Indra Wijaya Punya Trik Bantu Putri KW Bangkit

Rajin diskusi dengan Putri KW

Jakarta, IDN Times - Pelatih tunggal putri Indonesia, Indra Wijaya, tak menampik kondisi mental anak asuhnya, Putri Kusuma Wardani, terbilang tak stabil belakangan ini. Putri KW terbilang inkonsisten dan gampang tertekan saat menjalani pertandingan dengan tensi tinggi di atas lapangan.

Harus diakui, sebagai salah satu harapan di tunggal putri, performa Putri KW malah tak sesuai harapan. Dia sering tumbang lebih awal dalam beberapa turnamen terakhir.

Indra tak hilang akal. Berbagai cara ditempuhnya demi bisa membangkitkan kembali kondisi mental dan daya juang Putri KW. Bagaimana caranya?

1. Rutin diskusi dengan Putri KW

Indra Wijaya Punya Trik Bantu Putri KW BangkitTunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani (Dok.IDN Times/PBSI)

Indra mengaku terus berdialog dengan Putri KW untuk mencari jalan keluar dari masalah yang membelitnya. Dengan diskusi dari hati ke hati, Indra berharap bisa menemukan celah untuk membuat Putri KW kembali percaya diri.

"Ini yang coba kami terus perbaiki dalam latihan. Diskusi, dari ngobrol, semuanya," ujar Indra ditemui di Pelatnas PBSI.

Trik tersebut tak cuma diterapkan Indra buat Putri KW. Tapi, tunggal putri lainnya, termasuk Gregoria Mariska Tunjung, juga diberikan perlakuan serupa. Pun, ada peran psikolog demi bisa membangkitkan mental bertanding anak-anak asuhnya.

"Kami kan selalu terbuka, ngobrol. Lihat ada kekurangan atau pertandingan, kenapa dan bagaimana bisa tampil dalam performa yang gak memuaskan, kami ngobrol," ujar Indra.

Baca Juga: [WANSUS] Indra Wijaya dan Tugas Bangkitkan Tunggal Putri

2. Harus sadar situasi di lapangan

Indra Wijaya Punya Trik Bantu Putri KW BangkitPelatih kepala tunggal putri PBSI, Indra Wijaya (dok. PP PBSI)

Menurut Indra, ada kondisi-kondisi tertentu yang harus lebih dipahami Putri KW sebagai atlet profesional. Termasuk soal fakta, tak selamanya pertandingan bisa dimenangkan dengan mudah.

Dia mengatakan, seharusnya Putri KW bisa setidaknya menampilkan performa terbaik dalam tiap pertandingan sebelum nantinya bicara soal hasil dari tiap laga.

"Setiap orang turun ke pertandingan pastinya mau menang. Tapi, balik lagi lawan juga mau menang. Minimal target kita, setidaknya keluarkan dulu permainan terbaiknya. Jangan terbebani hal non-teknis yang gak perlu," ujar Indra.

3. Bersiap untuk Kejuaraan Dunia

Indra Wijaya Punya Trik Bantu Putri KW BangkitPutri Kusuma Wardani jajal lapangan Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023 (dok. PP PBSI)

Putri KW menjadi salah satu wakil Indonesia yang akan diturunkan untuk berlaga dalam Kejuaraan Dunia di Copenhagen, Denmark, pada 21-27 Agustus 2023 mendatang. Indra berharap, persiapan matang yang sudah dilakukan bisa membawa Putri KW memperbaiki performanya di lapangan.

"Tinggal nanti penampilan di pertandingannya. Tekanan yang saya rasa gak perlu, tapi kadang anak ini masih bawa ke pertandingan. Itu jadi membebani diri sendiri," kata Indra.

Baca Juga: Target Realistis untuk Gregoria Mariska di Kejuaraan Dunia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya