ONE Fight Night 20, Perayaan ONE Championsip untuk Perempuan Sedunia

Tayang sehari setelah Hari Perempuan Internasional

Seminggu setelah ONE 166: Qatar, para penggemar olahraga tarung akan kembali dimanjakan dengan ONE Fight Night 20 yang bertabur seniman bela diri perempuan terbaik.

Didedikasikan untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, ONE Fight Night 20 akan dihelat di Lumpinee Boxing Stadium, Bangkok, pada Sabtu (9/3/2024) pagi.

ONE Fight Night 20 akan dipuncaki dengan laga penyatuan sabuk Kejuaraan Dunia ONE Women's Atomweight Kickboxing antara Janet Todd sang juara bertahan, melawan Phetjeeja selaku pemegang sabuk interim.

Kemudian, Kejuaraan Dunia ONE Women's Atomweight Muay Thai juga akan tersaji dalam laga antara Allycia Hellen Rodrigues melawan Cristina Morales di laga pendukung utama. Total tersaji sembilan laga lintas seni bela diri, yang juga menampilkan MMA serta submission grappling.

1. Laga penyatuan sabuk kickboxing dan aksi terakhir Janet Todd

Mengusung semangat kesetaraan gender, ONE Championship menggelar laga penyatuan sabuk ONE Women's Atomweight Kickboxing antara Janet Todd melawan Phetjeeja di laga utama ONE Fight Night 20.

Di usia 38 tahun, Todd telah menyandang status veteran dengan raihan sembilan laga dalam organisasi seni bela diri terbesar di dunia. Ratu kickboxing berjuluk “JT” itu pun telah lama dianggap sebagai salah satu striker pound-for-pound perempuan paling berbakat di muka bumi.

Setelah empat laga Muay Thai yang memberinya sabuk interim atomweight, pemukul kuat asal Amerika ini kini kembali ke disiplin kickboxing demi mempertahankan sabuk emasnya.

Namun, lawannya kali ini adalah seorang bintang Thailand muda yang sempat mencuri perhatian pada 2023 silam. Berumur 22 tahun, Phetjeeja sudah lebih dulu menjadi superstar Muay Thai berprestasi yang dengan mulus membawa kemampuannya ke dalam disiplin kickboxing.

Petarung Thailand ini meraih lima kemenangan beruntun pada 2023, dan memuncakinya dengan sebuah kemenangan epik atas striker legendaris Anissa Meksen demi merebut gelar Juara Dunia Interim ONE Women’s Atomweight Kickboxing.

Kini, petarung muda fenomenal itu akan melawan sang veteran Amerika demi menentukan siapa yang dapat menjadi ratu divisi tak terbantahkan dalam laga yang juga menjadi aksi terakhir Todd secara profesional.

2. Kejuaraan Dunia ONE Women's Atomweight Muay Thai

Di laga pendukung utama, sang Ratu Muay Thai, Allycia Hellen Rodrigues, akan mencoba mempertahankan sabuknya dari tantangan Cristina Morales. Sang juara dunia sekaligus ibu dari seorang anak ini akan kembali mencoba membuktikan bahwa menjadi seorang ibu bukanlah halangan dalam berkarier.

Sebelumnya, Allycia Rodrigues menepi dari arena laga selama hampir tiga tahun karena mengandung dan melahirkan. Selama masa rehatnya, ONE Championship menggelar laga juara sementara yang menghasilkan nama Janet Todd.

Saat kembali beraksi dalam laga penyatuan gelar, Allycia Rodrigues berhasil mempertahankan sabuknya dengan mengalahkan Janet Todd.

Kali ini, ia akan menghadapi seorang lawan yang punya cerita mirip dengannya. Christina Morales adalah seorang ibu yang juga berkarier sebagai seniman bela diri.

3. Kembalinya Jackie Buntan

Yang tak boleh dilewatkan, Jackie Buntan selaku mantan penantang sabuk Muay Thai kelas jerami juga akan kembali tampil. Kali ini, dia akan melawan Martine Michieletto.

Buntan saat ini tengah mengantongi dua kemenangan beruntun atas lawan elite seperti Amber Kitchen dan Diandra Martin. Dia tentu mengincar kemenangan demi meraih kesempatan kedua untuk melawan Smilla Sundell.

Ia pun akan memberi aksi terbaik bersama Todd yang merupakan rekan setimnya.Terlebih event itu juga akan menjadi panggung terakhir sang Ratu Kickboxing secara profesional.

Baca Juga: 5 Penyelesaian KO Muay Thai Tersadis di 2023

4. Sederet petarung wanita terbaik lintas seni bela diri

Pada laga lainnya dalam disiplin MMA, sejumlah nama besar seperti Jihin Radzuan, Noelle Grandjean, serta Victoria Souza juga dipastikan tampil.

Victoria Souza adalah petarung asal Brasil yang telah meraih kemenangan mutlak atas atlet Indonesia, Linda Darrow, dalam laga terakhirnya pada Februari 2023.

Selain itu, dua pemegang sabuk hitam BJJ, Mayssa Bastos dan Kanae Yamada, akan menjalani debut mereka di ONE Championship dengan bertanding dalam disiplin submission grappling kelas atom.

Bastos adalah salah satu bintang BJJ paling berprestasi saat ini dengan tujuh Kejuaraan Dunia dalam kompetisi gi dan no-gi. Sementara Yamada, meski tak memiliki pencapaian seimpresif rivalnya, telah meraih berbagai prestasi dalam kompetisi sabuk cokelat.

Dengan reputasi yang Bastos miliki, kemenangan dalam laga ini bisa menempatkan mereka dalam peta perebutan gelar Juara Dunia ONE Women’s Atomweight Submission Grappling melawan Danielle Kelly.

5. Laga lengkap ONE Fight Night 20

ONE Fight Night 20 pun kian menarik karena diikuti oleh banyak petarung perempuan yang memiliki kekuatan pencetak KO. Contohnya seperti Phetjeeja yang memiliki Tingkat penyelesaian 80 persen, di mana empat dari lima kemenangannya diraih lewat TKO impresif.

Para pencinta olahraga tarung akan dimanjakan dengan penampilan dari para seniman bela diri perempuan papan atas dari awal hingga akhir laga.

ONE Fight Night 20 dapat disaksikan secara langsung lewat Facebook dan Youtube resmi ONE Championship pada Sabtu pagi (9/3). Di Indonesia, event ini bisa disaksikan di Vidio secara Live serta di Moji lewat siaran tunda pada pukul 22:00 WIB.

Laga lengkap ONE Fight Night 20

- Janet Todd vs Phetjeeja Lukjaoporongtom (Penyatuan Gelar Kejuaraan Dunia ONE Women’s Atomweight Kickboxing)

- Allycia Hellen Rodrigues vs Cristina Morales (Kejuaraan Dunia ONE Women’s Atomweight Muay Thai)

- Jackie Buntan vs Martine Michieletto (Muay Thai – catchweight 58,9 Kg)

- Jihin Radzuan vs Chihiro Sawada (MMA – atomweight)

- Ekaterina Vandaryeva vs Martyna Kierczynska (Muay Thai – strawweight)

- Lara Fernandez vs. Yu Yau Pui (Muay Thai – atomweight)

- Victoria Souza vs Noelle Grandjean (MMA – atomweight)

- Mayssa Bastos vs Kanae Yamada (submission grappling – atomweight)

- Shir Cohen vs Teodora Kirilova (Muay Thai – atomweight)

Baca Juga: 4 Laga Terbaik ONE Fight Night 19 yang Diganjar Bonus Nyaris Semiliar

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya