Menpora Jadi Ketua Panitia Balap Air Aquabike dan Formula 1 Powerboat

Menpora Dito akan dibantu beberapa menteri

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo diangkat menjadi Ketua Panitia Nasional Penyelenggaraan Kejuaraan Balap Air Internasional Aquabike Tahun 2023 sampai 2027, dan Formula 1 Powerboat Tahun 2024 sampai 2027.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi No 154 Tahun 2023. Dalam keputusan yang tertuang di surat bernomor B-750/D5/PE.01.00/X/2023, Menpora ditunjuk oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim, Erick Thohir.

Baca Juga: Menpora Dito Ajak Peserta KTT AIS Cicipi Kapal Selam Palembang

1. Apa saja tugas dari Menpora Dito?

Menpora Jadi Ketua Panitia Balap Air Aquabike dan Formula 1 PowerboatMenpora Dito Ariotedjo akan panggil tim review dan seluruh cabor evaluasi hasil Asian Games 2022. (IDN Times/Tino).

Menpora Dito nantinya akan bertugas mengkoordinasikan penyelenggaraan dari tahap persiapan, hingga pelaksanaan rangkaian kegiatan Kejuaraan Balap Air Internasional Aquabike dan Formula 1 Powerboat.

"Menpora Dito juga akan memastikan koordinasi antara Kementerian/Lembaga, panitia daerah, dan pemangku kepentingan lainnya berjalan lanjar," tulis keterangan resmi Kemenpora.

"Kemudian, melaksanakan tugas lain yang diperlukan dalam rangka penyelenggaraan hingga pelaksanaan rangkaian kegiatan Kejuaraan Balap Air Internasional Aquabike tahun 2023 sampai 2027, dan Formula 1 Powerboat tahun 2024 sampai 2027," lanjut keterangan tersebut.

2. Menpora akan dibantu beberapa menteri

Menpora Jadi Ketua Panitia Balap Air Aquabike dan Formula 1 PowerboatMenteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly berada di lobi seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK Jakarta, Rabu (10/1). Yasonna Laoly diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi KTP elektronik dalam kapasitasnya sebagai mantan anggota Komisi II DPR untuk tersangka Anang Sugiana Sugihardjo. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dalam susunan kepantiaan nasional kejuaraan tersebut, Menpora Dito akan dibantu oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sebagai wakil I.

Kemudian ada juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Wakil Menteri I Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Suharyanto juga sebagai wakil.

3. Danau Toba kembali menjadi venue

Menpora Jadi Ketua Panitia Balap Air Aquabike dan Formula 1 PowerboatKualifikasi F1 Powerboat di Danau Toba harus ditunda akibat gelombang tinggi (IDN Times / Arifin Al Amudi)

Kejuaraan Balap Air Internasional Aquabike dan Formula 1 Powerboat akan dihelat di Danau Toba, Sumatra Utara. Untuk kali pertama, ajang ini digelar di empat kabupaten besar yakni Toba, Karo, Dairi, dan Samosir.

Pemilihan empat kabupaten besar sebagai venue Kejuaraan Balap Air Internasional Aquabike dan Formula 1 Powerboat ini, sebagai upaya menghidupkan kembali pariwisata di area sekitar Danau Toba.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya