Jelang SEA Games 2023, Tim Polo Air Indonesia Juara di Eropa

Tim polo air putra Indonesia ciamik di Serbia

Jakarta, IDN Times - Tim polo air putra Indonesia berhasil keluar sebagai juara dalam turnamen di Eropa. Di babak final turnamen VAT Cup 2023, tim Indonesia mengalahkan klub asal Serbia, VK Beograd dengan skor 12-11, Minggu (24/4/2023).

Pelatih Tim polo air putra Indonesia, Nikola Milosavlejic berharap try out ini sebagai modal akhir sebelum mempertahankan medali emas SEA Games 2023 Kamboja, Mei 2023.

"Setelah berlatih lebih dari dua pekan, tim kami diuji dalam sebuah turnamen, untuk melihat kemajuan sebagai satu kesatuan tim, serta bagaimana nanti tim menghadapi lawan dan tekanan," ujar Milosavlejic dalam keterangan resminya.

1. Sudah berlatih sejak 4 April 2023

Jelang SEA Games 2023, Tim Polo Air Indonesia Juara di Eropa(Ilustrasi) Uji coba Venue Aquatic PON XX Papua oleh tim polo air putra DKI Jakarta. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Tim polo air putra Indonesia sendiri sudah berlatih di Serbia sejak 4 April 2023. Di akhir uji coba ke Serbia, tim Indonesia mengikuti turnamen yang diikuti klub-klub papan atas Serbia bertajuk VAT Cup 2023.

Di babak penyisihan, Indonesia tergabung di Grup B bersama VK Singidunum (Rangking 7, 2nd Division Serbia League) dan Klub VK Palilua (Rangking 5, 2nd Division Serbia League).

Sedangkan Grup A, dihuni VK Beograd (Rangking 4 1st Division Serbian League), VK Tas (Champion Serbia 1st Division League) dan VK Crvena Zveda (1/8 finalis Euro Cup).

Baca Juga: Ini 20 Pemain Timnas U-22 untuk SEA Games 2023

2. Indonesia tampil apik sejak penyisihan

Jelang SEA Games 2023, Tim Polo Air Indonesia Juara di EropaUji coba Venue Aquatic oleh Tim Polo Air putri Papua. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Di babak penyisihan, Ridjkie Mulia dan kawan-kawan mampu memetik dua kemenangan atas VK Palilula dengan skor 19-6. Di laga kedua, Indonesia juga sukses menang atas VK Singidunum dengan skor 19-4.

Di babak final, mempertemukan juara Grup B Indonesia melawan juara Grup A, VK Beograd. Babak final berlangsung cukup sengit juga disaksikan Dubes Indonesia untuk Serbia, Mochamad Chandra Widya Yudha.

3. Indonesia bertarung ketat di babak final

Jelang SEA Games 2023, Tim Polo Air Indonesia Juara di EropaTim polo air Indonesia di Eropa. (Dok. NOC Indonesia)

Di babak pertama, indonesia unggul 4-3. Namun di babak kedua kalah 3-4 dan skor imbang 7-7. Babak ketiga masih jadi milik Indonesia. Di babak akhir kedua tim sama-sama mencetak tiga gol dan hasil akhir Indonesia menang atas VK Beograd 12-11.

Pemain Indonesia yang mencetak gol adalah Ridjkie Mulia (5 gol), diikuti Brandley Legawa dan Yusuf Budiman yang sama-sama menyumbang dua gol, serta tiga pemain mencetak satu gol yakni Reza Auditya, Ahmad Fauzy, Hizkia Bima.

"Lewat turnamen ini, ada beberapa hal yang harus dievaluasi tim polo air putra Indonesia. Semoga ini jadi modal berharga jelang tampil di SEA Games 2023 Kamboja," papar Milosavlejic.

Baca Juga: Timnas U-22 ke Kamboja Besok, Tancap Gas buat SEA Games 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya