Manny Pacquiao Resmi Pensiun dari Tinju, Fokus Nyapres

Pacquiao akhirnya mengumumkan keputusannya pensiun

Jakarta, IDN Times - Manny Pacquiao akhirnya secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia tinju. Lewat video yang diunggah di akun instagramnya, Pacquiao memutuskan buat meletakkan sarung tangannya.

Dia berterima kasih kepada seluruh fans yang sudah mendukungnya selama ini. Tak lupa, Pacquiao melayangkan rasa syukur atas apa yang sudah ditorehkannya.

"Buat semua fans yang luar biasa dan olahraga menakjubkan di dunia ini, terima kasih! Terima kasih atas memori indahnya," ujar Pacquiao dalam akun instagramnya, @mannypacquiao.

Baca Juga: Manny Pacquiao Mau Hajar KO Koruptor dan Bandar Narkoba di Filipina

1. Keputusan terberat

Pacman mengaku keputusan ini menjadi yang paling sulit buat diambil sepanjang hidupnya. Wajar, karena selama ini Pacquiao besar di dunia tinju.

Segalanya didapatkan Pacquiao lewat tinju. Sejumlah gelar didapatkan oleh Pacquiao dan popularitasnya meningkat hingga menyandang status pahlawan di Filipina.

"Ini keputusan terberat yang pernah saya ambil. Tapi, saya harus melangkah ke depan," ujar Pacquiao.

2. Hajar KO konflik batin

Manny Pacquiao Resmi Pensiun dari Tinju, Fokus NyapresManny Pacquiao. (bleacherreport.com)

Dalam video berdurasi 14 menit itu, Pacquiao juga mengungkapkan bagaimana konflik batin yang dialaminya. Ketika kalah dari Yordenis Ugas, Pacquiao sebenarnya sudah sadar, kariernya selesai.

Namun, kala itu dia belum siap. Hingga akhirnya, harus menunggu mengumumkan keputusan tersebut sekarang.

"Saya dengar bel di ring tinju. Karier tinju saya selesai. Sebenarnya, saya tak pernah menyiapkan diri buat menggantung sarung tinju. Terima kasih sudah mengubah hidup saya. Ketika keluarga begitu susah, tinju yang memberi harapan, mengangkat derajat dan taraf hidup ekonomi kami. Karena tinju, saya bisa menginspirasi orang, memberi keberanian untuk hidup," ujar Pacquiao.

3. Kini, bisa fokus nyapres

Manny Pacquiao Resmi Pensiun dari Tinju, Fokus NyapresSenator Manny Pacquiao saat berada di konvensi nasional partainya PDP-Laban di Quezon, Filipina, untuk pencalonannya sebagai Presiden pada pemilihan 2022 (19/9/2021). (twitter.com/MannyPacquiao)

Pensiun dari dunia tinju, Pacquiao kini bisa fokus dalam misinya untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina pada Pemilu 2022. Memang, sejak awal Pacquiao sudah bertekad untuk menjadi Presiden Filipina karena mau memberantas kemiskinan dan korupsi di sana.

Tingkat korupsi di Filipina, disebutkan Pacquiao, begitu buruk sepanjang pandemik COVID-19. Itu telah membuat masyarakat Filipina rugi besar.

Baca Juga: Manny Pacquiao Siap 'Tarung' Jadi Calon Presiden Filipina di 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya