Kiki Ucup Pestapora Digaet Menpora, Ada Apa Nih saat Sumpah Pemuda?

Ucup Pestapora terlibat dalam Hari Sumpah Pemuda

Jakarta, IDN Times - Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda ke-95 yang dihelat Kemenpora di Monumen Nasional (Monas), 28 Oktober 2023 mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menggandeng Rizky 'Ucup Pestapora' Aulia.

Ucup adalah salah satu sosok yang berkontribusi menggelar ajang Pestapora, ajang musik di kawasan Gambir Expo dan JIExpo Kemayoran selama tiga hari pada September. Ajang ini menghadirkan hampir 100 ribu orang.

"Saya pun mengajak sekaligus menunjuk Rizky Aulia yang dikenal dengan sebutan Ucup Pestapora sebagai wakil ketua panitia pelaksana Hari Sumpah Pemuda ke-95 untuk kita berkolaborasi, lebih menyukseskan, menggetarkan serta menggerakkan animo anak muda," kata Dito, Selasa (17/10/2023).

1. Alasan Hari Sumpah Pemuda digelar di Monas

Kiki Ucup Pestapora Digaet Menpora, Ada Apa Nih saat Sumpah Pemuda?Monumen Nasional, Jakarta (wikimedia.org)

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 2023 ini akan berpusat di Monumen Nasional (Monas), dengan panggung-panggung yang bernuansa Ibu Kota Nusantara dengan tema Bersama Bangun Indonesia. Ada alasan tersendiri kenapa Monas dipilih.

Dipilihnya Monas dalam peringatan Hari Sumpar Pemuda ke-95 ini sebagai simbol semangat untuk meraih kejayaan emas menuju 2045 Indonesia Maju, sehingga dapat dipahami makna dari Perpres Nomor 43 Tahun 2022 itu adalah kolaborasi.

Baca Juga: Gelar Festival Pemuda Indonesia, Kemenpora Gaet Otaknya Pestapora!

2. Kemenpora sudah gelar Festival Pemuda Indonesia

Kiki Ucup Pestapora Digaet Menpora, Ada Apa Nih saat Sumpah Pemuda?Festival Pemuda Indonesia 2023 di Kemenpora. (Dok. Kemenpora)

Kemenpora sebelumnya sukses menggelar rangkaian bulan pemuda menuju Hari Sumpah Pemuda ke-95 bertajuk Festival Pemuda Indonesia 2023 di halaman kantor Kemenpora.

Ajang ini menjadi ajang silaturahmi serta menguatkan kolaborasi dan sinergi di bidang kepemudaan yang melibatkan berbagai organisasi kepemudaan (OKP) maupun komunitas kepemudaan yang dihadiri ribuan orang dengan tagar nongkrong di Kemenpora.

3. Festival Pemuda Indonesia diisi berbagai acara

Kiki Ucup Pestapora Digaet Menpora, Ada Apa Nih saat Sumpah Pemuda?JKT 48 mengisi panggung Festival Pemuda Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Acara Festival Pemuda Indonesia diisi dengan kegiatan seminar, stand-up comedy, penampilan grup vokal, serta penampilan konser grup band Ungu, serta hadirnya para UMKM yang bersiap tidak lagi menjadi usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini saya mengajak seluruh stakeholder untuk bergotong-royong membuat kegiatan sekaligus gerakan kepemudaan dari di pusat hingga di daerah secara partisipatif, inklusif dan kolaboratif selama bulan Oktober, dan seterusnya," ungkap Dito.

Baca Juga: Mengenal 13 Tokoh Penting yang Merumuskan Sumpah Pemuda

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya