6 Negara Eropa Paling Banyak Memasok Pemain NBA pada 2023/2024

Bukti pemain Eropa telah mendominasi NBA

Pada era NBA modern, para pemain asing cukup mendominasi liga. Bahkan, penghargaan NBA MVP selalu didapatkan pemain asing dalam beberapa tahun terakhir. Itulah yang menyebabkan banyak pemain non-Amerika Serikat yang kini berlaga di NBA.

Eropa menjadi kontinen terbanyak yang mendistribusikan pemain ke NBA. Lalu, negara Eropa mana yang paling banyak menyumbang pemain ke NBA 2023/2024? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Prancis menjadi negara Eropa dengan jumlah pemain terbanyak di NBA

6 Negara Eropa Paling Banyak Memasok Pemain NBA pada 2023/2024Victor Wembanyama (nba.com)

Prancis menjadi negara Eropa paling banyak memiliki perwakilannya di NBA 2023/2024. Dari total 42 pemain Prancis yang pernah berlaga di NBA, 14 di antaranya bermain untuk musim ini. Angka tersebut telah termasuk Victor Wembanyama yang mampu menarik perhatian penggemar NBA karena potensi dan kemampuannya yang luar biasa. Selain Wembanyama, beberapa nama besar lain, seperti Rudy Gobert, Nicolas Batum, Evan Fournier, dan Joel Embiid tercatat memiliki kewarganegaraan Prancis.

2. Serbia menyumbang tujuh pemain NBA pada 2023/2024 ini

6 Negara Eropa Paling Banyak Memasok Pemain NBA pada 2023/2024Nikola Jokic (nba.com)

Serbia telah dikenal sebagai salah satu distributor andal pebasket hebat ke NBA. Hal tersebut telah terlihat sejak negara ini masih menjadi bagian terbesar dari Yugoslavia. Pada 2023/2024, Serbia menyumbang tujuh pemain ke NBA. Nikola Jokic, Bogdan Bogdanovic, Boban Marjanovic, Vasilije Micic, Nikola Jovic, Filip Petrusev, dan Aleksej Pokusevski menjadi pemain Serbia yang bermain di NBA saat ini.

3. Jerman memiliki enam perwakilan pemain di NBA

6 Negara Eropa Paling Banyak Memasok Pemain NBA pada 2023/2024Franz Wagner (nba.com)

Jerman adalah juara FIBA World Cup 2023. Dengan titel tersebut, seharusnya tak ada yang ragu dengan kualitas pemain dari negara yang beribu kota di Berlin ini. Pada 2023/2024, Jerman memiliki enam pemain di NBA. Mereka adalah Franz Wagner, Moritz Wagner, Maxi Kleber, Daniel Theis, Isaiah Hartenstein, dan Dennis Schroder.

Baca Juga: 3 Pemain Turki Terbaik di NBA, Alperen Sengun Masuk Daftar!

4. Ada empat pemain Turki yang berlaga di NBA musim ini

6 Negara Eropa Paling Banyak Memasok Pemain NBA pada 2023/2024Cedi Osman tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Turki memiliki sejumlah nama terkenal yang pernah bermain di NBA. Omer Asik, Hedo Turkoglu, dan Mehmet Okur merupakan beberapa di antaranya. Warisan kehebatan Turki di NBA berusaha dilanjutkan empat pemain pada musim ini. Mereka adalah Cedi Osman yang bermain untuk San Antonio Spurs, Omer Yurtseven yang baru bergabung dengan San Antonio Spurs, Furkan Korkmaz bersama Philadelphia 76ers, dan Alperen Sengun yang jadi bagian penting dari Houston Rockets.

5. Kroasia pun mengirim empat pemain ke NBA

6 Negara Eropa Paling Banyak Memasok Pemain NBA pada 2023/2024Bojan Bogdanovic (nba.com)

Sama seperti Turki, Kroasia mengirim empat pemain ke NBA 2023/2024. Keempat pemain tersebut cukup memiliki peran di dalam tim, meski tak mencapai level pemain bintang. Keempat pemain tersebut adalah Bojan Bogdanovic yang berseragam Detroit Pistons, Luka Samanic yang bermain untuk Utah Jazz, Dario Saric yang baru bergabung dengan Golden State Warriors, dan Ivica Zubac yang jadi pemain utama LA Clippers.

6. Perwakilan Spanyol menyusut menjadi tiga pemain

6 Negara Eropa Paling Banyak Memasok Pemain NBA pada 2023/2024Santi Aldama (nba.com)

Pada 2022/2023 lalu, Spanyol memiliki cukup banyak perwakilan di NBA. Akan tetapi, jumlahnya cukup menyusut setelah Willy Hernangomez, Juan Hernangomez, dan Serge Ibaka pindah ke EuroLeague. Oleh karena itu, pada 2023/2024, Spanyol hanya menyisakan tiga pemain. Mereka adalah Ricky Rubio yang bermain untuk Cleveland Cavaliers, Santiago Aldama yang membela Memphis Grizzlies, dan Usman Garuba yang baru bergabung dengan Golden State Warriors.

Selain enam negara ini, ada beberapa negara Eropa lain yang mengirimkan pemain ke NBA 2023/2024. Yunani, Slovenia, Lithuania, Italia, Latvia, Ukraina, dan Georgia masing-masing mengirim dua pemain. Sedangkan, Austria, Swiss, Portugal, Inggris, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Belgia, Portugal, Israel, Montenegro, dan Finlandia mengirim satu pemain NBA.

Baca Juga: 5 Small Forward yang Siap Jadi Andalan di NBA 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya