Transformasi Pramac Racing Usai Menggaet Sponsor Prima Assicurazione  

Bongkar pasang sponsor utama Pramac Racing

Pramac Racing merupakan loyalis pabrikan Ducati. Mereka telah menjalin kerja sama sejak 2005.

Pramac sendiri terus berkembang. Mereka memperkenalkan sponsor utama, Prima Assicurazione, dengan kesepakatan kontrak 3 tahun menjelang MotoGP di Sirkuit Mugello, Italia, pada 27—29 Mei 2022.

Tim juga memperkenalkan livery terbaru untuk mengarungi sisa musim MotoGP 2022 bersama dua pembalap ternama, Johann Zarco dan Jorge Martin. Mereka tengah bersiap untuk kembali mengaspal di Italia.

1. Dua musim perdana bersama Honda 

Transformasi Pramac Racing Usai Menggaet Sponsor Prima Assicurazione  Tetsuya Harada (dok. motogp/pramac racing)

Pramac Racing turut meramaikan peta persaingan MotoGP sejak 2002. Mereka mengawali kiprah bersama pembalapnya, Tetsuya Harada, dengan motor NSR500.

Selama 2 tahun pertama, Pramac bekerja sama dengan Honda di bawah naungan tim Pramac Honda Racing. Setelah Harada, Makoto Tamada menjadi pembalap Pramac pada 2003.

2. Loyalis Ducati sejak 2005

Transformasi Pramac Racing Usai Menggaet Sponsor Prima Assicurazione  tim Pramac Racing (instagram.com/pramacracing)

Pramac menjalin kerja sama dengan pabrikan Ducati sejak 2005. Mereka tidak pernah berpindah pabrikan dan memilih menjadi loyalis tim Borgo Panigale. 

Komposisi pembalap terus berubah hampir setiap musim. Dilansir situs resmi Pramac Racing, sudah ada dua puluh pembalap yang pernah berseragam Pramac. Mereka di antaranya Roberto Rolfo, Alex Hofmann, Jose Luis Cardoso, Alex Barros, Sylvain Guintolo, Toni Elias, dan Mika Kallio. 

Ada pula Aleix Espargaro, Loris Capirossi, Randy de Puniet, Hector Barbera, Andrea Iannone, Ben Spies, Yonny Hernandez, Danilo Petrucci, dan Scott Redding. Belum lagi Jack Miller, Francesco Bagnaia, Johann Zarco, dan Jorge Martin yang masih aktif di MotoGP saat ini.

Baca Juga: Jack Miller Tak Masalah jika Harus Kembali Perkuat Pramac Racing Lagi

3. Octo Pramac Yakhnich 

Transformasi Pramac Racing Usai Menggaet Sponsor Prima Assicurazione  Danillo Petrucci (instagram.com/pramacracing)

Pada 2015, tim Pramac bekerja sama dengan Octo Telematics. Tiga tahun menjalankan proyek bersama, mereka berhasil menyabet gelar tim independen terbaik pada tahun itu. 

Saat bersama Octo, Pramac mengandalkan Danillo Petrucci dan Yonny Hernandez (2015). Petrucci kemudian bertandem dengan Scott Redding pada 2 tahun berikutnya.

4. Alma Pramac Racing 

Transformasi Pramac Racing Usai Menggaet Sponsor Prima Assicurazione  Francesco Bagnaia dan Jack Miller (instagram.com/pramacracing)

Setelah bersama Octo, Pramac mendapat sokongan dana dari Alma. Pembalapnya adalah Jack Miller dan Danillo Petrucci. Pada 2018, mereka tampil trengginas. Pembalapnya kerap mengganggu grup terdepan hampir pada setiap balapan. 

Posisi terbaik musim itu adalah urutan kedua saat GP Prancis. Podium diraih Danillo Petrucci. Pada akhir musim, ia berada di urutan ke-8 dengan total 144 poin. Sementara, Jack Miller bercokol di urutan ke-13 dengan 91 poin. Pramac berhasil menyabet gelar tim independen terbaik musim 2018. 

Pada 2019, posisi Danillo Petrucci diganti Francesco Bagnaia. Hingga akhir musim 2020, Francesco Bagnaia dan Jack Miller berbagi garasi.

Kerja sama dengan Alma hanya berjalan sebentar. Alma tersangkut kasus penggelapan pajak. Dilansir Speedweek, Bos Alma, Luigi Scavone, ditangkap saat hendak pergi ke Dubai.

5. Asa baru bersama Prima Assicurazione 

Transformasi Pramac Racing Usai Menggaet Sponsor Prima Assicurazione  livery tim Prima Pramac Racing (instagram.com/pramacracing)

Pramac Racing meraih tim independen terbaik 2021 bersama dua pembalapnya, Jorge Martin dan Johann Zarco. Kedua pembalap itu finis di urutan sepuluh besar klasemen akhir pembalap.

Zarco finis di urutan ke-5 dan Martin di urutan ke-9. Martin juga mampu meraih gelar Rookie of the Year 2021.

Pramac mengumumkan kabar baik menjelang seri kedelapan MotoGP di Sirkuit Mugello, Italia. Mereka kembali menggandeng sponsor utama, Prima Assicurazione, yang bergerak di bidang asuransi mobil, sepeda motor, rumah, dan keluarga. Kerja sama itu akan berjalan hingga 3 tahun ke depan. 

Paolo Campinoti menyambut baik kerja sama itu. Ia berterima kasih kepada George Ottathycal, CEO Prima Assicurazione. Campinoti mengatakan, selama kerja sama, mereka akan bertransformasi menjadi Prima Pramac Racing.

“Hari ini kami memulai babak baru dalam sejarah Pramac Racing. Saya bangga mengumumkan kolaborasi antara Prama Racing dan Prima Assicurazione. Kami akan membawa warna ungu dalam cerita kami,” kata Campinoti dikutip Speedweek

Sokongan dana tentu memberi angin segar bagi Pramac Racing. Seiring dengan proyek kolaborasi itu, mereka mengubah warna livery dengan membubuhkan warna ungu di atas motornya. Dengan semangat baru, mampukah Johann Zarco dan Jorge Martin meraih kejayaan musim ini? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Ducati Tak Ingin Kehilangan Jorge Martin dan Enea Bastianini

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya