Buka Peparnas Papua 2021 Secara Virtual, Jokowi Minta Maaf Tak Hadir

Jokowi janji hadiri upacara penutupan

Jakarta, IDN Times - Upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 Papua dibuka hari ini, Jumat (5/11/2021). Presiden Joko "Jokowi" Widodo membuka perhelatan secara virtual.

Tak bisa hadir langsung di Bumi Cenderawasih, Jokowi meminta maaf.

"Mohon maaf saya tidak dapat hadir karena saya harus menjalani karantina setelah kembali dari luar negeri," kata Jokowi dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube
Peparnas XVI Papua 2021.

1. Jokowi janji hadiri acara penutupan

Buka Peparnas Papua 2021 Secara Virtual, Jokowi Minta Maaf Tak HadirPresiden Jokowi hadiri COP26 di Glasgow (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Tak hadir membuka Peparnas XVI Papua 2021, Jokowi berjanji akan hadir untuk menutup gelaran nantinya.

"Saya lebih memilih hadir di acara penutupan nantinya di Jayapura. Karena Papua selalu ada di hati saya," ujar Jokowi.

Mewakili presiden, Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir membuka Peparnas XVI Papua 2021 secara langsung. Jokowi meyakini Peparnas Papua akan penuh prestasi dan berlangsung sukses dan meriah.

Baca Juga: Tiba di Jakarta, Jokowi Akan Jalani Karantina 3 Hari di Bogor

2. Protokol kesehatan diterapkan di pembukaan Peparnas Papua

Buka Peparnas Papua 2021 Secara Virtual, Jokowi Minta Maaf Tak HadirPolda Papua mediasi kontingen DKI Jakarta dan relawan PON XX Papua (istimewa/dok Humas Polda Papua)

Dilansir ANTARA, upacara pembukaan Peparnas Papua melibatkan lebih kurang 1.400 personel TNI-Polri. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat di lokasi penyelenggaraan.

Pembatasan penonton selama seremoni juga diberlakukan. Masyarakat disebut tetap antusias menyaksikan megahnya upacara pembukaan dengan videotron di sejumlah titik di Jayapura.

3. Jokowi jalani karantina

Buka Peparnas Papua 2021 Secara Virtual, Jokowi Minta Maaf Tak HadirPresiden Jokowi tiba kembali di Indonesia pada Jumat (5/11/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut keterangan Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di tanah air pukul 08.30 WIB setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar negeri. Jokowi akan menjalani karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor.

Selama menjalani karantina, Kepala Sekeretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, menuturkan bahwa Jokowi akan tinggal terpisah dari keluarganya.

“Presiden akan tinggal terpisah dari keluarganya yang ada di Wisma Bayurini sesuai dengan prosedur tempat karantina,” ujar Heru dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Tiba di Jakarta, Jokowi Tak Disambut Para Pejabat Negara

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya