Indonesia Ditawari Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Sebuah tawaran untuk menggelar ajang kelas dunia hadir lagi bagi Indonesia. Merah Putih ditawari oleh Federasi Senam Internasional (FIG) untuk jadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025 mendatang.

"Saya sudah bicara dengan Menpora Dito dan saya mengajukan ke Dito, Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025. Ya, Indonesia menjadi tuan rumah," ujar Presiden FIG, Morinari Watanabe di BSD City, Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga: Miris, Atlet Senam Sumut Berlatih dengan Alat Usang dan Gedung Bocor

1. Menpora Dito menyambut baik tawaran ini

Indonesia Ditawari Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025Pembukaan Parkour Asian Tour 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Mendapatkan tawaran menarik ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pun langsung mengucapkan terima kasih kepada FIG. Akan tetapi, dia berkata bahwa dia tetap harus menyampaikan ini pada Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

"Terima kasih ayas tawarannya, tapi saya tetap harus menyampaikan ini ke Pak Jokowi. Namun, komitmen kamk, kami akan coba proses tawaran ini dan berkolaborasi dengan Persani untuk nanti ikut bidding Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025," kata Dito.

Baca Juga: Meiyusi Sabet Emas Senam Artistik PON, Jelang Tanding Sempat Tertekan

2. Sebuah kebanggaan bagi Indonesia

Indonesia Ditawari Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025Pembukaan Parkour Asian Tour 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani) Ita Yuliati mengaku bangga atas tawaran FIG menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025. Ita mengaku Persani pun bakal mempersiapkan diri menyambut ajang ini.

"Ini bagian dari tujuan pak Jokowi yang ingin semakin banyak Kejuaraan Dunia di Indoensia, dengan adanya ajang ini tentu kita bersiap, tidak cuma atlet, tapi juga sarana dan prasarana. Tanpa dua hal itu, tak akan ada Kejuaraan Dunia di sini," kata Ita.

3. NOC Indonesia siap memberi dukungan

Indonesia Ditawari Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025Pembukaan Parkour Asian Tour 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Wakil Ketua Umum NOC Indonesia, Ismail Ning, menyebut tawaran dari FIG menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025 ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar. Dukungan pun siap diberikan NOC Indonesia.

"Penawaran ini (jadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025) juga jadi pemicu bagi kita untuk mendukung perkembangan senam di Indonesia. Hal ini juga jadi cerminan bahwa Indonesia adalah negara yang besar," ujar Ismail.

Baca Juga: 10 Fakta Callista Arum, Aktris Muda Mantan Atlet Senam Artistik

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya