DPR Nilai Ada Potensi ANOC World Beach Games 2023 Batal

Ada preseden dari batalnya Piala Dunia U-20

Jakarta, IDN Times - Ekses dari batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, dikhawatirkan memberikan pengaruh bagi ajang-ajang internasional lain. Terdekat, ada ajang ANOC World Beach Games 2023 yang jadi perhatian bagi DPR.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, berkata bahwa ada potensi ANOC World Beach Games 2023 yang akan dihelat di Bali, dibatalkan. Alhasil, pada Selasa, April 2023, DPR akan memanggil KOI untuk membahas hal ini.

"Terkait KOI, sebentar lagi mereka akan menyelenggarakan World Beach Games, yang kira-kira suasanannya berpotensi gagal juga melihat suasana begini. Karena mau tidak mau terkait Pemda Bali," ujar Huda di kantor DPP PKB, Senin (3/4/2023).

1. DPR percaya pada kemampuan KOI

DPR Nilai Ada Potensi ANOC World Beach Games 2023 BatalTangkapan layar Ketua NOC, Raja Sapta Oktohari saat melakukan konferensi pers. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Meski ada potensi ANOC World Beach Games 2023 batal, Huda percaya pada kemampuan diplomasi KOI. Hal itu terbukti dari lancarnya acara-acara macam sepeda, lari, dan bulu tangkis, kendati ada atlet Israel di situ.

"Selama ini KOI relatif bisa mensiasati dari beberapa event mulai sepeda, lari, bulu tangkis, lolos dengan berbagai skema yang dilakukan oleh KOI. Saya berharap semoga tak ada imbas (dari Piala Dunia U-20)," tutur Huda.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal, KOI Berharap ANOC World Beach Games 2023 Aman

2. KOI berharap tak ada preseden buruk

DPR Nilai Ada Potensi ANOC World Beach Games 2023 BatalKetua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari (Dok.IDN Times/Humas NOC Indonesia)

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari berharap preseden buruk yang dialami Indonesia termasuk PSSI yang gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, tidak berdampak negatif terhadap berbagai event olahraga internasional lain.

"“Semoga preseden yang terjadi di Piala Dunia U20 sepakbola ini tidak terjadi pada event-event lain,” ujar Okto di Jakarta, Senin (3/4/2023).

3. DPR akan panggil PSSI dan KOI

DPR Nilai Ada Potensi ANOC World Beach Games 2023 BatalGedung DPR RI (IDN Times/Kevin Handoko)

Merunut rencana, DPR akan mengundang KOI untuk rapat pada Selasa (4/4/2023) pukul 19.00 WIB. Tidak cuma diikuti KOI, nantinya rapat ini juga akan diikuti PSSI. Rapat ini akan membahas banyak hal.

Setelah Indonesia dicoret dari tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, preseden terhadap Israel pun mulai muncul. Apalagi, dalam ANOC World Beach Games 2023 nanti, akan ada atlet Israel yang turun gelanggang.

Baca Juga: DPR: Saya Rasa Sih Pasti Indonesia Dapat Sanksi dari FIFA

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya