ONE Friday Fights 46: Tawanchai Jaga Gelar dan Lahirnya Penguasa Baru 

Laga penutup tahun ONE Championship yang berlangsung sukses.

Ajang penutup tahun ONE Friday Fights 46 berbuah manis untuk para jawara tuan rumah seperti Tawanchai, Prajanchai, dan Phetjeeja yang pulang dengan sabuk emas.

Tayang pada Jumat malam (22/12/2023), gelaran mingguan yang diramaikan dengan tiga kejuaraan dunia di disiplin striking telah sukses digelar dari Lumpinee Boxing Stadium, Bangkok. Di laga utama, Tawanchai PK Saenchai kembali menjaga sabuk emasnya dari penantang teratas sekaligus mantan penguasa kickboxing, Superbon Singha Mawynn.

Ajang akbar itu juga menjadi saksi dari kembalinya Prajanchai PK Saenchai sebagai penguasa divisi ONE Strawweight Muay Thai yang sahih, serta lahirnya Ratu Interim ONE Women's Atomweight Kickboxing, Phetjeeja.

Berikut rangkuman dari sederet laga eksplosif yang dihelat dari Lumpinee Boxing Stadium, Bangkok, pada Jumat malam (22/12/2023).

1. Tawanchai kembali keluar sebagai Juara Dunia

Laga yang mempertemukan kedua pemilik tendangan KO terbaik Thailand itu pun berlangsung dengan alot hingga lima ronde. Baik sang penguasa divisi maupun Superbon mengerahkan seluruh tekniknya dengan taktis dari awal hingga akhir.

Hanya harus diakui, kemampuan Tawanchai di disiplin yang membesarkan namanya itu jauh lebih teruji ketimbang lawannya yang lebih aktif di kickboxing. Pada akhirnya laga harus usai di tangan ketiga juri, dan berbuah keputusan mayoritas.

Ia pun berhasil membuktikan kehebatannya atas sesama striker terbaik Thailand di kelas berat yang sama, sekaligus menegaskan posisinya sebagai penguasa divisi ONE Featherweight Muay Thai yang dominan.

2. Prajanchai KO Joseph Lasiri

Adapun fans juga mendapat kejutan dalam laga penyatuan sabuk ONE Strawweight Muay Thai di laga pendukung utama. Dengan gagah berani Prajanchai PK Saenchai sukses menjatuhkan Joseph Lasiri secara cepat dalam laga yang menyabet aksi terbaik malam itu.

Di awal, Joseph Lasiri memang tampak agresif menyerang hingga memaksa sang pemilik sabuk interim mundur ke sudut ring. Hanya dalam momen pertukaran serangan itu, Prajanchai sukses menyikut sang rival hingga dinyatakan KO di menit 1:28 ronde pertama.

Kemenangan itu pun menandai keabsahan Prajanchai sebagai Juara Dunia ONE Strawweight Muay Thai yang sahih. Ia pun mendapat bonus penampilan senilai US$ 50.000 atau setara dengan hampir 800 juta rupiah!

Baca Juga: ONE Championship Kembali Gebrak AS pada 2024, Ada 4 Event Seru!

3. Phetjeeja raih sabuk interim usai ungguli Anissa Meksen

Selain itu, laga Kejuaraan Dunia Interim ONE Women's Atomweight Kickboxing antara Phetjeeja dengan Anissa Meksen juga tak kalah alot. Terbukti, duel yang mempertemukan kedua striker perempuan terbaik di dunia itu berlangsung hingga lima ronde penuh!

Meksen yang didapuk sebagai kickboxer perempuan pound-for-pound terbaik di dunia itu memang membuktikan kelasnya lewat banyak kombinasi pukulan cepat. Namun, bombardir serangan itu nyatanya tak dapat menjatuhkan Phetjeeja yang tak kalah tangkas.

Adapun sang bintang Thailand sukses meraih poin unggul lewat permainan taktis yang mengandalkan kombinasi pukulan serta tendangan. Alhasil ketiga juri pun sepakat untuk memberi kemenangan mutlak atas Phetjeeja, sekaligus menobatkannya sebagai Ratu Interim kickboxing baru.

4. Nico Carrillo tumbangkan Nong-O Hama

Di luar tiga laga pamungkas, duel kelas bantam antara Nong-O Hama dengan Nico Carrillo juga berlangsung pecah. Gongnya pun terjadi di menit 1:28 ronde kedua, ketika sang penantang kelima teratas sukses mencuri momentum lewat serangan sikut yang meluluhlantakkan sang mantan penguasa divisi.

Nong-O memang tampak tangguh di ronde pertama, tapi nyatanya ia harus mengakui kehebatan sang bintang muda Skotlandia yang baru berumur 25 tahun. Ia pun menambah kemenangannya menjadi yang ketiga beruntun di ONE Championship, serta kesempatan kuat untuk jadi yang berikutnya dalam kontestasi perebutan sabuk emas yang dikuasai Jonathan Haggerty.

5. Hasil lengkap ONE Friday Fights 46

ONE Friday Fights 46: Tawanchai Jaga Gelar dan Lahirnya Penguasa Baru Phetjeeja ungguli Anissa Meksen via poin untuk raih sabuk interim ONE Women's Atomweight Kickboxing (dok. ONE Championship)

- Tawanchai PK Saenchai mengalahkan Superbon Singha Mawynn via keputusan mayoritas (Kejuaraan Dunia ONE Featherweight Muay Thai)
- Prajanchai PK Saenchai mengalahkan Joseph Lasiri via KO di menit 1:28 ronde pertama (Penyatuan Gelar Kejuaraan Dunia ONE Strawweight Muay Thai)
- Phetjeeja mengalahkan Anissa Meksen via keputusan mutlak (Kejuaraan Dunia Interim ONE Women's Atomweight Kickboxing)
- Nico Carrillo mengalahkan Nong-O Hama via KO di menit 1:28 ronde kedua (Muay Thai - Bantamweight)
- Seksan Or Kwanmuang mengalahkan River Daz via keputusan terbelah (Muay Thai - Catchweight 63,5 kg)
- Nabil Anane mengalahkan Muangthai PK Saenchai via keputusan mutlak (Muay Thai - Catchweight 61,69 Kg)
- Kulabdam Sor Jor Piek Uthai mengalahkan Fariyar Amanipour via KO di menit 2:51 ronde pertama (Muay Thai - Bantamweight)
- Jaosuayai Sor Dechapan mengalahkan Petsukumvit Boi Bangna via keputusan mayoritas (Muay Thai - Flyweight)
- Suablack Tor Pran49 mengalahkan Craig Coakley via KO di menit 2:15 ronde pertama (Muay Thai - Bantamweight)
- Chorfah Tor Sangtiennoi mengalahkan Eisaku Ogasawara via KO di detik 57 ronde kedua (Muay Thai - Catchweight 59,87 Kg)
- Suriyanlek Por Yenying mengalahkan Yodkritsada Sor Sommai via KO di detik 15 ronde kedua (Catchweight 59,87 kg)

6. Event pertama ONE Championship di 2024

Pada 2024, ONE Championship akan langsung membuka tahun lewat gelaran ONE Fight Night 18: Superlek vs Mahmoudi yang akan tayang pada 18 Januari 2024 di Lumpinee Boxing Stadium, Bangkok.

Selain laga Kejuaraan Dunia ONE Featherweight Kickboxing, ajang itu juga akan menghadirkan aksi keras MMA di divisi ONE Featherweight dan Bantamweight. Nama petarung top seperti Kwon Won Il, Shamil Gasanov, hingga Artem Belakh akan kembali untuk membuka tahun.

Baca Juga: 4 Tendangan Tawanchai yang Makan Korban di ONE Championship

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya