Mengenang Duel Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di Catalunya, Ikonik!

Salah satu duel yang melegenda

Terminologi rekan setim bisa begitu menyesatkan di MotoGP, apalagi jika istilah ini disematkan pada Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Dua pembalap legenda yang sempat memperkuat tim pabrikan Yamaha ini sejatinya adalah musuh bebuyutan.

Bagaimana tidak, dengan motor dan materi balap yang serupa, mereka sama-sama punya kans jadi yang terbaik. Keduanya pun punya talenta balap yang mumpuni. Rossi punya kelebihan karena ia lebih berpengalaman. Meski begitu, Lorenzo lebih muda sehingga lebih agresif dan tak kenal takut.

Persaingan sudah terjadi sejak 2007, musim pertama Lorenzo bergabung dengan pabrikan Iwata. Setiap musim, persaingan makin memanas. Duel-duel menegangkan di atas lintasan sering terjadi.

1. Sirkuit Catalunya jadi saksi bisu duel ikonik Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi

Mengenang Duel Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di Catalunya, Ikonik!potret Valentino Rossi (motogp.com)

Salah satu duel yang paling ikonik adalah pertarungan di Sirkuit Catalunya musim 2009. Di lintasan sepanjang 4,7 km ini, Rossi dan Lorenzo saling menunjukkan kualitasnya. Balapan dimulai dengan Lorenzo yang menempati pole position. Rossi mengekor tepat di urutan ke-2.

Pada setiap putaran, keduanya bersaing dengan ganas. Namun, duel yang melegenda baru terjadi pada putaran terakhir di tikungan penghabisan. Pada lap terakhir tersebut, Lorenzo sudah nyaman berada di posisi terdepan. Ia terlihat bakal memenangi balapan.

Sayangnya, Rossi membuntuti Lorenzo dengan ketat. Ketika menuju tikungan terakhir, Rossi mengeluarkan elemen kejutan sehingga bisa menyalip Lorenzo. Sampai saat ini, Lorenzo masih terpukau dengan manuver Rossi tersebut.

“Aku menjauh lagi di lintasan lurus dan menutup jarak, tetapi hal yang sama terjadi. Duel itu terjadi di putaran terakhir. Aku mencoba menutup semua celah di semua tikungan. Namun, Valentino terlalu cepat. Sulit dipercaya,” kenang Lorenzo dikutip Crash.

2. Lorenzo mengakui kehebatan The Doctor

Mengenang Duel Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di Catalunya, Ikonik!potret Valentino Rossi (motogp.com)

Rossi menang dengan puas di Sirkuit Catalunya. Bagi Rossi, ini adalah salah satu kemenangan terbaiknya di MotoGP. Lorenzo pun pada akhirnya mengakui kedigdayaan The Doctor di lintasan yang merupakan homerace-nya.

“Rossi membuat hal yang tak mungkin menjadi mungkin,” ungkap pembalap berjuluk X-Fuera tersebut seperti dilansir Crash.

3. Duel di Catalunya jadi pertarungan ikonik di MotoGP

Mengenang Duel Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di Catalunya, Ikonik!Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (motogp.com)

Rossi mengalahkan Lorenzo dengan jarak hanya 0,095 detik. Selisih yang tipis menunjukkan ketatnya persaingan sepanjang balapan. Tak heran duel di Sirkuit Catalunya tersebut tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pertarungan terbaik di kelas premier.

“Bahkan, meskipun aku kalah dalam balapan itu, aku pikir itu adalah salah satu pertarungan paling spektakuler dalam sejarah MotoGP,” kata Lorenzo.

Pada akhir musim, Valentino Rossi mengalahkan Jorge Lorenzo dalam perebutan gelar juara dunia. Lorenzo dan Rossi sama-sama pembalap hebat di Yamaha. Selama menjadi rekan setim, perolehan gelar mereka berimbang. Lorenzo merebut gelar juara dunia musim 2010 dan 2015. Sementara itu, Rossi menjadi juara dunia musim 2008 dan 2009.

Baca Juga: Valentino Rossi Ingin Franco Morbidelli Bergabung ke Pramac Ducati

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya