Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023: Rehan Bermain Sambil Tahan Cedera

Cedera sudah timbul sebelum berangkat ke Dubai

Jakarta, IDN Times - Pelatih ganda campuran PBSI, Amon Sunaryo, angkat bicara soal kondisi Rehan Naufal Kusharjanto usai tersingkir di Kejuaraan Asia 2023. Menurut Amon, pemain ganda campuran itu merasakan cedera otot saat bertanding.

Cedera itu sudah dirasakan Rehan sebelum bertolak ke Dubai untuk ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2023. Hal itu ternyata masih dia rasakan saat tampil bersama pasangannya Lisa Ayu Kusumawati. 

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, memutuskan mundur dari pertandingan lantaran cedera yang semakin dirasakan Rehan pada gim ketiga. 

Hal itu membuat Rehan/Lisa terhenti langkahnya di babak pertama Kejuaraan Asia 2023.

1. Sudah cedera sebelum berangkat BAC

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023: Rehan Bermain Sambil Tahan CederaRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (dok. PP PBSI)

Cedera otot tak tertahankan dirasakan Rehan saat mentas. Padahal, saat bersua pasangan Taiwan, Chang Ko-Chi/Lee Chih Chen, kedudukan saat itu adalah 21-18, 15-21, 6-11. Kans untuk melaju ke fase selanjutnya masih terbuka. 

Menurut sang pelatih, cedera Rehan sebenarnya sudah terasa sebelum bertolak ke Dubai.

"Rehan otot antara perut dan pinggangnya tertarik dua hari sebelum keberangkatan. Sejak tiba di sini sudah diterapi dan coba diobati tapi memang belum sembuh," ujar Amon dikutip PBSI.

Baca Juga: PBSI Bongkar Alasan Turunkan Rehan/Lisa di SEA Games 2023

2. Rehan paksakan diri bertanding

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023: Rehan Bermain Sambil Tahan CederaRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati memenangkan babak 32 besar Malaysia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Meski tidak prima secara fisik, Rehan memutuskan untuk tetap turun bertanding. Bersama pasangan mainnya, Lisa Ayu Kusumawati, Rehan menjalani laga pertama di Kejuaraan Asia 2023.

Namun, menurut Amon, secara performa pun Rehan tak optimal. Pergerakan Rehan dinilai sangat terbatas saat bertanding.

"Tidak bisa melakukan smes. Di gim ketiga sakitnya mungkin sudah tidak bisa ditahan jadi kita putuskan untuk mundur," kata Amon.

3. Segera pulang ke Jakarta untuk pemeriksaan

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023: Rehan Bermain Sambil Tahan CederaRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (instagram.com/badminton.ina)

Amon mengatakan Rehan akan segera kembali ke tanah air untuk menjalani pemeriksaan. Kondisi Rehan diharapkan tak mengalami cedera serius mengingat dia dan Lisa juga merupakan salah satu andalan skuad Indonesia untuk turun di SEA Games 2023.

"Setelah pulang ke Jakarta akan langsung diperiksa, semoga bukan sesuatu yang serius," ujar Amon.

Baca Juga: Rekap Hari Pertama BAC 2023: Rehan/Lisa Mundur karena Cedera

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya