Kemenpora Kerja Sama dengan GSIC, demi Kemajuan Olahraga Indonesia

Apa bentuk kerja sama Kemenpora dan GSIC?

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Global Sports Innovation Center (GSIC). Kerja sama bertujuan untuk memajukan olahraga Indonesia.

Penandatangan MoU itu dilakukan di Gedung Kemenpora pada Senin (12/6/2023) pagi. Kemenpora diwakili Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, sedangkan GSIC diwakili General Manager Iris Cordoba.

"Kita telah menjalin kerja sama perdana internasional antara Kemenpora dengan GSIC yang dimiliki oleh Microsoft dunia. Jadi mereka datang langsung dari Microsoft untuk pengembangann sports industry dan sports science di Indonesia," ujar Dito dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Dukung Piala Dunia Basket 2023, Kemenpora Kucurkan Rp135 Miliar

1. Olahraga Indonesia bisa mendunia

Kemenpora Kerja Sama dengan GSIC, demi Kemajuan Olahraga IndonesiaMenpora dan tim baseball putri Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dito berkata, dengan adanya kerja sama ini, Dito berharap cabang olahraga Indonesia bisa mendunia. Selain penerapan sport science, kerja sama dengan GISC ini diharapkan bisa juga membangkitkan olahraga sebagai industri di Indonesia.

"Kita berharap dengan keterlibatan sports science maka cabor kita ini untuk target dunianya semakin tercapai termasuk juga di sektor pengembangan sports industry," kata Dito.

Baca Juga: Tok! Komisi X DPR Setujui Pagu Anggaran Kemenpora 2023 Hingga Rp2 T

2. Indonesia punya modal apik

Kemenpora Kerja Sama dengan GSIC, demi Kemajuan Olahraga IndonesiaMenpora lepas kontingen ASEAN Paragames 2023. (Dok. Kemenpora)

Dito berkata Indonesia punya modal apik untuk menumbuhkan sports science dan sport industry. Indonesia memiliki wilayah yang luas dan juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang melimpah di bidang olahraga.

"Indonesia memiliki wilayah yang luas dan juga memiliki SDM yang sangat banyak serta fasilitas olahraganya juga banyak maka ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan sports industry dan juga di sektor ekonominya," kata Dito.

Baca Juga: 7 Potret Mikha Tambayong Jadi Tenaga Ahli di Kemenpora, Keren!

3. Bentuk kerja sama Kemenpora dan GSIC

Kemenpora Kerja Sama dengan GSIC, demi Kemajuan Olahraga IndonesiaMenpora RI saat meninjau Lab Sport Science Unesa, Rabu (16/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

GSIC berfokus untuk membawa teknologi terbaru ke semua bidang industri olahraga. Nah, tujuan dari kerjasama ini adalah membangun industri dan inovasi olahraga di Indonesia dengan berfokus pada bidang pendidikan, inovasi, dan transformasi.

Lingkup kerjasama yang disepakati Kemenpora dan GSIC melingkupi beberapa aspek, seperti pengembangan industri olahraga Indonesia melalui program pendidikan, serta digitalisasi olahraga Indonesia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya