Aquabike Jetski World Championship Tarik Animo Warga Danau Toba

Puluhan ribu warga mendatangi Pesta Rakyat

Jakarta, IDN Times - Balapan jetski paling bergengsi dunia, Aquabike Jetski World Championship 2023, mulai mendapat perhatian dari warga sekitar Danau Toba. Puluhan ribu masyarakat antusias menyambut event yang dimulai dari Pesta Rakyat Danau Toba ini.

Balapan Aquabike Jetski World Championship memang digelar besar-besaran. Tak cuma balapan motor air, tapi penyelenggara juga menghadirkan sejumlah event termasuk berbagai olahraga tradisional hingga bazar UMKM yang bisa menyedot animo warga.

"Kami berharap para pengunjung dan warga sekitar bisa menikmati Pesta Rakyat Danau Toba yang juga disuguhi event olahraga berskala internasional Aquabike Jetski World Championship 2023," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono, dalam keterangannya, Selasa (21/11/2023).

1. Danau Toba jadi pusat water sport Indonesia

Aquabike Jetski World Championship Tarik Animo Warga Danau TobaPebalap Strømøy Racing Bartek Marszalek menjuarai F1H2O Danau Toba, Minggu (26/2/2023). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba memang diproyeksikan sebagai salah satu pusat olahraga air Indonesia. F1 Powerboat (F1H2O) sudah digelar di sini, dan menyusul Aquabike Jetski World Championship.

Kesuksesan F1H2O diharapkan bisa diikuti penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship. Terlebih, ini merupakan balapan motor air kelas dunia pertama yang digelar di Indonesia.

"Kami berharap Pesta Rakyat dan juga event Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba bisa terselenggara dengan baik, sehingga bisa mengangkat citra Danau Toba sebagai destinasi pariwisata water sport," kata Maya.

Baca Juga: Aquabike Toba 2023, Pelaku Usaha Diingatkan Terapkan Harga Wajar

2. Momen perkenalkan produk lokal pula

Aquabike Jetski World Championship Tarik Animo Warga Danau TobaGelaran Aquabike di Lithuania. (Photo: Arek Rejs)

Selain membidik animo dari warga lokal, Aquabike World Championship juga diharapkan bisa menjadi momen memperkenalkan produk UMKM kepada wisatawan asing. Dengan dihadiri 118 riders dari 22 negara, berbagai produk unggulan dari warga sekitar Danau Toba diharapkan bisa dipromosikan.

"Kehadiran event ini memberikan dukungan promosi yang tak terhingga kepada perekonomian Indonesia khususnya bagi masyarakat sekitar wilayah Danau Toba. Terlebih, event ini akan berlangsung di Indonesia setiap tahunnya hingga 2027 mendatang, di mana melalui event ini, ditargetkan dapat meraih keuntungan 60-70 persen lebih besar dibanding F1 Powerboat," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, beberapa waktu lalu.

3. Sebanyak empat kabupaten dilewati balapan ini

Aquabike Jetski World Championship Tarik Animo Warga Danau TobaAquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba pada 22-26 November 2023 akan dimeriahkan dengan Pesta Rakyat. (Dok. InJourney)

Aquabike World Championship digelar di empat kabupaten berbeda sekitar Danau Toba, Karo, dairi, Samosir, dan Balige. Nantinya, ada dua kategori balapan, Endurance dan Circuit.

Sebanyak empat kabupaten akan dilewati dalam dua kategori balapan itu. Pada hari pertama hingga ketiga, Kabupaten Karo, Dairi, dan Samosir, akan menjadi arena dari para riders beradu kuat. Lalu, hari keempat dan kelima, para riders beradu cepat di kawasan Balige.

Baca Juga: Aquabike Jetski World Championship: Pesta 5 Hari Beruntun

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya