PON Papua Jadi Ajang Pemain Muda IBL Panaskan Mesin

Banyak pemain muda IBL ikut PON Papua

Jakarta, IDN Times - Cabang olahraga basket sudah melaksanakan pertandingannya di PON Papua per Rabu (29/9/2021). Menariknya, ada beberapa pemain muda yang mentas di Indonesia Basketball League (IBL) turut meramaikan cabor basket di gelaran PON XX tersebut.

Dilansir situs resmi IBL, ada sekitar 36 pemain muda yang turut serta di PON Papua kali ini. Para pemain itu tersebar hampir di seluruh kontestan PON Papua. Ajang ini pun dianggap sebagai proses para pemain dalam memanaskan mesin jelang kompetisi IBL 2022.

"Ke-36 pemain IBL tersebut tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Bahkan ada yang sampai enam hingga tujuh pemain seperti Bangka Belitung dan Bali. Mereka rata-rata rookie atau pemain-pemain yang sudah tampil di IBL tiga musim sebelumnya," tulis pernyataan resmi IBL.

Baca Juga: TNI Cek Pengamanan Stadion Lukas Enembe Jelang PON Papua

1. PON Papua juga jadi ajang para pemain IBL unjuk gigi

PON Papua Jadi Ajang Pemain Muda IBL Panaskan Mesiniblindonesia.com

Selain jadi pemanasan, PON Papua akan jadi momen para pemain muda unjuk gigi. Dengan usia para pemain yang rata-rata masih belia, mereka diprediksi bakal memberikan kemampuan terbaik, demi menggaet minat dari klub-klub yang berkompetisi di IBL 2022.

"Peluang mereka masuk liga sangat besar, apalagi beberapa minggu lalu, IBL sudah mengumumkan ada empat kontestan baru. Jadi kebutuhan akan pemain bisa lebih besar dari sebelumnya," ujar IBL di situs resminya.

2. Setelah PON Papua, para pemain diharapkan naik kelas

PON Papua Jadi Ajang Pemain Muda IBL Panaskan MesinIBL 2021. (Dok. IBL)

Pihak IBL berharap, setelah PON Papua ini, para pemain muda yang ada di klub dapat naik kelas. Dari yang awalnya hanya cadangan, mereka diharapkan dapat naik jadi pemain inti.

"Bagi mereka yang sudah menjadi pemain liga, selain fokus berjuang untuk provinsi masing-masing, juga harus menunjukkan kualitasnya. Siapa tahu, dengan penampilan yang bagus di PON, maka mereka bisa naik ke tim inti timnya masing-masing," tulis pernyataan resmi IBL.

3. Jumlah peserta di masing-masing nomor cabor basket PON Papua berbeda

PON Papua Jadi Ajang Pemain Muda IBL Panaskan MesinIlustrasi venue pertandingan di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Dari nomor putra, cabor basket PON Papua diikuti oleh 10 provinsi. Mereka terbagi dalam dua pool, A dan B. Pool A diisi Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan Kalimantan Selatan. Sedangkan pool B diisi Bali, Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Jawa Timur, dan Papua.

Sedangkan dari nomor putri, cabor basket PON Papua diikuti tujuh provinsi. Ketujuh peserta ini terbagi dalam dua pool, yakni pool X dan pool Y. Pool X diisi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Bali. Pool Y dihuni Papua, Sulawesi Selatan, dan DKI Jakarta.

Baca Juga: Atlet Jatim Dilarang Keluyuran Selama PON Papua, Ini Alasannya

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya