Comscore Tracker

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!

Indonesia meraih posisi keempat dengan 31 medali emas

Jakarta, IDN Times - Tak terasa 15 hari sudah gelaran Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta dan Palembang. Hari ini, Minggu (2/9) merupakan penutupan event olahraga terbesar di Asia.

Penutupan ini akan diresmikan lewat acara closing ceremony Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta.

Momen ini tentu tak kalah penting dan bersejarah bagi Indonesia. Ini pertama kalinya Indonesia mampu mengantongi medali emas terbanyak sepanjang sejarah Asian Games.

Hingga penutupan ini, Indonesia berhasil meraih posisi 4 dari 45 negara yang mengikuti pesta olahraga besar ini dengan mengumpulkan 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu.

Seperti apa kemeriahan penutupan Asian Games 2018?

IDN Times merangkum detik-detik penutupannya di bawah ini:

21.18 WIB: Ditutup dengan Garuda di Dadaku

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!ANTARA FOTO/INASGOC/Indrianto Eko Suwarso

Usai penampilan dua boy band Korea, penampilan musisi tanah air berikutnya tak kalah mendapat sambutan. Theme song Asian Games 2018 yang di-cover oleh produser musik muda Alffy Rev menggema di Stadion Utama GBK.

RAN dan Isyana Sarasvati menyanyikan theme song tersebut dengan enerjik.

Berikutnya theme song andalan Asian Games 2018 Meraih Bintang pun dinyanyikan. Kali ini bukan oleh pedangdut Via Vallen, melainkan oleh Afgan. Rupanya lagu inipun terasa nikmat di telinga penonton saat dinyanyikan Afgan, sehingga banyak pula yang ikut bernyanyi menikmatinya.

Akhirnya closing ceremony Asian Games 2018 berakhir sudah. Ditutup dengan lagu Garuda di Dadaku, seluruh pendukung acara pamit. Para hadirin dan tamu undangan pun meninggalkan tempat duduk mereka.

Sampai jumpa di Asian Games 2022!

21.00 WIB: Super Junior dan iKon bikin seisi Stadion GBK histeris

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!IDN Times/Margith Julia Damanik

Ini dia penampilan yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar penonton closing ceremony Asian Games 2018. Dua boy band asal Korea, Super Junior dan iKon.

iKon tampil lebih dulu dengan membawakan lagu Love Scenario dan Rythm Ta. Sementara, SuJu tampik enerjik lewat lagu Sorry Sorry, Mr. Simple dan Bonamana.

Di akhir penampilannya SuJu meneriakkan "Indonesia" disambut teriak histeris para penonton.

Baca Juga: Jokowi Nobar Penutupan Asian Games 2018 dari Tenda Pengungsi Lombok

20.35 WIB: Jack Ma meriahkan panggung closing ceremony Asian Games 2018

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin

CEO Alibaba Group Jack Ma turut menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9).

Kehadiran Jack Ma disambut meriah oleh para penonton. Diketahui, sosok Jack Ma merupakan salah satu orang terkaya di dunia.

20.00 WIB: Api torch dan bendera Asian Games resmi diserahkan kepada China

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!IDN Times/Uni Lubis

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan torch api Asian Games kepada Chairman OCA untuk diberikan kepada Wali Kota Hangzhou, China.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyerahkan bendera Asian Games ke Chairman OCA untuk diserahkan ke Wali Kota Hangzhou, China.

China akan menjadi tuan rumah Asian Games ke 19 pada tahun 2022.

19.39 WIB: Presiden Jokowi sampaikan salam dari Lombok

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!Agustinus Raharjo (KSP)

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo tidak dapat hadir dalam acara penutupan Asian Games 2018 karena tengah berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jokowi mengunjungi para korban gempa Lombok.

Dari Lombok, Jokowi mengirimkan video ucapan terima kasihnya kepada masyarakat Indonesia dan tidak lupa kepada seluruh kontingen Asian Games dari 45 negara.

"Berkat optimisme, energi yang positif perolehan medali emas jauh dari target yang ditetapkan. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih pada masyarakat Indonesia yang membuat acara ini sukses. Kita sukses menjadi tuan rumah yang ramah bagi tamu-tamu kita," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga mengajak seluruh hadirin di Gelora Bung Karno berdoa bersama untuk pemulihan Lombok.

19.05 WIB: Closing Ceremony Asian Games 2018 dibuka dengan lagu Indonesia Raya

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!IDN Times/Margith Julia Damanik

Lagu Indonesia Raya membuka Closing Ceremony Asian Games 2018. 

The Resonanz Children Choir dan 4 Paskibraka menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama seluruh penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Kemudian diikuti penampilan marching band dari Akademi Kepolisian dan Akademi Militer. Berseragam lengkap, marching band membentuk formasi 'INDONESIA'. Keren!

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan langsung acara penutupan ini, sementara Presiden Joko 'Jokowi' Widodo saat ini tengah berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

18.35: Hujan, pengisi acara menghibur penonton pakai payung di atas panggung

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!IDN Times/Margith Julia Damanik

Ada yang menarik di acara pre show closing ceremony Asian Games 2018. Saat di atas panggung, Silvi D'Academy membawakan lagu 'Sayang' yang dipopulerkan Via Vallent, menggunakan payung.

Hujan tak menghalangi Silvi untuk terus menghibur para penonton. 

Baca Juga: [OPINI] 10 Hal Yang Bikin Asian Games 2018 Bakal Kita Kenang

18.15 WIB: 100 pesilat Indonesia meriahkan pre show closing ceremony Asian Games 2018

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!IDN Times/Margith Julia Damanik

Penampilan 100 pesilat dari Ikatan Pesilat Seluruh Indonesia (IPSI) Jaya memeriahkan pre show Closing Ceremony Asian Games 2018. 

Pencak silat menjadi cabang olahraga yang menyumbangkan emas terbanyak di Asian Games kali ini. Ada 14 medali emas lho yang disumbangkan para atlet Pencak Silat.

Baca Juga: Begini Kondisi GBK Jelang Closing Asian Games 2018

17.50 WIB: Closing Ceremony Asian Games 2018 disambut hujan

Linimasa: Penutupan Asian Games 2018, Terima Kasih Indonesia!IDN Times/Margith Julia Damanik

Closed Gate untuk Closing Ceremony Asian Games 2018, Minggu (2/9) akan dilakukan pukul 18.00 WIB. Hujan sudah mulai reda. Stadion Gelora Bung Karno semakin penuh.

Bagi pengunjung yang tidak kedapatan tiket, jangan khawatir. Di luar GBK juga ada layar yang digunakan untuk nonton bareng loh.

Baca Juga: Ini Rundown Closing Ceremony Asian Games 2018

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You