Comscore Tracker

Gubernur Cup Road Race, Upaya Kalteng Sambut MTB World Cup 2022

Kalteng bersiap untuk MTB World Cup 2022

Jakarta, IDN Times - Kalimantan Tengah (Kalteng) bersiap untuk menyambut ajang UCI MTB Eliminator World Cup 2022, atau Piala Dunia Balap Sepeda. Salah satu persiapan itu adalah dengan menggelar ajang Gubernur Cup Road Race 2022.

Gubernur Cup Road Race 2022 dibuka langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Moeldoko, di Palangkaraya, Sabtu (20/8/2022). Turut hadir dalam ajang itu Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran.

"Hari ini kami melakukan salah satu persiapan untuk menghadapi UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangkaraya, 28 Agustus 2022. Ada 121 pembalap nasional yang ikut serta di ajang road race ini," ujar Sugianto saat diwawancarai, Sabtu (20/8/2022).

1. Ada lima nomor yang dilombakan

Gubernur Cup Road Race, Upaya Kalteng Sambut MTB World Cup 2022Gubernur Cup Road Race 2022. (Dok. Istimewa)

Ajang Gubernur Cup Road Race 2022 ini dibuka dengan ajang fun bike, yang melibatkan ratusan pembalap nasional. Para pembalap nasional ini juga terlibat dalam lomba di lima nomor, yakni Men Junior, Women 17 UP, Men Elite, Master A, dan Master B.

Sugianto mengaku senang, ajang Gubernur Cup Road Race 2022 ini bisa berlangsung tanpa hambatan. Selain itu, road race ini jadi bentuk apresiasi bagi para pembalap Indonesia yang sedang berlatih di Kalteng, untuk menyambut MTB World Cup 2022.

"Akan ada 18 atlet Indonesia yang bertarung di MTB Eliminator World Cup 2022. Kami gelar road race ini sebagai bentuk apresiasi yang di mana atlet-atlet kita sudah lebih dulu berada di sini," ujar Sugianto.

Baca Juga: ISSI: Banyuwangi Layak Disebut Sentra Balap Sepeda

2. Upaya memperkenalkan Kalteng dan Palangkaraya

Gubernur Cup Road Race, Upaya Kalteng Sambut MTB World Cup 2022Gubernur Cup Road Race 2022. (Dok. Istimewa)

Sugianto mengungkapkan, Gubernur Cup Road Race 2022 dan MTB Eliminator World Cup 2022 ini jadi momen bagi Kalteng dan Palangkaraya untuk mempromosikan diri.

Dia pun berharap, ajang-ajang ini akan membawa dampak positif bagi tuan rumah. 

"Maka dari itu kami sangat bersyukur apabila orang sudah mengenal Kalteng khususnya Kota Palangkaraya diharapkan dapat memberikan dampak positif pada bidang ekonomi, khususnya bagi masyarakat bawah seperti pedagang-pedagang kecil," ujar Sugianto.

3. Kalteng siap sambut MTB Eliminator World Cup 2022

Gubernur Cup Road Race, Upaya Kalteng Sambut MTB World Cup 2022Gubernur Cup Road Race 2022. (Dok. Istimewa)

Lebih lanjut, Sugianto mengungkapkan bahwa Kalteng sudah siap menjadi tuan rumah MTB Eliminator World Cup 2022 nanti. Ajang ini rencananya akan diikuti oleh 32 negara, dan Kalteng sendiri masuk di seri kedelapan.

"Sampai hari ini, 90 persen sudah siap baik itu segi sirkuit dan juga persiapan lainnya. Kami menyambutnya sangat teliti sekali sampai hal-hal kecil mulai dari toilet, kami perhatikan. Nanti tanggal 24 Agustus, persiapan untuk MTB Eliminator World Cup 2022 sudah 100 persen," ujar Sugianto.

Baca Juga: TerasCAF 2, Balap Sepeda Downhill Individu Berlangsung di Teras Merapi

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya