Morbidelli Punya Banyak Opsi Usai Pisah dengan Yamaha

Apa yang bisa dilakukan Morbidelli selanjutnya?

Jakarta, IDN Times - Usai sudah perjalanan Franco Morbidelli bersama Yamaha di MotoGP. Pada Rabu (2/8/2023), pabrikan asal Jepang itu resmi mengakhiri kerja sama dengan sosok asal Italia tersebut selepas musim 2023.

"Yamaha mengumumkan bahwa Monster Energy Yamaha MotoGP dan Franco Morbidelli akan berpisah setelah MotoGP 2023. Kami berterima kasih atas kontribusinya selama membela tim," ujar pernyataan resmi Yamaha.

Berakhirnya hubungan Morbidelli dan Yamaha ini memang sudah diprediksi sejak lama. Apalagi, selama di Yamaha, Morbidelli kesulitan menyamai torehan Fabio Quartararo selaku pembalap utama tim Yamaha.

Ke depan, ada banyak opsi yang bisa diambil Morbidelli. Salah satunya, dia bisa membela Ducati musim depan.

1. Pindah ke antara dua tim Ducati

Morbidelli Punya Banyak Opsi Usai Pisah dengan Yamahamotor baru Gresini Racing untuk musim 2022 (twitter.com/autosport)

Sejak musim panas 2023, Morbidelli memang disebut-sebut bakal mencari tim baru. Dia berpotensi pindah ke Gresini Racing. Namun, agar kepindahan ini bisa terjadi, semua tergantung nasib dari Fabio Di Giannantonio.

Selain Gresini, Morbidelli juga berpotensi pindah ke Mooney VR46. Namun, kembali semua tergantung nasib Marco Bezzecchi. Saat ini, Bezzecchi tengah dirayu untuk pindah ke Pramac Racing.

Baca Juga: Cerita Franco Morbidelli Bersama Yamaha Berakhir Akhir 2023

2. Morbidelli juga berpeluang pindah ke Honda

Morbidelli Punya Banyak Opsi Usai Pisah dengan Yamahamotogp.com

Lebih lanjut, Morbidelli juga berpeluang pindah ke LCR Honda. Jadi, dia bakal bertukar tempat dengan Alex Rins, yang diplot menjadi penggantinya di tim utama Yamaha.

Honda memang kesulitan mencari pembalap baru saat ini. Apalagi, prestasi mereka di MotoGP juga tidak terlalu bagus dalam beberapa musim terakhir. Morbidelli juga berpengalaman dengan motor Honda, RC213V.

3. Pindah ke World Superbike

Morbidelli Punya Banyak Opsi Usai Pisah dengan Yamahapotret Franco Morbidelli (motogp.com)

Opsi terakhir, Morbidelli bisa pindah ke World Superbike (WSBK). Dia berpeluang menggantikan Toprak Razgatlioglu di tim Pata Yamaha WSBK. Sekadar info, Morbidelli adalah juara European Superstock 600 2013.

Namun, Franco Morbidelli harus bersaing dengan Jonathan Rea, Dominique Aegerter, dan Scott Redding untuk memperebutkan kursi di Pata. Intinya, banyak opsi yang bisa dia tempuh setelah tidak lagi bersama Yamaha di MotoGP.

Baca Juga: Tugas Berat Alex Rins Sepeninggal Franco Morbidelli dari Yamaha

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya