Jonatan Christie Terlempar dari Ranking Road to Olympic, Bahaya!

Jonatan keluar dari zona aman

Jakarta, IDN Times - Kabar tak enak datang dari tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Berdasarkan rilis ranking road to Olympic 2024, Jonatan terlempar dari zona aman.

Namun, Jonatan masih punya kesempatan untuk menambah poin dengan turun ke lebih banyak turnamen. Sebab, poin yang dikumpulkan baru dari tujuh turnamen sejak kualifikasi Olimpiade Paris 2024 dimulai pada 1 Mei 2023 lalu.

1. Jonatan terlempar dari 16 besar

Jonatan Christie Terlempar dari Ranking Road to Olympic, Bahaya!Jonatan Chritie di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 (dok. PP PBSI)

Setiap atlet yang tampil di Kejuaraan Dunia 2023 mendapat tambahan poin. Namun, Jonatan hanya mendapat tambahan poin sedikit lantaran langsung tumbang di putaran pertama Kejuaraan Dunia 2023 usai kalah dari tunggal Malaysia, Lee Zii Jia.

Hal itu membuat Jonatan terlempar jauh di ranking road to olympic. Jonatan kini berada di peringkat 17 dengan capaian 34.331 poin.

Posisi Jonatan berada di luar zona aman lantaran untuk sektor tunggal putra zona lolos hanya sampai 16 besar.

Baca Juga: Panjat Tebing Indonesia Bidik 4 Tiket untuk Olimpiade 2024

2. Masih ada harapan untuk tunggal putra

Jonatan Christie Terlempar dari Ranking Road to Olympic, Bahaya!Anthony Sinisuka Ginting di final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2023 (dok. PP PBSI)

Meski terlempar dari zona aman, Jojo (sapaannya) masih punya harapan. Sebab, Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 akan mengambil poin dari 10 turnamen dengan hasil terbaik.

Hingga saat ini, baru Anthony Sinisuka Ginting yang berada di zona aman kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Ginting berada di posisi sembilan dengan 41.211 poin. Sama seperti Jojo, Ginting masih punya banyak kesempatan untuk menambah poin dengan turun di lebih banyak turnamen.

3. Viktor Axelsen kalah dari Kodai Naraoka

Jonatan Christie Terlempar dari Ranking Road to Olympic, Bahaya!Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen di Indonesia Open 2023 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menariknya, ranking road to Olympic 2024 sektor tunggal putra tak dipimpin oleh tunggal Denmark, Viktor Axelsen. Padahal, Axelsen dikenal sebagai raja tunggal putra dunia dan masih nyaman menempati ranking satu dunia.

Axelsen saat ini berada di peringkat lima road to Olympic dengan koleksi 50.515 poin. Posisi pertama justru ditempati tunggal Jepang, Kodai Naraoka, yang mengumpulkan 60.815 poin.

Baca Juga: PBSI Akui Gagal Penuhi Target Kejuaraan Dunia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya