Update Ranking BWF: Fajar/Rian Dikejar Wakil India

Hendra/Ahsan performanya terus menurun

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) kembali mengumumkan ranking terbaru para pemain badminton dunia. Sektor ganda putra Indonesia menunjukkan pergeseran tipis. 

Update peringkat ini telah menyesuaikan dengan hasil Australia Open 2023 yang rampung digelar pekan lalu.

Dari enam nama yang masih menempati 25 besar dunia, tiga wakil Indonesia turun peringkat. Di sisi lain, posisi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sebagai ranking satu dunia, makin dipepet pasangan India.

1. Tiga wakil Indonesia turun peringkat

Update Ranking BWF: Fajar/Rian Dikejar Wakil IndiaBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Thailand Open 2023 (dok. PP PBSI)

Tiga wakil Indonesia turun peringkat dalam update ranking BWF pekan ini. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan turun satu peringkat ke ranking sembilan ganda putra dunia dengan catattan 69.850 poin.

Hendra/Ahsan hanya selisih satu peringkat dengan pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang bertengger di peringkat 10 dengan catatan 63.739 poin.

Performa Hendra/Ahsan memang sedang tak optimal. Setelah menjadi runner-up di All England 2023, pasangan yang kerap disapa The Daddies ini belum pernah lagi menyentuh babak semifinal dari turnamen yang diikutinya.

Penurunan peringkat juga dialami pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Ganda putra muda ini turun dua peringkat dan kini menempati ranking 15 dengan catatan 56.380 poin.

Satu pasangan lainnya yang juga mengalami penurunan peringkat adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Keduanya kini menempati ranking 19 dunia.

Namun, pasangan ini memang tengah hiatus lantaran Marcus masih dalam tahap pemulihan dari operasi yang baru dijalaninya.

Baca Juga: Mantap! Jonatan Christie Merangsek ke Ranking 5 BWF

2. Fajar/Rian dalam ancaman Rankireddy/Shetty

Update Ranking BWF: Fajar/Rian Dikejar Wakil IndiaFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pekan ini, Fajar Alfian/Muhamamd Rian Ardianto masih menempati ranking satu dunia. Keduanya mengumpulkan 92.729 poin per 8 Agustus 2023.

Posisi Fajar/Rian kini mulai tak aman. Keduanya terus dipepet pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, yang berada di peringkat kedua dengan catatan 88.461 poin.

Posisi Fajar/Rian mulai terancam lantaran performanya menurun sejak Korea Open 2023.

Sebaliknya, Rankireddy/Shetty perestasinya menanjak usai sukses mengantongi dua gelar juara dari Indonesia Open 2023 dan Korea Open 2023, serta menembus babak perempat final Japan Open 2023.

3. Ranking Pramudya/Yeremia naik tipis

Update Ranking BWF: Fajar/Rian Dikejar Wakil IndiaPramudya Kusumawardana/Yeremia Erichb Yoche Yacob Rambitan di SEA Games 2023 (dok. PP PBSI)

Menembus perempat final Australia Open 2023, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, naik satu peringkat dan menempati posisi ke-22 dunia dengan catatan 45.273 poin.

Performa Pramudya/Yeremia dalam dua turnamen terakhir sebenarnya juga menurun. Padahal, keduanya sempat menembus babak semifinal Indonesia Open 2023.

Namun, di ajang Korea Open 2023,Pramudya/Yeremia malah kandas di babak 16 besar. Performa mereka turun lagi saat terhenti di babak 32 besar Japan Open 2023.

Baca Juga: Hendra/Ahsan Tersingkir di Australia Open 2023, Ini Alasannya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya