Hasil MotoGP Australia 2022: Alex Rins Sukses Bikin Kejutan

Marc Marquez tampil apil dan finish di peringkat dua

Jakarta, IDN Times - MotoGP Australia rupanya menghadirkan kejutan yang tak terduga. Pembalap Suzuki, Alex Rins, berhasil mengunci posisi pertama dalam balapan yang dihelat di Phillip Island, Minggu (16/10/2022) siang.

Rins sukses mengungguli Marc Marquez dan Francesco Bagnaia, dalam sebuah pertarungan ketat di lap-lap terakhir. Marquez harus puas berada di posisi kedua, sedangkan Bagnaia finish di posisi ketiga.

1. Rins menggebrak kendati start dari posisi ke-10

Memulai balapan dari posisi 10 tak menjadikan Alex Rins minder. Memang, di awal-awal balapan, dia sempat kesulitan. Namun, seiring banyaknya insiden yang terjadi di posisin 10 besar, dia perlahan-lahan mulai merangkak.

Rins sempat mengungguli Bagnaia, Marquez, dan juga Jorge Martin yang memimpin sepanjang balapan. Namun, jelang balapan tuntas, dia melakukan manuver apik yang sukses membuat Marquez dan Bagnaia tersusul.

Alhasil, sosok asal Spanyol itu sukses keluar sebagai pemenang. Kemenangan ini pun jadi kemenangan perdana Rins di musim 2022, sekaligus penutup manis bagi Suzuki di Phillip Island.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2022: Jorge Martin Ditempel Marquez

2. Miller dan Quartararo terjatuh

Ketika Rins berbahagia, Jack Miller dan Fabio Quartararo justru sengsara. Mereka sejatinya punya potensi besar untuk finis di posisi atas. Sepanjang balapan, mereka juga melakukan manuver-manuver ciamik.

Namun, pada akhirnya, Quartararo dan Miller harus terjatuh. Miller tumbang lantaran terlibat insiden dengan Alex Marquez di tikungan empat, sedangkan Quartararo tumbang karena dia terjatuh di tikungan dua. Keduanya gagal mendulang poin.

Khusus bagi Quartararo, kejatuhannya ini jadi sebuah petaka. Sebab, dia gagal menorehkan poin, ketika Bagnaia, Enea Bastianini, hingga Aleix Espargaro sukses meraih poin di MotoGP Australia ini.

3. Marc Marquez juga ciamik

Jangan lupakan juga aksi ciamik Marc Marquez di balapan kali ini. Setelah tampil apik di Motegi dan Buriram, sosok asal Spanyol itu sukses mengunci posisi kedua, dan kembali masuk podium.

Buah dari hasil MotoGP Australia ini, Bagnaia pun naik sebagai pemuncak klasemen sementara pembalap, menyusul Quartararo. Alex Rins pun sukses merangkak ke posisi 10 besar klasemen semenatara.

Baca Juga: Marc Marquez Bersuara Soal Buruknya Honda di MotoGP 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya