Kisah Angus Ng Ka Long, antara Indonesia, Hong Kong, dan Indomie!

Ng Ka Long punya keluarga di Surabaya, Jawa Timur, lho!

Jakarta, IDN Times – Sosok Ng Ka Long Angus merupakan salah satu andalan di dunia bulu tangkis Hong Kong. Turun dalam sektor tunggal putra, Ng Ka Long sumbang berbagai prestasi untuk negaranya. Dilansir dari sejumlah sumber, dia juga mengaku selalu senang jika bertanding ke Indonesia. Ng Ka Long merasa mudah betah ketika berada di Indonesia.

1. Punya darah Indonesia dari keluarga sang ibu

Kisah Angus Ng Ka Long, antara Indonesia, Hong Kong, dan Indomie!Tunggal Putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus (Instagram.com/ngklangus)

Ng Ka Long lahir di Hong Kong, 24 Juni 1994. Lahir dan besar di Hong Kong, Ng Ka Long punya darah Indonesia dari garis keturunan ibunya. Dari sejumlah sumber menyebutkan, Ng Ka Long mengatakan neneknya dari ibunya adalah keturunan Indonesia.

Ng Ka Long mengatakan dia punya banyak saudara yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur. Indonesia punya tempat sendiri di hatinya. Ng Ka Long bercerita dia sering menyempatkan waktu untuk membeli salah satu makanan Indonesia kesukaannya, sop buntut, ketika berlaga di Indonesia.

2. Belajar mengontrol emosi saat berlaga di Olimpiade Rio 2016

Kisah Angus Ng Ka Long, antara Indonesia, Hong Kong, dan Indomie!Tunggal Putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus (Instagram.com/ngklangus)

Tunggal putra kebanggaan negara yang dijuluki Mutiara dari Timur ini memaknai pengalamannya berlaga di Olimpiade Rio 2016 lalu. Dari sana, menurut Ng Ka Long, dia belajar untuk dapat mengendalikan emosinya dengan lebih baik saat bermain.

“Bermain di Olimpiade berbeda dengan di turnamen biasa. Semua pemain menjadi lebih fokus dan all out,” kata Ng Ka Long seperti dikutip dari wawancara bersama Badminton World Federation (BWF) yang ditayangkan di kanal YouTube BadmintonWorld.tv pada 10 Mei 2017 lalu.

“Saya sekarang bisa mempersiapkan diri menjalani atmosfernya,” lanjut dia. Kesempatan turun bertanding di gelaran olahraga akbar itu membuat Ng Ka Long lebih percaya diri dan dikenal di kalangan pencinta bulu tangkis.

Baca Juga: Iklan Viral Indomie Edisi Ramadan, Begini Cara Masak Mie Gak Pakai Mie

3. Catat sejarah untuk Hong Kong

Kisah Angus Ng Ka Long, antara Indonesia, Hong Kong, dan Indomie!Tunggal Putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus bersama tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie (Instagram.com/ngklangus)

Ng Ka Long memberi catatan manis bagi negaranya sepanjang karirenya. Dia tercatat menjadi tunggal putra Hong Kong pertama dalam sejarah yang berhasil memenangkan turnamen Hong Kong Open pada 2016 lalu.

Kemenangannya di turnamen ini ternyata bermakna dalam bagi Ng Ka Long.

“Sejak kecil saya menonton Hong Kong Open. Dulu saya sangat senang menonton semua pemain dunia. Saya berharap bisa bermain di turnamen itu suatu saat dan memenangkannya. Memenangkan turnamen itu tahun lalu seperti mimpi jadi nyata bagi saya,” kata dia bercerita.

Pada 2016, Ng Ka Long juga mencapai peringkat tertinggi sepanjang kariernya untuk pertama kali masuk dalam jajaran 10 besar tunggal putra dunia.

“Ketika memutuskan menjadi pemain bulu tangkis profesional. Masuk dalam 10 besar adalah cita-cita saya,” kata dia. Ng Ka Long sejak saat itu semakin semangat untuk mencapai tujuan lainnya dan berlatih dengan lebih fokus.

Saat ini, Ng Ka Long masuk dalam jajaran 8 besar dunia sektor tunggal putra. Tepatnya di peringkat delapan, tepat di bawah wakil Indonesia, Jonatan Christie.

4. Sangat senang mendengar teriakan dukungan dari penonton

Kisah Angus Ng Ka Long, antara Indonesia, Hong Kong, dan Indomie!Tunggal Putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus (Instagram.com/ngklangus)

Ng Ka Long ternyata tipe pemain yang sangat senang dengan riuh tepuk dan teriakan dukungan dari penonton.

“Dukungan dari masa membuat saya lebih semangat. Saya suka disoraki dan didukung ketika bertanding,” kata Ng Ka Long.

“Ketika saya terdistraksi, saya bisa kembali fokus karena dukungan penonton,” lanjut dia. Kesempatan bermain dengan pemain kelas dunia yang berbeda-beda juga dimanfaatkan Ng Ka Long untuk terus belajar dan berkembang

“Saya menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka setelah bertanding. Untuk meningkatkan kesempatan saya menang di turnamen berikutnya,” kata dia.

5. Sisi lain Ng Ka Long, suka makan mie instan!

Kisah Angus Ng Ka Long, antara Indonesia, Hong Kong, dan Indomie!bwfworldtour.bwfbadminton.com

Saat masuk dalam tim muda atau junior, Ng Ka Long nyatanya bermain di sektor tunggal dan ganda, termasuk ganda campuran. Capaian tertingginya di tim junior adalah memenangkan gelar di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2012 lalu.

Lepas dari tim junior, Ng Ka Long merasa lebih punya potensi bermain di sektor tunggal. Selain itu, menurut dia, dia lebih menyukai permainan tunggal dibandingkan ganda.

Semangatnya menjadi yang terbaik di dunia bulu tangkis tak lepas dari latar belakangnya. Ng Ka Long memutuskan untuk menghentikan pendidikannya di usia 18 tahun dan berfokus menjadi pemain bulu tangkis profesional.

Membuktikan diri bisa menjadi yang terbaik menjadi salah satu motivasi terbesarnya untuk terus berkembang.

Di waktu luang, Ng Ka Long ternyata punya hobi belanja. Dia mengaku bisa menghabiskan 8-9 jam sehari untuk belanja dan lupa untuk istirahat makan. Siapa sangka, selain sop buntut, makanan kesukaan Ng Ka Long adalah Indomie, produk mie instan favorit sejuta umat di Indonesia

“Dulu pengasuh saya dari Indonesia. Dia suka membuatkan Indomie dan sampai sekarang saya sangat menyukai makanan itu,” kata dia.

Baca Juga: Alyssa Tirtosentono, Atlet Belia Belanda dengan Darah Jawa yang Kental

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya