Rahmat Erwin Raih Emas dan Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Keren!

Rahmat Erwin luar biasa

Jakarta, IDN Times - Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, berhasil menyabet medali emas dari SEA Games 2023. Dia sukses menjadi yang terbaik di nomor 81 kilogram cabor angkat besi.

Tak cuma meraih emas, Rahmat juga mampu memecahkan tiga rekor sekaligus. Ini menjadi pencapaian luar biasa bagi Rahmat dan Tim Indonesia.

Baca Juga: Tim Angkat Besi Indonesia On Fire Jelang SEA Games 2023

1. Cetak tiga rekor saat main di luar kelas andalan

Rahmat Erwin Raih Emas dan Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Keren!Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, saat beraksi di SEA Games 2023 Kamboja (CdM Indonesia SG 2023 / Argo Pambudi)

Prestasi Rahmat sebenarnya di luar prediksi. Sebab, dia tampil bukan pada kelas andalannya, 73 kilogram.

Meski begitu, Rahmat bisa tampil impresif. Dia mencatatkan total angkatan mencapai 359 kilogram. Torehannya telah melewati rekor SEA Games yang sempat diciptakan oleh lifter Thailand, Suepsuan Natthawut, pada SEA Games 2021.

Rahmat mencatatkan angkatan terbaik pada snatch hingga 158 kilogram. Torehannya telah memecahkan rekor snatch yang pernah dicatatkan kompatriotnya, Rizki Juniansyah, di SEA Games 2021, Vietnam. Kala itu, Rizki menorehkan angkatan 157 kilogram lewat teknik snatch.

Hebatnya, Rahmat juga memecahkan rekor angkatan clean and jerk. Dia mengangkat beban dengan teknik tersebut mencapai 201 kilogram.

2. Naik kelas, tenaga jadi besar

Rahmat Erwin Raih Emas dan Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Keren!Aksi Rahmat Erwin di kejuaraan. (instagram.com/rahmaterwin_)

Rahmat mengaku tak masalah ketika harus bertanding di nomor yang lebih berat. Dia merasa, ketika bobotnya meningkat tenaganya jadi lebih besar.

"Karena berat badan saya naik, jadi lebih enteng saja mengangkat beban di kelas ini," kata Rahmat.

3. Tatap Olimpiade Paris

Rahmat Erwin Raih Emas dan Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Keren!Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah bergaya seusai melakukan angkatan dalam kelas 73 kg Putra Grup B Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). Erwin Abdullah berhasil meraih medali perunggu dengan total angkatan 342 kg. (ANTARA FOTO/NOC Indonesia)

Prestasi di SEA Games 2023 menjadi modal berharga buat Rahmat. Sebab, SEA Games menjadi ajang buat pemanasan Rahmat menuju Olimpiade 2024, Paris.

"Rahmat harus fokus. Selanjutnya, dia menatap Olimpiade Paris 2024. Kami akan komunikasi dengan PABSI dan semua stakeholder agar Rahmat potensi medali emas di Paris 2024," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Baca Juga: Sepak Takraw dan Angkat Besi Tambah 3 Emas dari SEA Games 2023 Kamboja

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya