Menpora Dito Jabarkan Makna Power Rangers di Logo Sumpah Pemuda 2023

Power Rangers adalah simbol gotong royong

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi meluncurkan Bulan Pemuda dan Kick-off Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 di Kemenpora, Minggu (1/10/2023). Uniknya, ada Power Rangers yang turut serta.

Power Rangers ini tampak dalam logo Sumpah Pemuda 2023 Kemenpora. Dito pun menjabarkan, Power Rangers ini jadi cerminan dari semangat gotong royong dan tolong menolong.

"Ada lima anggota Power Ranger, yakni Ranger Merah, Ranger Biru, Ranger Kuning, Ranger Hijau, dan Ranger Pink. Setiap anggota Power Ranger memiliki keahlian, tetapi ketika mereka menghadapi musuh yang lebih besar maka mereka bersatu," kata Dito dalam keterangan resminya.

1. Gotong royong bantu Indonesia atasi berbagai masalah

Menpora Dito Jabarkan Makna Power Rangers di Logo Sumpah Pemuda 2023Menpora Dito dalam sambutan jelang Sumpah Pemuda. (Dok. Kemenpora)

Dito berkata, semangat gotong royong Power Rangers ini bisa ditiru Indonesia, terutama dalam mengatasi berbagai masalah. Dengan semangat kebersamaan, dalam konteks Kemenpora, masalah di bidang kepemudaan dan keolahragaan bisa teratasi.

"Dari Power Ranger kita bisa petik pelajaran, bahwa gotong royong dan tolong menolong adalah kekuatan super untuk menjadi bangsa yang siap menghadapi berbagai ancaman monster seperti kemiskinan hingga kebodohan, baik di tingkat lokal, nasional hinggal internasional," kata Dito.

Baca Juga: Menpora Dito Jamin APBN Tepat Sasaran untuk Olahraga dan Pemuda

2. Sumpah Pemuda bukan cuma mengenang kejayaan

Menpora Dito Jabarkan Makna Power Rangers di Logo Sumpah Pemuda 2023Power Rangers di logo Sumpah Pemuda 2023. (Dok. Kemenpora)

Dito mengungkapkan, perayaan Sumpah Pemuda 2023 tak cuma soal mengenang kejayaan masa lalu saja. Dia menekankan, peringatan Sumpah Pemuda tahun ini harus diisi dengan program-program yang berorientasi ke masa depan.

"Saya berharap peringatan Sumpah Pemuda tahun ini dan berikutnya harus diisi dengan program-program yang berorientasi kepada masa depan yang mampu mencetak sejarah baru bagi bangsa Indonesia yang besar ini," ujar Dito.

3. Kepemudaan dan keolahragaan Indonesia harus maju

Menpora Dito Jabarkan Makna Power Rangers di Logo Sumpah Pemuda 2023Menpora Dito Ariotedjo di Rakornas Pemuda dan Olahraga 2023, Jumat (8/9/2023). (Dok. Kemenpora).

Kemenpora berkomitmen menetapkan arah dan tujuan pembangunan di bidang keolahragaan melalui Sport Development Index (SDI) dan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagai target membangun pembudayaan, prestasi dan industri olahraga.

Sedangkan di bidang kepemudaan, Kemenpora telah menetapkan indikator yakni Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) dan sedang mempersiapkan konsep Desain Besar Kepemudaan Nasional (DBKN) sebagai upaya memperkuat talenta, komunitas, organisasi dan skena kepemudaan agar lebih kuat.

Baca Juga: Disebut Terima Suap BTS 4G, Menpora: Semua Sudah Saya Jelaskan di BAP

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya