

Shuttlecock bermaterial nilon ini diproduksi dan di desain secara presisi menyamai performa shuttlecock berbahan dasar bulu angsa atau bebek. Selain performa yang stabil, kok ini juga memiliki ketahanan lebih baik dibanding shuttlecock nilon pada umumnya.

Untuk kamu yang ingin bermain santai dengan anak-anak, maka cocok menggunakan merk shuttlecock ini untuk berlatih. Harganya pun bersahabat mulai dari Rp99.000 saja.

7. Shuttlecock Glory

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seruilustrasi Shuttlecock Glory (shopee.co.id)

Merk shuttlecock buatan dalam negeri ini memiliki kualitas internasional. Bulunya tebal dan berbahan bulu angsa impor sangat stabil saat digunakan.

Dengan shuttlecock ini kamu bisa gunakan dalam permainan rally, lop atau smash karena bulunya yang tidak mudah patah. Kamu bisa memiliki shuttlecock ini mulai dari Rp39.000 per bola.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik, Harga Terjangkau!

8. Puma

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seruilustrasi Shuttlecock Puma (tokopedia.co.id)

Produk yang terkenal dari merk ini adalah sepatu dan juga peralatan olahraga lainnya, tidak ketinggalan Puma juga memproduksi shuttlecock yang berbahan berkualitas asal Jerman. Penggunaan kok ini bisa bertahan lama dengan pemakaian bertempo sedang.

Bulunya yang tebal dan kuat membuat kok ini cukup stabil ketika dimainkan di lapangan tertutup. Untuk harganya kamu bisa memperolehnya mulai dari Rp60.000 saja.

9. Dakota

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seruilustrasi Shuttlecock Dakota (shopee.co.id)

Satu lagi shuttlecock buatan dalam negeri yang berkualitas internasional, yaitu merk Dakota. Kota Malang adalah lokasi tempat diproduksinya shuttlecock Dakota, merk shuttlecock ini juga digunakan oleh salah satu klub bulutangkis Indonesia yaitu PB Jaya Raya. Harga kok ini dibanderol mulai dari Rp40.000 hingga Rp50.000.

10. Euro

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin SeruIlustrasi Shuttlecock Euro (shopee.co.id)

Meski diberi nama Euro, namun merk shuttlecock satu ini diproduksi di kota Malang. Produk lokal ini memiliki kestabilan dan ketahanan yang menjadi fokus utamanya.

Selain kualitas harganya pun bersahabat. Mulai dari Rp60.000 saja kamu sudah mendapatkan satu tabung kok bulutangkis yang berkualitas.

11. Yonex Aeroclub TR

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin Seruilustrasi Shuttlecock Yonex (shopee.co.id)

Shuttlecock yang dibuat dari material gabus komposit yang ramah lingkungan serta bulu bebek yang memberikan performa smooth flying ketika digunakan merupakan keunggulan dari shuttlecock ini. Shuttlecock ini lebih cocok digunakan dalam permainan bulutangkis di dalam ruangan tertutup. Harga yang ditawarkan oleh shuttlecock ini mulai dari Rp250.000.

12. Yonex League 5

12 Merk Shuttlecock yang Bikin Pertandingan Bulutangkis Makin SeruPinterest

Untuk kamu yang ingin merasakan permainan shuttlecock yang bergerak stabil di udara, merk shuttlecock ini direkomendasikan untukmu. Shuttlecock ini juga memberikan sensai latihan premium dengan harga yang bersahabat.

Meski ketahanannya tidak seperti jenis dari Yonex lainnya, namun shuttlecock ini sudah lebih dari cukup untuk latihan sehari-hari. Kamu bisa mendapatkan shuttlecock ini mulai dari harga Rp100.000.

Itulah rekomendasikan 12 merk shuttlecock yang bisa jadi pertimbanganmu dalam memilih shuttlecock agar pertandingan bulutangkis kamu makin seru.

Topik:

  • Jumawan Syahrudin
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya