Waspada Virus Corona, BWF Resmi Tunda Lingshui China Masters 2020!

Belum ada tanggal tetap untuk pergantian turnamen

Jakarta, IDN Times - Turnamen BWF Super 100 Lingshui China Masters resmi ditunda pelaksanaannya. Keputusan ini diambil akibat berkembangnya kekhawatiran akan virus corona yang marak mewabah di Tiongkok dan sekitarnya.

Penundaan ini merupakan keputusan bersama dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok (CBA) yang diumumkan pada Sabtu (1/2) lalu. Turnamen ini seharusnya digelar pada 25 Februari hingga 1 Maret 2020 mendatang.

1. Belum ditetapkan tanggal pengganti

Waspada Virus Corona, BWF Resmi Tunda Lingshui China Masters 2020!Peta penyebaran virus Corona/CSSE John Hopkins University

"Lingshui China Masters Super 100 resmi ditunda. BWF dan Federasi Bulu Tangkis Tiongkok akhirnya memutuskan menunda turnamen ini berkaitan dengan wabah virus corona," tulis Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia dalam akun Twitternya (@INABadminton).

Belum ada tanggal baru yang ditetapkan terkait pergantian untuk turnamen ini. Opsi alternatif disebut BWF dalam laman resminya (https://bwfbadminton.com) sedang dibahas dengan slot waktu baru.

Mei disebut-sebut menjadi salah satu opsi yang berpeluang besar dipilih.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Indonesia Mundur dari China Masters 2020

2. BWF terus pantau perkembangan isu virus corona

Waspada Virus Corona, BWF Resmi Tunda Lingshui China Masters 2020!Warga yang mengatakan mereka tiba dari provinsi Hubei setelah melewati pos pemeriksaan di Jembatan Sungai Jiujang Yangtze, meniki ke stasiun kereta di Jiujang, provinsi Jiangxi, Tiongkok, saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus corona baru, pada 31 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

"BWF terus memantau perkembangan resmi terkait virus corona," tulis BWF dalam keterangan resminya. Federasi Bulu Tangkis Dunia ini juga mengatakan pihaknya menyadari sejumlah turnamen BWF berpotensi terpengaruh wabah virus tersebut.

"Tetapi hingga saat ini tidak ada rencana atau keputusan untuk mengubah status turnamen lainnya," kata BWF lagi. Turnamen Lingshui China Masters 2020 merupakan salah satu turnamen untuk para atlet mengumpulkan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

3. CBA meninjau ulang sejumlah turnamen unggulan

Waspada Virus Corona, BWF Resmi Tunda Lingshui China Masters 2020!Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong menangkan gelar Indonesia Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

BWF mengatakan, Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok (CBA) juga kini tengah meninjau ulang sejumlah turnamen andalannya. Semula, Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020 diagendakan akan berlangsung di Wuhan, Tiongkok. Namun, kota tersebut kini diketahui tengah diisolasi karena jadi tempat awal merebaknya virus corona.

BWF terus mendukung CBA dalam proses peninjauan ulang ini. Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020 sendiri menjadi kesempatan terakhir bagi para atlet mengumpulkan poin untuk lolos kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Baca Juga: Meski Diteror Virus Corona, BWF Belum Batalkan Turnamen di Tiongkok

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya