Comscore Tracker

Namanya Hilang dari Ranking BWF, Chen Long Resmi Pensiun?

China kehilangan salah satu tunggal putra terbaiknya

Jakarta, IDN Times - Nama pebulu tangkis China, Chen Long, tak lagi masuk dalam daftar ranking tunggal putra dunia pekan ini. Hal tersebut disinyalir jadi pertanda resminya tunggal putra Negeri Tirai Bambu itu gantung raket.

Terakhir kali nama Chen Long masuk dalam daftar ranking BWF adalah pada 27 September 2022. Kala itu, Chen Long menempati peringkat 56 dunia.

1. Chen Long dan medali Olimpiade untuk China

Namanya Hilang dari Ranking BWF, Chen Long Resmi Pensiun?Instagram

Chen Long bukan pebulu tangkis biasa bagi skuad China. Sejak bergabung ke skuad pelatnas, namanya kerap dibandingkan dengan legenda tunggal putra China, Lin Dan.

Chen Long sudah meraih tiga medali Olimpiade. Medali perunggu diraihnya di ajang Olimpiade London 2012.

Puncak prestasi diraihnya dengan medali emas dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Pada gelaran Olimpiade terakhir, Chen Long meraih perak dari Tokyo 2020.

Baca Juga: Chen Long, Juara Bertahan Tersisa di Olimpiade Tokyo 2020

2. Chen Long pensiun bukan rumor baru

Namanya Hilang dari Ranking BWF, Chen Long Resmi Pensiun?bwfbadminton.com

Rumor Chen Long akan pensiun bukan baru berkembang. Semula rumor dimulai saat gelaran Asian Games 2022 Hangzhou terpaksa diundur hingga tahun depan imbas pandemik COVID-19.

Atlet 33 ini juga mundur dari Kejuaraan Dunia 2022 di Jepang. Chen Long dikabarkan kala itu telah mengirim surat pengunduran diri dari pelatnas bulu tangkis China.

3. Regenerasi tunggal putra China

Namanya Hilang dari Ranking BWF, Chen Long Resmi Pensiun?Zhao Jun Peng (instagram.com/thebadmintonpost)

Jika Chen Long benar-benar gantung raket, tunggal putra China bisa dibilang tak punya wakil elite. Ranking tertiggi diraih Zhao Jun Peng di posisi 18 dunia.

Menyusul kemudian empat tunggal putra China lainnya, Lu Guang Zu (ranking 21), Shi Yu Qi (ranking 27), Li Shi Feng (ranking 34), dan Weng Hong Yang (ranking 47).

Baca Juga: Jonatan Christie Geser Chen Long di Peringkat Dunia, Axelsen Perkasa

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya