5 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tempat Balapan Pembuka Formula 1

Ada sirkuit dari Argentina

Formula 1 2024 resmi dimulai. Adu cepat mobil berjuluk jet darat itu kini bisa disaksikan para pencinta F1 di mana pun mereka berada. Sebagaimana musim-musim sebelumnya, Sirkuit Sakhir, Bahrain, menjadi tempat balapan pembuka musim ini.

Sejak 2021, Sirkuit Sakhir memang kerap menjadi tempat balapan pembuka F1. Namun, sirkuit yang resmi dibuka pada 2004 silam itu ternyata bukan satu-satunya sirkuit yang kerap memegang peran pembuka. Sebab, sejarah mencatat, ada beberapa sirkuit yang juga pernah menjadi tempat balapan pembuka F1.

Sirkuit mana saja yang menjadi sirkuit yang pernah menjadi tempat balapan pembuka Formula 1?

1. Sirkuit Silverstone menjadi tempat balapan pembuka Formula 1 1950

5 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tempat Balapan Pembuka Formula 1Sirkuit Silverstone (formula1.com)

Sirkuit Silverstone merupakan sirkuit yang terletak di Kota Silverstone, Inggris. Sirkuit ini resmi dibuka sebagai arena balap pada 1943 atau pada masa Perang Dunia II. Sirkuit ini juga merupakan sirkuit termasyur di negara berjuluk Negeri Singa tersebut.

Sirkuit Silverstone mulai menjadi tuan rumah gelaran Formula 1 pada 1950. Kala itu, sirkuit favorit Lewis Hamilton tersebut menjadi tempat balapan pembuka F1. Sirkuit Silverstone menjadi 1 dari 7 sirkuit yang mengisi kalender F1 1950.

2. Sirkuit Autodromo Argentina menjadi tempat balapan pembuka Formula 1 1954

https://www.youtube.com/embed/25kKJbOi7CA

Sirkuit Autodromo de Buenos Aires Oscar y Juan Galvez merupakan sebuah sirkuit yang terletak di Kota Buenos Aires, Argentina. Sirkuit ini dibangun pada 1952 di bawah pemerintahan Presiden Argentina ke-29, Juan Peron. Awalnya, sirkuit ini bernama Autodromo 17 de Octubre.

Tak banyak yang tahu, Sirkuit Autodromo de Buenos Aires Oscar y Juan Galvez ternyata pernah menjadi tuan rumah ajang Formula 1. Sejarah mencatat, sirkuit ini pernah menjadi tempat balapan pembuka F1 1954. Kala itu, pembalap Formula 1 asal Italia, Juan Manuel Fangio, berhasil memenangkan balapan pembuka.

Baca Juga: Serba-serbi Formula 1 GP Bahrain, Balapan Pembuka Musim 2024

3. Sirkuit Monte Carlo di Monako pernah menjadi tempat balapan pembuka Formula 1 pada 1964

5 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tempat Balapan Pembuka Formula 1Sirkuit Monte Carlo (formula1.com)

Siapa yang tak kenal dengan Sirkuit Monte Carlo? Para pencinta Formula 1 boleh jadi begitu hafal dengan wajah sirkuit tersempit di ajang Formula 1 ini. Sebab, sirkuit yang terletak di Kota Monte Carlo, Monako, tersebut kerap mewarnai gelaran F1 dari musim ke musim.

Sirkuit Monte Carlo ternyata juga pernah menjadi tempat balapan pembuka Formula 1. Sejarah mencatat, sirkuit yang terdiri dari 19 tikungan ini pernah menjadi tempat balapan pembuka F1 1964. Kala itu, balapan digelar selama seratus lap.

4. Sirkuit Jacarepagua Brasil membuka balapan Formula 1 1984

https://www.youtube.com/embed/-UmP9SZCwb4

Saat ini, sirkuit di Brasil yang kerap menjadi tuan rumah ajang Formula 1 adalah Sirkuit Interlagos yang terletak di Kota Sao Paulo. Namun, dahulu, sirkuit di Brasil yang kerap menjadi tuan rumah F1 adalah Sirkuit Jacarepagua. Sirkuit ini terletak di Kota Rio de Janeiro.

Sirkuit Jacarepagua resmi dibuka pada 1978. Sirkuit ini pernah menjadi tuan rumah Formula 1 pada 1984. Sirkuit ini menjadi tempat balapan pembuka F1 kala itu. Sirkuit Jacarepagua sendiri menjadi tempat balapan F1 selama 12 tahun sebelum akhirnya digelar di Sirkuit Interlagos.

5. Sirkuit Albert Park Australia sudah 20 kali menjadi tempat balapan pembuka Formula 1

5 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tempat Balapan Pembuka Formula 1Sirkuit Albert Park (formula1.com)

Sama dengan Sirkuit Monte Carlo, Sirkuit Albert Park juga kerap mewarnai ajang Formula 1 dari musim ke musim. Sebab, sirkuit ini menjadi tuan rumah ajang balap jet darat tersebut. Tak ayal jika Sirkuit Albert Park membekas di ingatan para pencinta F1.

Sirkuit Albert Park mulai menjadi tuan rumah Formula 1 pada 1996. Kala itu, sirkuit yang terletak di Kota Melbourne, Australia, tersebut menjadi tempat balapan pembuka. Pembalap F1 asal Inggris, Damon Hill, berhasil memenangi balapan pembuka bersama Williams Renault. Hingga kini, Sirkuit Albert Park telah menjadi tuan rumah F1 sebanyak 25 kali. Sebanyak 20 di antaranya merupakan balapan pembuka.

Selain lima sirkuit di atas, Sirkuit Red Bull Ring, Austria, sebetulnya juga pernah menjadi tempat balapan pembuka Formula 1. Pada 2020, sirkuit yang seharusnya menjadi tempat balapan pembuka sebenarnya Sirkuit Albert Park. Namun, pandemik COVID 19 membuat balapan pembuka F1 yang seharusnya digelar pada Maret 2020 harus ditunda. Alhasil, balapan pembuka kala itu baru digelar di Sirkuit Red Bull Ring pada Juli 2020.

Baca Juga: Max Verstappen Sukses Raih Kemenangan di Formula 1 GP Bahrain 2024

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya