Comscore Tracker

PON Papua Bikin UMKM di Mimika Menggeliat

Geliat UMKM selama PON Papua hidupkan ekonomi Mimika

Jakarta, IDN Times - Geliat dari perhelatan PON Papua 2021 mulai memberikan dampak. Salah satunya terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah Mimika, salah satu klaster perhelatan PON kali ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika, Ida Wahyuni, menyebut PON Papua menjadi semangat baru bagi para pelaku UMKM Mimika. Apalagi, UMKM di Mimika sempat terhantam parah akibat pandemik COVID-19.

"Menjadi semangat baru untuk pelaku UMKM untuk bisa bangkit. Karena mereka sudah bisa bertahan dari itu, hal yang luar biasa," ujar Ida dalam keterangan resminya, Senin (27/9/2021).

1. Pemerintah daerah fasilitasi UMKM di Mimika

PON Papua Bikin UMKM di Mimika MenggeliatIlustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Ida mengungkapkan, ada dua cara yang kini tengah ditempuh pemerintah daerah Mimika untuk memfasilitasi UMKM di wilayahnya selama PON Papua 2021. Sekarang ini, pemerintah sudah menyediakan lokasi berdagang bagi para UMKM, yakni di Mal Diana dan Pasar Lama.

"Kami menyediakan tempat pemasaran, yaitu di atasnya kantor, tapi di bawahnya disediakan tempat pemasaran. Jadi, kami di Dinas Koperasi melakukan kerjasama dengan berbagai organisasi perangkat daerah yang ada di Kabupaten Mimika, kantor-kantor dinas saling bekerja sama," ujar Ida.

Kemudian, pemerintah juga akan mulai menggemakan pemakaian perangkat digital untuk pemasaran produk UMKM di Mimika. Jadi, nantinya jika pengunjung ingin membeli lagi produk asal Mimika selepas PON, mereka bisa membeli secara digital.

"Jadi, ke depan, tamu-tamu yang sudah kembali ke daerah asalnya masing-masing bisa membeli produk ini," tutur Ida.

Baca Juga: Kalahkan Kalbar, Futsal Sumut Buka Kans ke Semi Final PON

2. Harapan kembalinya geliat ekonomi di Mimika

PON Papua Bikin UMKM di Mimika MenggeliatSuasana warga yang berobat di Puskesmas Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika Papua. (Dok. Pribadi/Richard Kaisiepo)

Dengan bangkitnya UMKM di Mimika, berkat PON Papua, diharapkan kegiatan ekonomi di juga kembali berdenyut. Adanya pengunjung yang ingin membeli produk UMKM akan membangkitkan semangat untuk meningkatkan kuantitas produksi.

"Penyemangat kembali untuk mereka melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi, baik produksi dari kerajinan tangan maupun olahan makanan obat lainnya," ujarnya.

3. PON Papua dipastikan berjalan aman

PON Papua Bikin UMKM di Mimika MenggeliatPemain Sulawesi Selatan, Fahrezi (kiri) mencoba melewati hadangan pemain Maluku Utara, Arjawan Bailusi dalam pertandingan babak penyisihan grup cabor Futsal PON XX Papua di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9/2021). PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengeklaim, PON Papua bakal berjalan aman. Selain potensi lonjakan COVID-19, penyelenggaraan PON di Papua juga dihantui adanya serangan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Dari sudut keamanan (kami) sudah menyiapkan dengan sebaik-baiknya. Kami berusaha menutupi setiap peluang dan celah sekecil apapun untuk terjadi ketidaktertiban dan ketidakamanan," ungkap Mahfud.

PON Papua 2021 akan resmi dibuka pada 2 Oktober kelak. Acara pembukaan ini bakal dihadiri langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang nantinya juga akan membuka gelaran multievent olahraga nasional ini.

Baca Juga: Medali Pertama Sulsel di PON dari Cabor Sepak Takraw

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya