Indonesia Juarai Kompetisi Basket FIBA 3X3 Asia Cup 2017

Lea Kahol dkk hajar Malaysia di final

Datang sebagai tim underdog, tim putri 3X3 Indonesia mampu menyabet gelar juara di ajang FIBA 3X3 Asia Cup yang diselenggarakan di Malaysia. Kejuaraan tingkat Asia ini diikuti 12 tim pada babak grup. Dari 12 tim tersebut dibagi menjadi 4 grup. Indonesia tergabung bersama tim Jepang dan Taipei di grup C (h/t FIBA.com).

Sejatinya tim Basket Putri 3X3 Indonesia mengawali turnamen dengan hasil yang tidak menggembirakan di babak fase grup, Indonesia dikalahkan tim Japan dengan skor 20-16 untuk Jepang. Pada pertandingan kedua melawan Taipei, posisi Indonesia seperti diujung tanduk, mengingat tim Taipei sebelumnya berhasil menundukan tim Jepang dengan skor 11-9. Namun tim asuhan Athoni Gunawan ini pantang menyerah menghadapi pertandingan kedua, alhasil Indonesia mampu mengatasi tim putri Taipei dengan skor tipis 16-15. Kemenangan Indonesia membuat ketiga tim sama-sama mengantongi 1 kali kemenangan dan 1 kali kekalahan. Penentuan siapa yang berhasil lolos dilihat dari produktifitas poin setiap pertandingan. Sistem ini membuat Indonesia menjadi Juara grup C dengan rata-rata poin per game 16, diikuti Jepang dengan 14.5 poin dan Taipei harus puas tersingkir dengan rataan poin hanya 13.0 poin per game.

Pada babak 8 besar, tim putri Indonesia seperti mendapatkan energi positif. Berstatus sebagai juara grup C, Indonesia diuntungkan karena pada babak 8 besar akan berhadapan dengan runner up grup B yaitu Sri Langka, sedangkan Jepang harus berhadapan dengan juara Grup B Malaysia. Pada babak 8 besar, Tim Putri Indonesia tidak mengalami kesulitan untuk mengamankan satu tiket semi final. Indonesia mampu menyudahi perlawanan Sri Langka dengan skor meyakinkan yaitu 21-7.

Tim Putri Indonesia Mengukir Sejarah Dengan Mengalahkan China Di Semifinal

Indonesia Juarai Kompetisi Basket FIBA 3X3 Asia Cup 2017fiba.com

Pada babak semi final, Indonesia harus berhadapan dengan tim kuat China. Namun tim putri Indonesia yang terdiri atas Lea Kahol, Michele Kurniawan, Nathalia C. Orville dan Valencia Pramono tetap tak gentar menghadapi tembok raksasa China. Indonesia mengawali pertandingan ini dengan tembakan 2 angka dari Michele Kurniawan. Namun tim China dengan cepat membalasnya. Sepanjang pertandingan sejatinya Indonesia terus memimpin dengan jarak 4 poin. Namun tim China sempat mampu menyamakan kedudukan dengan skor 12-12, sebelum Indonesia menyudahi perlawanan China dengan skor 19-16.

Di Parta Final, Indonesia Mengganyang Malaysia Tanpa Ampun

https://www.youtube.com/embed/u_IH90X-hmY

Partai puncak turnamen ini mempertemukan Indonesia dengan tim tuan rumah Malaysia. Tentu saja sebagai tuan rumah, Malaysia memiliki harapan untuk juara. Dengan dukungan penuh dari para supporter membuat permainan tim putri Malaysia sempat membuat kesulitan Kahol dan kawan kawan. Meskipun pada akhir pertandingan tim putri Indonesia mampu menyudahi perlawanan Malaysia dengan skor cukup telak 13-6.

Lea Kahol Terpilih Sebagai Pemain Terbaik

Indonesia Juarai Kompetisi Basket FIBA 3X3 Asia Cup 2017www.fiba.com

Melengkapi kemenangan Indonesia pada partai puncak, Lea Kahol didaulat sebagai pemain terbaik (MVP) pada turnamen ini. Peran Lea Kahol sepanjang turnamen cukup besar untuk mengantarkan Indonesia sebagi juara. Sepanjang Turnamen, Kahol tercatat mencetak 35 poin atau peringkat 4 dari seluruh pemain yang berpartisipasi dalam turnamen ini. Selain itu, berposisi sebagai center, Kahol dinilai cukup sukses menjaga pertahanan Indonesia. Semoga pemain-pemain muda Indonesia ini mampu memacu semangat pemain lain untuk terus berprestasi.

MMaS Aji Photo Writer MMaS Aji

Pemerhati Sosial, Ekonomi dan Olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya