Taekwondo Targetkan Emas SEA Games 2023, Demi Olimpiade 2024

Taekwondo incar tiket Olimpiade via SEA Games

Jakarta, IDN Times - Tim taekwondo Indonesia terus berlatih untuk mempersiapkan diri jelang SEA Games 2023. Dalam gelaran kali, tim taekwondo Indonesia mematok target lebih tinggi dari capaian di SEA Games 2021 Vietnam.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Fahmy Fachrezzy mengatakan, timnya secara resmi menargetkan dua emas. Namun pihaknya mempersiapkan para atletnya untuk meraih empat emas.

"Kami mempersiapkan atlet agar bisa semaksimal mungkin meraih lebih banyak emas di SEA Games Kamboja," kata Fahmy di sela kunjungan tim CdM SEA Games 2023 ke pelatnas taekwondo di GOR POBKI Cibubur, Senin (3/4/2023) siang.

1. Taekwondo menurunkan atlet andalannya

Taekwondo Targetkan Emas SEA Games 2023, Demi Olimpiade 2024Kunjungan CdM Indonesia ke pelatnas taekwondo jelang SEA Games 2023. (dok. KOI)

Salah satu atlet yang dipersiapkan untuk merebut emas adalah Ni Kadek Heni Prikasih. Atlet 21 tahun ini akan turun di nomor women kyorugi under 46 kg. Di SEA Games 2021 Vietnam, Heni meraih medali perunggu.

"Heni kami harapkan bisa meraih emas. Karena dia dalam puncak performa dan baru saja meraih emas di kejuaraan dunia di Bulgaria. Dia sedang dalam usia yang sedang matang-matangnya," ujar Fahmi Fahmi.

Selain Heni, atlet lain yang dipersiapkan untuk meraih medali tertinggi adalah Muhammad Bassam Raihan di nomor men kyorugi under 63 kg. Di SEA Games 2021, Bassam sukses meraih emas.

Selain Bassam, atlet andalan taekwondo lainnya adalah Osanando Naufal Khairudin yang akan turun di nomor men kyorugi under 80 kg dan Silvana Lamanda di nomor women kyorugi under 67 kg.

Baca Juga: Mengenal Taekwondo, Olahraga Bela Diri asal Korea Selatan

2. Membuka peluang mentas di Olimpiade 2024

Taekwondo Targetkan Emas SEA Games 2023, Demi Olimpiade 2024Kunjungan CdM Indonesia ke pelatnas taekwondo jelang SEA Games 2023. (dok. KOI)

Dengan meraih prestasi apik di SEA Games 2023, hal itu bisa membuka peluang bagi Heni untuk bisa bertarung di Olimpiade 2024 Paris. Mentas di Olimpiade memang jadi impian bagi Heni.

"Saya terus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan mudah-mudahan bisa ikut sampai Olimpiade (Paris)," kata Heni.

Heni melanjutkan, kini dirinya terus menjaga fokus jelang SEA Games. Menurut dia kuncinya sekarang adalah dia harus terus fokus dan menjaga kondisi fisik dan mental.

"Di SEA Games kemarin (Vietnam), saya meraih perunggu karena saya kurang fokus. Jadi untuk SEA Games kali ini saya akan lebih fokus lagi," ujar atlet asal Bali itu.

3. CdM Indonesia untuk SEA Games 2023 turut menyemangati

Taekwondo Targetkan Emas SEA Games 2023, Demi Olimpiade 2024Kunjungan CdM Indonesia ke pelatnas taekwondo jelang SEA Games 2023. (dok. KOI)

Tim CdM menyempatkan diri mengunjungi pemusatan latihan taekwondo di Cibubur. Dalam kunjungan tersebut, CdM Indonesia untuk SEA Games 2023 diwakili Deputi II Tim CdM Ibnu Riza. Ibnu berharap atlet hanya fokus berlatih dan bertanding untuk meraih prestasi.

"Kalian tidak usah memikirkan hal-hal yang lainnya. Karena hal-hal lain di luar dua itu semua urusan CdM. Seperti administrasi, transportasi, konsumsi dan lainnya (selama SEA Games 2023), biar tim kami (CdM) yang meng-handle," tutur Ibnu.

Baca Juga: Indonesia Sabet 6 Medali di Kejuaraan Taekwondo 2022 Vietnam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya