Indonesia Siapkan 2 Opsi untuk Kontingen di SEA Games 2023

Indonesia bersiap untuk SEA Games 2023

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan dua opsi kontingen untuk gelaran SEA Games 2023. Opsi ini nanti akan dia laporkan ke Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

"Sudah ada dua opsi yang akan kami laporkan ke pimpinan (Presiden). Sebelum berangkat akan kami diskusikan sebelum nanti diumumkan mengenai nama-nama kontingennya. Minggu ini kita kejar," ujar Dito di Kemenpora, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Menpora Dito Lega Indonesia Cuma Dapat Sanksi Ringan FIFA

1. Tak akan ada pengurangan jumlah kontingen

Indonesia Siapkan 2 Opsi untuk Kontingen di SEA Games 2023Menpora RI, Dito Ariotedjo di kantor Kemenpora RI, Senin (3/4/2023). (IDN Times/Tino Satrio)

Dito juga berkata, tak akan ada pengurangan jumlah kontingen di SEA Games 2023 nanti. Apalagi, ada 39 medali emas yang didapat Indonesia di Vietnam, yang tidak akan dipertandingkan di Kamboja sekarang.

"Kalau lebih kecil dari sebelumnya sepertinya tidak memungkinkan karena ini harus di-share dari sekarang ya. Kita juga harus tahu waktu di Hanoi ada 39 medali emas yang tidak dipertandingkan di Kamboja," ujar Dito.

Baca Juga: Penghormatan Junior Buat Syabda Belawa di SEA Games 2023

2. Peninjauan kontingen sudah dilakukan dengan efektif

Indonesia Siapkan 2 Opsi untuk Kontingen di SEA Games 2023Dito Ariotedjo sudah sertijab Menpora RI, Selasa (4/4/2023). (IDN Times/Tino)

Dito juga menjanjikan, proses peninjauan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 sudah dilakukan secara efektif. Namun, diprediksi Indonesia akan lebih banyak menurunkan cabor-cabor grup di ajang ini.

"Jadi kami sudah menghitung reviewnya sangat ketat yang pasti ini efektif dan efisien. Cuma memang kami akan lebih banyak di cabor grup ketimbang individu," ujar Dito.

Baca Juga: Menpora Dito Akan Ajukan Program LPDP demi Masa Depan Atlet

3. Menpora yakin Indonesia berprestasi di SEA Games 2023

Indonesia Siapkan 2 Opsi untuk Kontingen di SEA Games 2023Menpora Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Menpora Dito yakin tim Indonesia yang turun di SEA Games 2023 Kamboja akan meraih prestasi. Oleh karenanya, diharapkan seluruh atlet yang mentas agar dapat mengeluarkan seluruh kemampuan demi mendapatkan medali emas sebanyak-banyaknya.

"Kita tentu berharap tim Indonesia di SEA Games 2023 nanti bisa berprestasi. Makanya kita fokus. Selanjutnya juga ada beberapa event di Indonesia seperti Piala Dunia Basket 2023 dan World Beach Games 2023," jelas Menpora Dito.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya