Asian Games 2022 Dibuka, Ini Harapan Besar Ketua NOC Indonesia

Target medali emas dan belajar infrastruktur olahraga

Jakarta, IDN Times - Upacara pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, China, berlangsung pada Sabtu (23/9/2023). Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengungkapkan harapan yang tinggi terhadap pelaksanaan Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

"Saya tidak sabar untuk melihat atlet dan ofisial kita. mereka semua bersama-sama dan menunjukkan performa tertinggi dari seluruh atlet se-Asia," ungkap Raja dalam video di kanal Youtube New China TV.

Baca Juga: 5 Perbedaan Asian Games dan SEA Games, Jangan Terbalik

1. Ingin medali emas

Asian Games 2022 Dibuka, Ini Harapan Besar Ketua NOC IndonesiaPengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Indonesia mengirimkan 415 atlet untuk mengikuti 31 cabang olahraga yang mencakup 42 disiplin. Bila ditambah ofisial, jumlahnya mencapai lebih dari 600 kontingen.

Raja berharap Indonesia dapat meraih medali emas sebanyak-banyaknya. Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, telah menargetkan medali emas dari sembilan cabang olahraga, yaitu bulu tangkis, dragon boat, jujitsu, kurash, karate, sepak takraw, panjat tebing, angkat besi, dan wushu.

Baca Juga: Jadwal Wakil Indonesia di Asian Games 2022 Jumat 22 September 2023

2. Belajar soal infrastruktur olahraga

Asian Games 2022 Dibuka, Ini Harapan Besar Ketua NOC IndonesiaKetua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari mengunjungi pelatnas hoki Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Melalui Asian Games ke-19, Raja pun melihat peluang untuk bekerja sama satu sama lain antara Indonesia dan China. Apalagi, China merupakan salah satu negara yang kuat di dunia olahraga, terutama dalam segi infrastruktur.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia cara membangun infrastruktur olahraga yang benar. Dan saya percaya China punya contoh yang sangat baik untuk semua itu. Jadi mudah-mudahan setelah kembali dari Asian Games di Hangzhou, kita bisa punya infrastruktur olahraga yang lebih baik," ujarnya.

3. Asian Games mulai hari ini

Asian Games 2022 Dibuka, Ini Harapan Besar Ketua NOC IndonesiaLogo Asian Games 2022 (twitter.com/19thAGofficial)

Pelaksanaan turnamen empat tahun sekali ini seharusnya terlaksana pada 2022. Namun, pandemik COVID-19 membuat China memilih memundurkan pelaaksanaannya sampai 2023. Asian Games dijadwalkan mulai hari ini sampai 8 Oktober 2023.

"Kami menantikan Olimpiade hebat yang akan diselenggarakan oleh Hangzhou. Indonesia mendukung Asian Games Hangzhou," ungkap Raja menutup video wawancara.

Baca Juga: Fakta-Fakta Opening Ceremony Asian Games 2022 Hangzhou

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya