PBSI: Hasil Drawing Kejuaraan Dunia 2022 Ganda Campuran Bagus

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas dapat bye di babak pertama

Jakarta, IDN Times - Tiga wakil ganda campuran Indonesia siap berlaga di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Mereka bakal menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam ajang yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang pada 22-28 Agustus 2022.

Pelatih kepala ganda campuran PBSI, Nova Widianto, menyebut jika hasil drawing skuad ganda campuran terbilang menguntungkan untuk Indonesia. Sebab, para pemain tak langsung bentrok dengan para pemain unggulan. 

"Hasil undian cukup bagus. Di sini Rinov/Pitha termasuk unggulan karena di Kejuaraan Dunia daftar unggulannya sampai 16, jadi di babak-babak awal belum bertemu unggulan lain," kata Nova dalam keterangan tertulis, Selasa (16/8/2022).

1. Drawing bagus untuk skuad Indonesia di putaran pertama

PBSI: Hasil Drawing Kejuaraan Dunia 2022 Ganda Campuran BagusAdnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso di Indonesia Open 2021 (Dok.Humas PP PBSI-Indonesia)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan kolega tidak langsung berhadapan dengan pasangan-pasangan kuat seperti Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) atau Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) di putaran pertama.

Rinov/Pitha bahkan mendapat bye di babak 64 besar karena diunggulkan di tempat ke-13. Sementara Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan menghadapi wakil Taiwn, Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching.

Pasangan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela bersua dengan wakil Denmark, Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby.

Baca Juga: Rinov/Pitha Raih Gelar Runner-up Malaysia Masters 2022

2. Skuad ganda campuran jalani latihan intensif

PBSI: Hasil Drawing Kejuaraan Dunia 2022 Ganda Campuran BagusZachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela lolos kualifikasi ke drawing utama Malaysia Masters 2022 (dok. PP PBSI)

Meski hasil drawing terbilang bagus, Nova tidak main-main mempersiapkan anak asuhnya. Latihan intens sengaja digelar agar skuad ganda campuran bisa mencapai prestasi maksimal.

"Belajar dari hasil kemarin semua aspek pasti diperbaiki. Tapi untuk kondisi lapangan dan bola memang akan berbeda di Jepang dengan tiga turnamen kemarin, itu yang harus diantisipasi. Juga setelah dianalisis kita perkuat di pertahanan dan daya tahan serangan," kata Nova.

3. Pola komunikasi ganda campuran membaik

PBSI: Hasil Drawing Kejuaraan Dunia 2022 Ganda Campuran BagusRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menembus babak semifinal Malaysia Masters 2022 (dok. PP PBSI)

Menurut Nova, beberapa faktor non-teknis bagi para pemain juga sudah mengalami kemajuan. Termasuk dalam bidang komunikasi. Aspek komunikasi menurut Nova selama ini terbilang kurang baik di sektor ganda campuran.

"Sudah bisa saling mengisi dan mengerti karena sebenarnya ini yang paling penting. Kalau di lapangan komunikasinya tidak bagus, pasti kurang jalan permainannya. Perlu ada chemistry juga," kata Nova.

Baca Juga: 5 Ganda Campuran Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWF

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya