Termasuk AirBadminton, Ini 4 Cabor Baru untuk World Beach Games 2023

World Beach Games 2023 digelar pada Agustus 2023 mendatang

Jakarta, IDN Times - Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengumumkan daftar cabang olahraga tambahan yang akan dipertandingkan di World Beach Games 2023 yang akan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023.

Ada tambahan 4 cabor yang akan dipertandingkan, yakni Basket 3×3, AirBadminton, Rowing Beach Sprint, dan Surfing (longboard dan shortboard). Total ada 14 cabor yang akan dipertandingkan di gelaran olahraga air dan pantai terakbar dunia tersebut.

1. Alasan pemilihan 4 cabor baru

Termasuk AirBadminton, Ini 4 Cabor Baru untuk World Beach Games 2023Ilustrasi AirBadminton (YouTube.com/BWF TV)

Keempat cabor tambahan dipilih ANOC dan KOI berdasarkan prinsip program tersebut dapat membawa keberlanjutan, menjangkau generasi muda, serta inklusivitas.

Keempat cabor tambahan juga sudah terbukti sangat populer di kalangan atlet dan para penggemarnya.

Basket 3×3 bakal tampil kali kedua di ajang World Beach Games 2023. Sementara cabor AirBadminton, World Rowing Beach Sprint, dan Surfing akan jalani debut di World Beach Games 2023.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Smash dalam Badminton dan Voli? 

2. Daftar cabor yang resmi terdaftar

Termasuk AirBadminton, Ini 4 Cabor Baru untuk World Beach Games 2023Ilustrasi Tim voli pantai di Asian Games (ANTARA FOTO/INASGOC/Muhammad Adimaja)

Secara resmi, ada 14 cabor yang terdaftar untuk digelar di World Beach Games 2023 mendatang. Selain empat cabor baru, sebelumnya terdapat 10 cabor resmi yang akan digelar.

Adapun 10 cabor wajib yang telah dirilis sebelumnya adalah Open Water Swimming 5km, Beach Water Polo, Beach Soccer, Beach Handball, Individual Kata Karate, Kite Foil, Beach Tennis, Aquathlon, Voli Pantai 4×4 dan Beach Wrestling.

3. Setahun jelang World Beach Games 2023

Termasuk AirBadminton, Ini 4 Cabor Baru untuk World Beach Games 2023Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (Dok. NOC Indonesia)

Kurang lebih setahun jelang gelaran World Beach Games 2023, KOI tak sabar menyambut ribuan atlet yang akan datang ke tanah air.

"Kami tidak sabar untuk menyambut 1.500 atlet yang berasal lebih dari 100 negara serta para NOC dan petinggi organisasi olahraga di Bali. Sampai jumpa di Bali 2023," kata Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Line Up Bulutangkis Indonesia vs Kamboja di SEA Games 2021 Hari Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya