KymiRing Terancam Bangkrut, Bahkan Sebelum MotoGP Tiba

KymiRing masih menunggak hutang

Jakarta, IDN Times - Di awal MotoGP musim 2022, ada sebuah kabar bahagia yang hadir dari Finlandia. Setelah sekian lama, Sirkuit KymiRing akhirnya siap untuk menggelar balapan kembali. Namun, kabar itu akhirnya menguap.

Dilansir Motosan, pada gelaran MotoGP 2022, balapan di Sirkuit KymiRing yang sejatinya dihelat 8 Juli sampai 10 Juli, harus dibatalkan. Balapan ini tak bisa terlaksana lantaran alasan politis. KymiRing direncanakan akan menghelat MotoGP lagi pada 2023.

Namun, pada akhirnya, ada alasan lebih besar yang membuat KymiRing tak bisa menggelar MotoGP di musim 2022 ini. Bahkan, KymiRing berpotensi gagal menghelat MotoGP untuk selama-lamanya.

1. KymiRing dinyatakan bangkrut oleh dua perusahaan

KymiRing Terancam Bangkrut, Bahkan Sebelum MotoGP Tibapotret Sirkuit KymiRing (motogp.com)

Dilansir media Finlandia, Iltalehti, melaporkan bahwa dua perusahaan konstruksi asal Finlandia, Maanrakennus Pekka Rautiainen ky dan Macra oy, mengajukan petisi kebangkutan KymiRing. Petisi itu diajukan di Pengadilan Distrik Päijät-Häme.

Petisi ini diajukan terkait tunggakan KymiRing pada dua perusahaan tersebut, yang totalnya mencapai 600 ribu euro atau setara Rp9,4 miliar. Pihak KymiRing pun tak dapat membayar utang tersebut, sehingga petisi kebangkrutan digaungkan.

Baca Juga: Reaksi para Pembalap MotoGP Usai Seri MotoGP Italia di Sirkuit Mugello

2. KymiRing belum bangkit secara resmi

KymiRing Terancam Bangkrut, Bahkan Sebelum MotoGP Tibapotret Sirkuit KymiRing (motogp.com)

CEO KymiRing Facility, Riku Ronnholm, sempat mengumumkan bahwa KymiRing belum resmi bangkut. Masih ada kesempatan bagi KymiRing untuk membayar hutang yang ada, meski mereka saat ini tidak memiliki uang.

Namun, sebagai ekses dari batalnya MotoGP 2022 di KymiRing, mereka juga harus mengembalikan uang tiket MotoGP 2022. Harga dari tiket ini ditaksir mencapai 379 ribu euro (setara Rp5,8 miliar) per orangnya.

3. MotoGP bisa menyelamatkan KymiRing

KymiRing Terancam Bangkrut, Bahkan Sebelum MotoGP Tibapotret Sirkuit KymiRing (motogp.com)

Sejatinya, MotoGP bisa menyelamatkan KymiRing dari kebangkrutan. Pendapatan dari tiket dan sponsor, bisa menjadi sebuah cara bagi KymiRing untuk membayar hutang mereka kepada konstruktor.

Namun, dengan pembangunan KymiRing yang masih belum tuntas, ditambah dengan homologasi yang juga belum terlaksana, bisa jadi KymiRing akan bangkrut, bahkan sebelum MotoGP tiba. Tak akan ada balapan di Finlandia.

Baca Juga: Peringkat Murid Valentino Rossi pada MotoGP Musim 2022, Siapa Terbaik?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya