Bagnaia Harus Finis 4 Besar di Valencia agar Jadi Juara MotoGP 2023

Bagnaia tak perlu ngotot di Valencia nanti

Jakarta, IDN Times - Francesco Bagnaia sedang berada di ambang gelar juara MotoGP 2023. Sekarang, ada satu tugas lagi yang harus dia selesaikan, yakni minimal finis empat besar di GP Valencia.

Bagnaia sejatinya punya potensi besar untuk mengunci gelar di Qatar. Namun, performa buruknya di sprint race membuat selisih poinnya dengan Jorge Martin masih berada dalam jangkauan, meski finis kedua di sesi balapan.

Alhasil, gelar pun harus ditentukan di seri terakhir, yakni Valencia. Kemudian, agar gelar itu bisa terkunci, maka Bagnaia harus finis empat besar.

Baca Juga: Saran agar MotoGP Ramai: Ada Transfer, Promosi Degradasi

1. Martin masih memiliki peluang untuk menyalip

Bagnaia Harus Finis 4 Besar di Valencia agar Jadi Juara MotoGP 2023Jorge Martin pada GP Australia 2022 (motogp.com)

Saat ini, ada 37 poin maksimal yang tersedia di seri Valencia dari sesi sprint race dan sesi balapan. Dengan raihan poin sebesar ini, Martin tetap punya peluang untuk mengejar Bagnaia, jika dia memenangi sesi sprint race dan sesi balapan.

Dalam sesi sprint race di Qatar, Martin sejatinya tampil apik dan sukses finis di posisi pertama. Sayang, di sesi balapan ban motornya bermasalah sehingga dia harus finis di posisi ke-10.

Baca Juga: Hasil MotoGP Qatar: Bagnaia Jaga Asa Juara, Martin Tercecer

2. Bagnaia cukup finis keempat

Bagnaia Harus Finis 4 Besar di Valencia agar Jadi Juara MotoGP 2023Francesco Bagnaia (visordown.com)

Meski akhirnya Martin juara sprint race dan sesi balapan di Valencia, Bagnaia tak perlu risau. Dia tak harus finis kedua atau ketiga di sprint race dan sesi balapan supaya bisa menjadi juara. Bagnaia cukup finis keempat di sprint race dan sesi balapan.

Dengan finis keempat, raihan poin Bagnaia akan tetap unggul dari Martin. Bekal selisih poin dari hasil di Qatar akan terasa oleh pembalap asal Italia tersebut. 

Baca Juga: Francesco Bagnaia Mewaspadai Kondisi Cuaca saat MotoGP Valencia 2023

3. Bagnaia dan Martin berselisih 21 poin

Bagnaia Harus Finis 4 Besar di Valencia agar Jadi Juara MotoGP 2023Francesco Bagnaia dan Jorge Martin (motogp.com)

Saat ini, Bagnaia dan Martin berselisih 21 poin di klasemen sementara pembalap MotoGP. Dengan begini, masih banyak potensi yang bisa terjadi karena belum ada jarak jauh antara kedua pembalap.

Bagnaia masih diunggulkan dalam perburuan gelar juara MotoGP 2023 ini, apalagi dia berbekal pengalaman juara musim lalu. Akan tetapi, menilik performa Martin, dia masih bisa mengejar kompatriotnya itu.

Baca Juga: Perasaan Marquez yang Campur Aduk Jelang MotoGP Valencia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya