Menpora Buka Peparpenas 2023 di Palembang

Pepapernas digelar lagi pada 2023 ini

Jakarta, IDN Times - Gelaran Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) 2023 siap dihelat di Palembang. Rencananya, ajang ini akan dihelat pada 1 hingga 5 Agustus 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, dijadwalkan akan membuka acara ini pada Selasa (1/8/2023) besok. Dia akan terbang langsung ke Palembang.

"Ya, jadi nanti kami (Kemenpora) akan ke Palembang untuk membuka acara Peparpenas 2023," kata Dito saat ditemui di Kemenpora, Senin (31/7/2023).

1. Pemerintah mendukung olahraga yang inklusif

Menpora Buka Peparpenas 2023 di PalembangDok.IDN Times/istimewa

Dito menegaskan pemerintah memberi perhatian penuh kepada  Peparpenas 2023 ini. Hal itu juga menjadi bentuk dukungan pemerintah terhadap olahraga yang bersifat inklusif.

"Pemerintah selalu memiliki semangat kesetaraan dan inklusivitas. Jadi bagaimanapun situasi dan keadaannya, kita tetap dukung dan support bagi generasi muda yang ingin raih prestasi," kata Dito.

Baca Juga: NPC Sumut Persiapkan 300 Atlet Hadapi Peparnas 2024

2. Persiapan untuk ajang ini sudah maksimal

Menpora Buka Peparpenas 2023 di PalembangMenpora lepas kontingen ASEAN Paragames 2023. (Dok. Kemenpora)

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, menyatakan persiapan untuk Peparpenas 2023 sudah maksimal. Ajang ini tidak cuma bicara prestasi, tetapi juga soal kesetaraan, serta memberikan ruang bagi para pelajar difabel.

"Jika olahraga prestasi punya pekan olahraga pelajar nasional atau Popnas, maka Peparpenas digelar seiring dengan kegiatan tersebut. Semangat mereka harus dipupuk terus," ujar Isnanta dalam keterangan resminya.

3. Ada enam cabor yang dipertandingkan

Menpora Buka Peparpenas 2023 di PalembangPenutupan Peparnas Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Ada enam cabor yang dipertandingkan di Peparpenas 2023 ini. Cabor-cabor itu adalah atletik, boccia, catur, renang, tenis meja, dan bulu tangkis. Ada penambahan satu cabor dari sebelumnya cuma lima.

"Dengan Peparpenas 2023, para atlet difabel bisa unjuk gigi dan menambah kepercayaan diri, mereka juga mampu berprestasi dan membela nama Indonesia nantinya di kancah dunia lewat olahraga," kata Isnanta.

Baca Juga: Menuju Peparnas 2024, NPC Sumut Gelar Seleksi Pelatih 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya