Tour de Singkarak 2017 akan Digelar Bulan November

Ajang balapan sepeda international dengan jumlah penonton terbanyak ke-5!

Ajang balapan sepeda internasional, Tour de Singkarak, resmi akan digelar pada tanggal 18-26 November 2017. Dilansir dari Antara, pernyataan itu disampaikan langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berserta Sekertaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara disela-sela Fun Bike yang diadakan dilapangan parkir Gedung Sapta Pesona, Jakarta. 

Tour De Singkarak tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-9 kalinya setelah pertama kali digelar pada tahun 2009. Balapan sepeda yang memadukan antara olahraga dan pariwisata ini telah masuk dalam kalender Union Cycling International (UCI) pada kategori Asia Tour 2.2. Lalu apa sajakah yang menarik pada ajang balapan sepeda Tour de Singkarak 2017 kali ini, berikut ini adalah ulasannya:

Rute-rute yang menantang.

Tour de Singkarak 2017 akan Digelar Bulan NovemberHarian Singgalang

Pada balapan Tour de Singkarak 2017 yang diikuti oleh puluhan tim sepeda Nasional dan Continental, nantinya akan melewati 9 Etape dengan jarak yang berbeda-beda, diantaranya:

- Etape 1 Batu Sangkar-Padang (107km)

- Etape 2 Painan-Sawahlunto (166km)

- Etape 3 Muaro Sijunjuang-Pulau Punjuang (100km)

- Etape 4 Danau Singkarak-Payakumbuh (135km)

- Etape 5 Lembah Harau-Padang Panjang (101km)

- Etape 6 Kota Solok- Kayu Aro (140km)

- Etape 7 Pariaman-Pasaman Barat (157km)

- Etape 8 Padang Pariaman-Agam (101)

- Etape 9 Pasaman-Bukittinggi (90km)

Nantinya tiap etape-etape memiliki tingkat kesulitan tersendiri seperti medan tanjakan hingga belokan yang tajam. Oleh karena itu kosentrasi serta kondisi tubuh yang prima sangat dibutuhkan oleh para pembalap.

Pemandangan alam Minangkabau yang mempesona.

Tour de Singkarak 2017 akan Digelar Bulan NovemberTirto

Walaupun para peserta Tour de Singkarak 2017 melewati rute yang sangat panjang dengan total jarak 1097km. Namun, selama balapan berlangsung, mereka akan disuguhkan oleh pemandangan alam Sumatra Barat nan mempesona karena para pembalap akan melewati bukit, jurang, danau, lembah, air terjun, dan hamparan padi yang menguning.

Euforia penonton No. 5 di dunia.

Tour de Singkarak 2017 akan Digelar Bulan NovemberTirto

Perlu dibanggakan bahwa ajang balapan sepeda Tour de Singkarak merupakan ajang balapan sepeda Internasional yang memiliki jumlah penonton no.5 terbanyak didunia diantaranya:

1. Tour de France (12 juta)

2. Giro de Italia (8 juta)

3. Vuelta a Espana (5 juta)

4. Santos Tour Down Under (750 ribu)

5. Tour De Singkarak (550 ribu)

Hadiah yang besar bagi para pembalap.

Tour de Singkarak 2017 akan Digelar Bulan NovemberZimbio

Pada tahun ini, Tour de Singkarak mengalami kenaikan dari jumlah hadiah dimana pihak penyelenggara menyediakan total hadiah sebanyak Rp.3 miliar. Kenaikan tersebut diharapkan akan menarik minat dari para pembalap-pembalap continental untuk berpartisipasi pada Tour de Singkarak 2017. 

Muhammad Idris Photo Verified Writer Muhammad Idris

impossible is the word only found in a Fool's dictionary. ( Napoleon Bonaparte )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya